Mengapa Ibu Hamil Mengidam

Mengapa Ibu Hamil Mengidam? Berikut Penjelasannya

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Ditinjau oleh: dr. Qanissa Afianti Razzqy
Publish tanggal: Feb 2, 2021
Update terakhir: Feb 2, 2021

Ibu hamil mengidam bisa menjadi salah satu tantangan selama mengandung bayi. Mengidam makanan adalah dorongan tiba-tiba untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu. Ini merupakan fenomena nyata dan memengaruhi banyak wanita selama kehamilan.

Kapan ibu hamil mulai mengidam? Apa alasan ibu hamil mengidam? Bagaimana cara menahan gejalanya? 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Kapan Ibu Hamil Mulai Mengidam?

Tidak ada waktu tertentu ketika ibu hamil mulai mengidam makanan. Keinginan itu muncul berbeda-beda pada setiap wanita dan Anda mungkin belum tentu mengidam selama kehamilan.

Jika Anda mulai mengidam, kemungkinan terjadi pada trimester pertama kehamilan, paling awal 5 minggu setelah kehamilan. Keinginan ini akan menjadi lebih kuat pada trimester kedua kehamilan, dan kemudian berhenti pada trimester ketiga kehamilan.

Mengidam datang dalam berbagai bentuk dan tingkatan. Beberapa ibu hamil mendambakan makanan berlemak seperti keripik, sedangkan yang lain mengidam untuk hal-hal yang tidak suka sebelum mereka hamil, atau kombinasi makanan yang aneh.

Selama mengidam, cobalah makan makanan yang sehat dan tahan godaan yang tidak sehat.  Jika Anda ingin makan yang bukan makanan, seperti pasta gigi, batu bara, atau tanah, sebaiknya bicarakan dengan bidan atau dokter spesialis kandungan, karena kemungkinan ini pertanda Anda kekurangan vitamin.

Alasan Ibu Hamil Mengidam

Tidak ada alasan yang jelas mengapa mengidam makanan dapat berkembang selama kehamilan. Logis bahwa penyebab mengidam mungkin karena kekurangan makanan atau peningkatan kebutuhan vitamin dan mineral tertentu. Namun, tidak ada bukti yang jelas terkait hubungan antara mengidam dan kekurangan nutrisi.

Selain mengidam makanan, banyak ibu hamil juga tiba-tiba merasa tidak suka atau enggan untuk mengonsumsi makanan yang rasanya kuat. 

Mengidam makanan dan keengganan makanan yang tiba-tiba mungkin ada hubungannya dengan efek hormon kehamilan yang dapat mengubah cara rasa dan penciuman beberapa makanan.

Tidak masalah sesekali menyerah pada keinginan makan tersebut, selama Anda terus makan berbagai makanan sehat yang baik untuk kesehatan Anda dan janin. 

Jika Anda mendambakan banyak makanan yang tidak sehat, seperti permen atau coklat, cobalah untuk tidak memanjakan diri. Terlalu banyak makan gula dapat menyebabkan penambahan berat badan yang berlebihan dan masalah gigi.

Dokter, bidan, atau perawat kesehatan ibu dan anak Anda dapat memberikan lebih banyak informasi tentang penambahan berat badan yang sehat selama kehamilan.

Makanan yang Dicari Ibu Hamil saat Ngidam

Berikut ini jenis-jenis makanan yang umumnya diinginkan oleh ibu hamil saat mengidam.

Acar Timun

Acar timun adalah salah satu makan yang paling sering diidamkan ibu hamil. Jika Anda mengambil acar di lemari es, itu mungkin karena Anda memiliki kadar natrium yang rendah. Terlepas dari penyebabnya, silakan makan acar, karena acar merupakan makanan rendah kalori dan camilan murah untuk disimpan.

Cokelat

Cokelat mengandung bahan kimia alami yang disebut triptofan. Bahan tersebut menghasilkan serotonin di otak Anda untuk menurunkan stres. Serotonin bertanggung jawab untuk mengeluarkan endorfin, yang membantu Anda merasakan emosi positif. 

Makan cokelat dapat membuat Anda merasa bahagia. Namun, cokelat biasanya tinggi lemak, tinggi kalori, dan bukan pilihan terbaik jika dikonsumsi dalam dosis besar. 

Daripada memakan satu batang cokelat berukuran besar, cobalah mencampurkan beberapa keping cokelat ke dalam yogurt atau tuangkan sedikit cokelat leleh di atas potongan buah stroberi segar. 

Lemon

Mengidam buah lemon merupakan hal yang umum bagi ibu hamil. Beberapa ibu hamil memuaskan keinginan ini dengan menambahkan perasan lemon ke dalam minuman. Ini merupakan cara terbaik untuk tetap terhidrasi. 

Beberapa ibu hamil juga sangat ingin memakan buahnya langsung. Jika Anda menginginkan lemon seperti ini, pastikan untuk mengurangi asupan Anda atau gunakan sedotan. Jus dari lemon segar diketahui dapat mengikis enamel gigi yang berisiko menyebabkan sejumlah masalah gigi.

Soda

Banyak ibu hamil minum soda untuk meredakan mual di pagi hari. Namun, karena soda mengandung banyak gula, soda bukanlah pilihan yang baik untuk ibu hamil, terutama ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional. Alternatif lain yang lebih sehat adalah dengan meminum air mineral yang dicampur dengan jus buah atau jeruk nipis.

Daging Merah

Jenis makanan yang sering diidamkan ibu hamil yaitu daging merah, seperti daging sapi yang kaya akan zat besi dan protein. Ibu hamil yang mengalami kekurangan zat besi atau protein sering kali mengidam daging merah untuk memenuhi kebutuhan mineral tersebut. Namun, terlalu banyak makan daging merah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Salah satu cara untuk memuaskan keinginan Anda terhadap daging merah yakni dengan tidak mengorbankan kesehatan Anda. Pilih potongan daging yang lebih rendah lemak seperti sirloin.

Makanan Pedas

Selama kehamilan, Anda mungkin merasa sangat panas bahkan berdiri di lemari es tidak cukup. Cobalah makan kari atau paprika merah. Makanan pedas akan membuat tubuh berkeringat yang secara alami akan menurunkan suhu tubuh Anda. 

Tubuh Anda memicu keinginan tersebut melalui mengidam atau Anda bisa menggunakan trik ini dengan sengaja saat Anda hanya ingin menenangkan diri. 

Jika Anda mencari makanan pedas, pastikan makanan tersebut dipanggang dan tidak digoreng agar Anda tidak mengonsumsi kalori yang tidak diinginkan.

Buah

Saat hamil, tubuh Anda melakukan yang terbaik untuk menghasilkan bayi yang sehat. Mengidam buah-buahan sangat cocok, karena dapat memuaskan keinginan memberi bayi Anda vitamin dan nutrisi seperti vitamin C. 

Pilih buah-buahan segar daripada buah-buahan kalengan dalam sirup kental, karena buah kalengan biasanya mengandung gula. Jika Anda memiliki diabetes gestasional, bicarakan dengan dokter tentang jenis buah yang terbaik untuk Anda. 

Produk Susu

Es krim dan yogurt menjadi makanan yang diidamkan oleh banyak ibu hamil. Kemungkinan karena kekurangan kalsium atau memang menyukai es krim. Cegah keinginan mengidam ini dengan mengonsumsi suplemen kalsium dan pilihan makanan kaya kalsium seperti keju dan susu. Jika Anda tidak dapat menghilangkan keinginan Anda untuk makan es krim, cobalah yogurt beku tanpa lemak dengan buah segar sebagai gantinya.

Cara Menahan Gejala Mengidam Selama Kehamilan

Salah satu cara terbaik untuk mencegah mengidam saat hamil adalah dengan memastikan Anda memiliki asupan makanan seimbang sepanjang hari. Sarapan, melakukan aktivitas fisik secara teratur, dan pastikan Anda mendapat banyak dukungan emosional.

Saat mengidam, alihkan perhatian Anda dengan jalan-jalan, bermain game, atau mengunjungi teman. Jika belum berhasil, Anda dapat membantu memuaskan keinginan dengan mencari alternatif lain.

Jika Anda masih mendambakan es krim, makanlah sedikit. Moderasi adalah kunci diet sehat selama kehamilan. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan jika Anda mengidam makanan non-makanan, karena bisa menjadi tanda kekurangan nutrisi.

Referensi:
Nick Dragon (2016). Intermountain Healthcare. Why Pregnancy Can Make You Have Weird Cravings.
Pregnancy Birth & Baby (2019). Food cravings during pregnancy.

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0