pengaruh rokok pada kesuburan pria

Begini Cara Rokok Memengaruhi Kesuburan Pria dan Keturunannya

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Rokok memengaruhi kesuburan pria dan wanita.

Racun di dalam rokok tidak hanya berdampak pada paru-paru, tetapi juga sistem reproduksi. Belum lagi peningkatan risiko kanker, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya. 

Untuk pria, dampak negatif rokok juga berpengaruh kualitas sperma, dan dirasakan ke anak-anak keturunannya.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Pengaruh Rokok Pada Kualitas Sperma

Bagaimana rokok memengaruhi kualitas sperma? 

Pria yang rutin merokok tembakau atau elektrik akan mengalami penurunan konsentrasi sperma, penurunan motilitas (kemampuan sperma bergerak di dalam tubuh wanita), bentuk sperma yang normal menurun, dan peningkatan kerusakan DNA sperma. 

Konsentrasi Sperma

menurunkan jumlah sperma - pengaruh rokok

Konsentrasi sperma adalah jumlah sperma yang ditemukan pada semen yang mengantarkan sperma masuk sampai menembus bagian sel telur. Seorang pria yang merokok akan mengalami penurunan konsentrasi sperma sekitar 23% daripada pria yang tidak merokok. 

Motilitas Sperma

menurunkan waktu hidup sperma - pengaruh rokok

Motilitas sperma adalah kemampuan sperma berenang dan bergerak di dalam tubuh wanita. Jika sperma tidak bisa berenang dengan benar, kemungkinan besar mereka akan kesulitan mencapai dan membuahi sel telur. Ini menjadi salah satu penyebab mengapa pasangan yang sudah menikah dan sudah melakukan seks kesulitan untuk hamil, yaitu karena motilitas sperma yang tidak bekerja dengan baik. Peneliti menemukan penurunan motilitas sperma sebesar 13% pada pria yang merokok. 

Morfologi Sperma

mengubah morfologi sperma - pengaruh rokok

Morfologi sperma adalah kelainan bentuk sperma mengacu pada bentuk selnya. Meski mengalami kelainan bentuk, sebenarnya sperma ini bisa berfungsi dengan baik jika di dalamnya memiliki 4% sperma yang masih berbentuk normal. Anda harus melakukan serangkaian tes medis untuk mengetahui adanya kelainan bentuk sperma. Seorang pria yang mengalami kelainan bentuk sperma cenderung lebih sulit memicu kehamilan pada wanita. 

Fragmentasi DNA Sperma

Sperma orang yang merokok telah meningkatkan terjadinya fragmentasi DNA. Rusaknya DNA sperma menimbulkan masalah pada saat pembuahan. Perkembangan embrio, implantasi embrio, dan memicu risiko terjadi keguguran pada saat wanita mengandung. Pria yang merokok juga memiliki kadar hormon yang tidak normal, sehingga dapat memengaruhi tingkat kesuburan. 

Mitos Dampak Rokok Pada Kesuburan Anak

Ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa rokok tidak hanya berdampak pada kesuburan pria, tetapi juga kesuburan anak Anda di masa depan. 

Apabila suami merokok, kebiasaan merokoknya dapat berdampak pada kesuburan anaknya nanti. Benarkah demikian? 

Sebenarnya belum ada temuan yang menunjukkan antara penurunan kesuburan pada anak jika pihak ayah merokok. Namun, bukan berarti bahwa seorang ayah yang merokok tidak memengaruhi kesehatan anak dengan cara lain. 

Sebuah penelitian menemukan terjadinya peningkatan risiko cacat lahir pada anak yang ayahnya merokok. Selain itu, risiko kanker juga lebih tinggi. Hal ini bisa saja terjadi akibat kerusakan DNA sperma. Kejadian ini banyak ditemukan pada anak dengan ayah perokok. 

Bahaya Kandungan Racun Pada Rokok

Seorang perokok bisa terkena kadmium, timbal, dan logam pada jumlah yang tinggi sehingga berkaitan dengan penurunan kesuburan. Tingkat timbal ditemukan lebih banyak pada perokok daripada yang tidak merokok. 

Terutama pada pria perokok berat yang menghabiskan hingga 20 batang per hari ternyata memiliki kadar kadmium yang lebih tinggi di dalam semen. 

Namun, racun timbal bukan satu-satunya faktor penurunan kesuburan pria. Kadar zinc yang terkandung di dalam semen pria juga memiliki konsentrasi, motilitas, dan morfologi sperma yang buruk. Maka dari itu Anda harus memastikan tingkat normal kadar zinc pada semen Anda. 

Bahaya Rokok Bagi Perokok Pasif

Seorang wanita bisa menjadi perokok pasif jika memiliki pasangan pria yang merokok. Hal ini tentu buruk bagi kesuburan wanita. Bahkan jika seseorang tidak pernah merokok di rumah, tetapi tetap bisa terpapar saat sedang bepergian. Asap bisa menempel di rambut dan pakaian yang membahayakan anggota keluarga lainnya.

Lebih buruknya lagi jika seorang wanita hamil menjadi perokok pasif, karena bisa meningkatkan risiko keguguran atau berat badan bayi rendah setelah dilahirkan. 

Paparan asap pada bayi yang baru lahir menyebabkan: 

  • Asma.
  • Infeksi pernapasan.
  • Sindrom kematian bayi mendadak atau Sudden Infant Death Syndrome (SIDS). 

Cara Berhenti Merokok untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Anda mungkin sudah tahu seberapa buruk bahan kimia di dalam rokok yang dapat berpengaruh pada kesuburan pria dan kehamilan wanita saat mengandung. Akan tetapi di sisi lain Anda juga tidak tahu harus mulai dari mana untuk bisa berhenti merokok, terutama jika Anda seorang perokok berat. Tidak merokok sehari saja rasanya ada yang kurang. 

Untuk mempercepat jalan menuju kehamilan pada wanita, sebagai seorang pria, Anda wajib menjaga kualitas sperma dengan menerapkan beberapa cara berhenti merokok berikut ini:

Konsultasi dengan Dokter

Dokter dapat membantu Anda membuat rencana dan tindakan yang harus Anda lakukan demi menghilangkan kebiasaan merokok. Mungkin termasuk meresepkan obat yang memang dirancang untuk membantu Anda berhenti merokok. Pastikan Anda telah memberi tahu dokter bahwa Anda melakukan ini untuk meningkatkan kesuburan atau sedang menjalankan program kehamilan bersama pasangan Anda. Tujuannya supaya dokter bisa membuat rencana alternatif lain jika ternyata cara pertama tidak memberikan perubahan apa pun. 

Terapi Pengganti Nikotin

Nicotine replacement therapy (NRT) atau terapi pengganti nikotin dapat membantu meringankan usaha Anda untuk berhenti merokok. Anda bisa membeli permen karet atau memakan permen pelega tenggorokan untuk mengganti kebiasaan menghisap batang rokok.

Obat-Obatan

Untuk perokok berat, obat-obatan seperti Chantix atau Zyban. Chantix (varenicline) adalah obat yang kerap digunakan supaya Anda bisa berhenti merokok. Bahan yang terkandung di dalamnya mampu mengendalikan dorongan untuk merokok. Namun, obat ini masih menjadi kontroversi di antara lembaga medis. Sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. 

Terapi Alternatif

Cara berhenti merokok yang berikutnya adalah dengan melakukan terapi alternatif, seperti hipnosis atau akupuntur. Terapi seperti ini setidaknya dapat membantu Anda untuk menghentikan kebiasaan merokok atau setidaknya membuat Anda tidak lagi menjadi perokok berat. Siapa tahu terapi alternatif ini dapat bekerja dengan baik dalam meningkatkan kesuburan Anda. 

Berapa Lama Kualitas Sperma Membaik Setelah Berhenti Merokok?

Setelah berhenti merokok, kira-kira berapa lama untuk bisa kembali meningkatkan kesuburan pria? 

Kalau dihitung dari waktu sperma matang, sel sperma membutuhkan waktu hampir tiga bulan untuk mencapai kondisi matang. Dengan kata lain, butuh sekitar tiga bulan untuk perbaikan setelah Anda benar-benar berhenti merokok. 

Apabila Anda berhenti merokok, Anda akan merasakan banyak manfaat kesehatan dalam beberapa minggu atau beberapa bulan setelah berhenti. Tetapi ada pula efek yang tidak terlihat setelah Anda berhenti satu tahun, seperti kesehatan organ dalam. Jadi, semakin cepat Anda berhenti merokok, semakin baik pula untuk kesehatan kesuburan Anda.

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0