Hamil Anak Kembar, Ini yang Harus Dipersiapkan

Hamil Anak Kembar, Ini yang Harus Dipersiapkan

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Ditinjau oleh: dr. Qanissa Afianti Razzqy
Publish tanggal: Feb 18, 2021
Update terakhir: Feb 18, 2021

Mempersiapkan persalinan saat hamil anak kembar memang tampak rumit. Ada banyak daftar hal-hal yang harus Anda catat untuk mempersiapkan kelahiran bayi Anda. Begitu bayi kembar Anda lahir, waktu Anda akan banyak untuk merawat mereka. 

Bagi Anda yang sedang hamil anak kembar atau batu merencanakannya, Anda harus mengetahui apa itu kehamilan anak kembar, berat badan ideal selama mengandung, risiko, komplikasi, dan persiapan sebelum persalinan. 

Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter spesialis kandungan terkait hamil anak kembar.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Kenapa Bisa Hamil Anak Kembar?

Hamil anak kembar adalah kehamilan dengan lebih dari satu janin. Jika ada lebih dari satu sel telur yang dilepaskan selama siklus menstruasi dan masing-masing dibuahi oleh sperma, maka lebih dari satu embrio dapat tumbuh di rahim Anda. 

Ada beberapa jenis kehamilan kembar, yaitu kembar identik, kembar fraternal, kehamilan superfekundasi, dan kembar superfetasi. Salah satu penyebabnya, kemungkinan adanya penggunaan obat kesuburan untuk menginduksi ovulasi. 

In vitro fertilization (IVF) atau bayi tabung dapat menghasilkan kehamilan kembar jika ada lebih dari satu embrio yang pindah ke rahim. Kembar identik juga dapat terjadi jika telur yang telah membuah terbelah setelah pindah.

Wanita yang berusia lebih dari 35 tahun cenderung melepaskan dua atau lebih sel telur selama satu siklus menstruasi dibandingkan wanita yang lebih muda. Oleh karena itu, mereka lebih mungkin hamil anak kembar.

Berat Badan saat Hamil Anak Kembar

Ibu yang hamil anak kembar akan bertambah berat badan selama kehamilan dibandingkan ibu yang mengandung anak tunggal. Seberapa banyak berat badan yang harus Anda tambahkan tergantung pada berat badan Anda sebelum kehamilan dan jumlah janin. Pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan.

Dalam lansiran What to Expect, berikut ini tabel perkiraan berat badan ibu saat hamil anak kembar. 

Status KehamilanBerat Badan di Trimester PertamaBerat Badan di Trimester KeduaBerat Badan di Trimester KetigaTotal Penambahan Berat Badan
Kekurangan Berat Badan saat Hamil Anak Kembar2,7 kg – 3,6 kg10,4 kg – 12,7 kg9,5 kg – 11,8 kg22,7 kg – 28,1 kg
Kelebihan Berat Badan saat Hamil Anak Kembar1,3 kg – 2,7 kg9 kg – 11,8 kg6,3 kg – 10 kg16,8 kg – 24,5 kg
Kembar Tiga1,8 kg – 2,2 kg> 13,6 kg5 kg – 6,8 kg> 20,4 kg

Risiko Hamil Anak Kembar

Risiko yang mungkin timbul karena hamil anak kembar yaitu:

  • Persalinan prematur. Hamil anak tunggal biasanya berlangsung sekitar 40 minggu, tetapi kehamilan biasanya berlangsung antara 35 hingga 37 minggu. Risiko kelahiran prematur meningkat dengan kelipatan urutan anak kembar yang lebih banyak lagi.
  • Masalah kesehatan. Bayi prematur berisiko memiliki masalah kesehatan. Risiko ini meningkat lebih awal saat mereka lahir. Karena metode perawatan bayi prematur sangat berbeda dengan perawatan bayi cukup bulan, biasanya perawat menyimpan di NICU setelah dilahirkan.
  • Penyakit lain selama kehamilan. Preeklamsia, diabetes gestasional, masalah plasenta, dan masalah pertumbuhan janin mungkin terjadi jika Anda hamil anak kembar. 
  • Masalah jangka panjang. Keterlambatan perkembangan dan cerebral palsy mungkin terjadi pada anak kembar dengan jumlah kelipatan yang lebih banyak.

Komplikasi saat Hamil Anak Kembar

Komplikasi paling umum saat Anda hamil anak kembar adalah kelahiran prematur. Dalam tajuk American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), lebih dari separuh kehamilan anak kembar lahir secara prematur. Kembar tiga dan kelipatannya hampir selalu lahir prematur.

Bayi yang lahir sebelum menginjak usia 37 minggu kehamilan mungkin memiliki peningkatan risiko masalah kesehatan jangka pendek dan jangka panjang, termasuk masalah pernapasan, makan, dan kemampuan mengatur suhu tubuh agar tetap hangat. Masalah lain, seperti ketidakmampuan belajar dan masalah perilaku mungkin muncul di kemudian hari pada masa kanak-kanak atau dewasa. 

Bayi yang sangat prematur atau yang sebelum usia 32 minggu kehamilan berisiko meninggal atau memiliki masalah kesehatan yang parah meski sudah mendapatkan perawatan terbaik. Anak-anak yang lahir dengan masalah yang berhubungan dengan prematur mungkin membutuhkan perawatan medis seumur hidup.

Persiapan Melahirkan Anak Kembar

Bersiap untuk melahirkan anak kembar mungkin tampak rumit, terutama adanya kekhawatiran persalinan prematur. Ketahuilah bahwa Anda memiliki dukungan dari orang-orang di sekitar Anda, seperti dokter profesional, staf rumah sakit yang peduli, pasangan, anggota keluarga, dan teman Anda. 

Diskusikan pilihan persalinan normal atau operasi caesar (C-section) dengan dokter spesialis kandungan jauh sebelum hari perkiraan lahir Anda. Jika Anda dan dokter setuju untuk mencoba persalinan normal, hal-hal lain mungkin terjadi selama persalinan atau kondisi yang mengharuskan persalinan dengan operasi caesar.

Anda dapat melahirkan di bidan selama persalinan dan kelahiran. Untuk kelahiran kelipatan, biasanya bidan menyarankan tidak sendirian karena sebaiknya bekerja sama dengan dokter.

Menyewa jasa doula adalah pilihan lain. Doula menawarkan layanan dukungan untuk wanita selama persalinan hingga serta setelah melahirkan. Tujuannya membantu perawatan bayi dan pekerjaan rumah tangga.

Proses Persalinan Anak Kembar

Saat mulai persalinan, Anda akan terhubung dengan alat yang bisa menampilkan gambar janin di monitor, sehingga dokter dapat memeriksa kondisi setiap bayi.

Persalinan normal tidak selalu memungkinkan jika Anda hamil anak kembar. Terkadang operasi caesar memerlukan bantuan untuk menjaga keselamatan bayi agar tetap aman. Kebanyakan kasus persalinan kembar tiga dan kelipatan tingkat tinggi lainnya lahir dengan operasi caesar.

Jika dokter perlu melakukan operasi caesar, kateter akan dipasang di dalam kandung kemih. Anda akan meminum obat agar tidak merasa sakit, karena akan ada sayatan di perut dan rahim Anda. Dokter kemudian akan mengeluarkan bayi Anda melalui sayatan tersebut. Bayi akan lahir hanya dalam beberapa menit dengan prosedur ini. Setelah semua bayi berhasil terlahir, sayatan akan ditutup.

Bayi prematur biasanya harus segera dirawat di NICU untuk mendapatkan perawatan khusus yang mereka butuhkan.

Meminta Dukungan dari Orang Lain

Beberapa minggu atau bulan setelah melahirkan merupakan hari-hari tersulit bagi orangtua dengan anak kembar, karena harus beradaptasi dengan kebiasaan baru seperti menyusui, kurang tidur, dan kurangnya waktu pribadi.

Anda bisa bergabung dengan komunitas yang memberi dukungan kepada orangtua. Mendengarkan pengalaman orang lain dalam mengasuh bayi kembar dapat membantu Anda menemukan solusi untuk masalah yang sedang dihadapi.

Mintalah bantuan apa pun yang Anda butuhkan dari pasangan, tetangga, anggota keluarga, dan teman untuk membantu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dan tugas sehari-hari. Memiliki bantuan ekstra akan membuat sesi menyusui terasa lebih mudah, membantu Anda beristirahat dan pulih dari persalinan, serta memberi Anda waktu berharga yang dibutuhkan untuk membangun ikatan batin dengan bayi Anda.

Punya pertanyaan seputar hamil anak kembar? Hubungi dokter dokter spesialis kandungan.

Referensi:
American College of Obstetricians and Gynecologists (2019). Multiple Pregnancy.
Kids Health from Nemours. Reviewed by Larissa Hirsch (2018). Preparing for Multiple Births.
Heidi Murkoff, Reviewed by Colleen de Bellefonds (2020). Twin Pregnancy Weight Gain and Weight Gain With Multiples.

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0