jantung berdebar

Jantung Berdebar: Apakah ini Kecemasan atau Fibrilasi Atrial?

Kenneth Ng - Dokter Jantung Singapura - Cardiology - Cardiology
Penulis:
Dokter spesialis jantung di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Apa itu palpitasi?

Palpitasi adalah deskripsi umum dari peningkatan detak jantung kita sendiri. Kita mungkin merasakan jantung berdegup lebih kencang, berdetak lebih kuat, dan berdetak secara tidak beraturan. Beberapa pasien bahkan menggambarkan bahwa detak jantung mereka seperti melompat keluar dari dada.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Apakah palpitasi selalu tidak normal?

Palpitasi tidak selalu abnormal. Beberapa pasien mungkin merasa jantung mereka berdetak cepat atau berbeda tetapi setelah pengamatan ritme jantung, tidak ada abnormalitas yang ditemukan. Sehingga palpitasi ini bisa bersifat psikologis. 

Apa yang menyebabkan palpitasi?

Palpitasi bisa memiliki pemicu. Kondisi ini dapat dipicu oleh kecemasan atau stres emosional. Stimulan seperti kopi, teh, atau latihan fisik juga bisa menyebabkan palpitasi. Produk obat-obatan tradisional mengandung stimulan yang juga bisa menyebabkan palpitasi, seperti ginseng atau mah huang. Masalah medis tertentu juga bisa menyebabkan palpitasi, yang paling umum adalah overaktivitas tiroid atau tirotoksikosis yang disebabkan oleh kelebihan hormon tiroid.

Apakah fibrilasi atrial menyebabkan palpitasi?

Ya, fibrilasi atrial bisa menyebabkan palpitasi karena bisa menyebabkan jantung berdetak sangat kencang dan tidak beraturan. Petunjuk terbesarnya adalah pasien akan mengeluhkan detak jantung yang tidak beraturan.

Apa itu fibrilasi atrial?

Fibrilasi atrial adalah detak jantung yang tidak beraturan dan seringnya sangat kencang. Ini karena detak yang tidak beraturan dan kacau yang terjadi pada kedua bilik jantung atas. Detak jantung yang tidak beraturan bisa datang dan pergi dan durasi detak jantung tidak normal ini bisa berlangsung selama beberapa detik hingga berhari-hari. Detak jantung bisa bervariasi antara 100 hingga 200 bpm.

Apa gejala fibrilasi atrial?

Gejala fibrilasi atrial yang paling umum adalah detak jantung yang cepat dan beraturan. Gejala tersebut dapat menyebabkan pusing, napas tersengal-sengal, kebingungan, nyeri dada, dan sakit kepala. Namun, pada banyak kasus, gejala tersebut tidak menyebabkan gejala apapun dan hanya dapat terdeteksi selama pemeriksaan rutin detak jantung atau elektrokardiogram.

Apa yang menyebabkan fibrilasi atrial?

Penyebab yang paling umum adalah usia lanjut dimana terjadi degenerasi alat pacu jantung dalam tubuh dan detak jantung melemah. Abnormalitas dan kerusakan jantung juga bisa menyebabkan fibrilasi atrial dan ini meliputi serangan jantung, tekanan darah tinggi, masalah jantung bawaan, katup jantung abnormal, pasca-operasi jantung, penyakit paru-paru, infeksi, sleep apnea, tiroid overaktif dan paparan pada stimulan seperti alkohol.

Masalah apa yang bisa disebabkan oleh fibrilasi atrial?

Fibrilasi atrial dihasilkan dari detak elektrik yang berantakan pada bilik jantung atas. Pada kondisi tersebut, bilik jantung tidak benar-benar berkontraksi tetapi hanya bergetar saja. Ini menyebabkan darah di bilik jantung atas berhenti dan membentuk sumbatan kecil. Sumbatan ini bisa berpindah naik ke otak dan menyebabkan stroke.

Fibrilasi atrial juga bisa menyebabkan jantung berdetak sangat cepat. Jika jantung terus menerus berdetak kencang dalam waktu yang lama, fungsi hati bisa melemah dan kemudian bisa menjadi awal kemunculan gagal jantung.

Penulis: dr. Kenneth Ng, dokter spesialis jantung di Singapura. Diterjemahkan dari artikel My Pounding Heart: Is it Anxiety or Atrial Fibrillation?

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0