mata juling

Pengobatan Strabismus (Mata Juling) – Kapan “Terlalu Muda atau Tua” Untuk Menerimanya?

Zena Lim - Dokter Mata Singapura - Ophthalmology - Ophthalmology
Penulis:
Dokter spesialis mata di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Strabismus, lebih dikenal dengan “mata juling”, adalah sebuah kondisi mata yang tidak selaras. Sebelah mata atau keduanya kadang mengarah ke dalam, ke luar, atau lebih jarang ke atas atau ke bawah. Ketidakselarasan ini bisa konstan, yang berarti mata yang sama terus menyimpang ke arah tertentu, atau berselang, artinya ketidakselarasan ini terjadi hanya pada waktu tertentu, seringnya ketika si penderita kelelahan, sakit, atau melamun.

Sebagian besar strabismus adalah akibat dari abnormalitas kontrol neuromuskular dari gerakan mata yang tidak dipahami dengan baik. 

Terkadang, strabismus diakibatkan oleh kondisi yang mempengaruhi otot mata seperti lantai orbital atau fraktur dinding dengan jebakan otot mata, hipertiroidisme, atau palsi saraf kranial III, IV atau VI.

Di samping ketidakselarasan mata yang terkadang terlihat sangat jelas, strabismus juga bisa menyebabkan penglihatan ganda (diplopia), mata malas (amblyopia) pada anak-anak, atau bahkan pengembangan postur kepala konstan seperti kepala miring.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Perbedaan Strabismus dan Mata Malas

Terdapat kesalahpahaman yang umum bahwa strabismus dan mata malas adalah kondisi yang sama. Mata malas atau “amblyopia” adalah penurunan pada penglihatan anak yang mengakibatkan salah satu atau kedua mata mengirimkan gambar yang kabur ke otak. 

Otak kemudian “belajar” untuk melihat kekaburan tersebut dengan salah satu mata atau kedua mata yang terdampak, bahkan dengan menggunakan kacamata yang sesuai. Amblyopia dapat terjadi meskipun tidak ada masalah struktural mata. 

Terdapat beberapa penyebab amblyopia, dan strabismus adalah salah satu di antaranya. Oleh sebab itu, kedua kondisi ini terkait namun sering disalahartikan sebagai satu kondisi yang sama.

mata juling

Bagaimana strabismus mempengaruhi kedalaman persepsi 3D seseorang?

Persepsi kedalaman 3D atau “stereopsis” adalah kemampuan untuk melihat objek dalam tiga dimensi. Untuk bisa mendapatkan stereopsis yang baik, kita membutuhkan penglihatan yang baik pada kedua mata dan kemampuan untuk menjaga kedua mata agar tetap selaras. 

Pengembangan stereopsis terjadi selama periode kritis dari saat segera setelah kelahiran hingga usia 4 hingga 5 tahun. Namun, ini tidak berarti bahwa karena periode kritis pengembangan stereopsis telah berlalu, tidak ada pengobatan untuk strabismus yang harus diberikan setelah usia 4 hingga 5 tahun. Usia tidak seharusnya menjadi penghalang untuk pengobatan, meskipun pengobatan sebelum usia 6 tahun bisa memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pengobatan yang lebih lambat.

Opsi Pengobatan

Sebagian besar anak yang juling harus diperiksa sesegera mungkin untuk mencegah timbulnya amblyopia, dan untuk meningkatkan peluang kesuksesan pengobatan. Jika seorang anak sudah memiliki amblyopia, penutup mata mungkin diperlukan pada mata yang normal untuk mendorong penggunaan mata yang juling. Tergantung pada tipe strabismus, opsi pengobatan yang ada meliputi kacamata, latihan mata di saat yang tepat, dan terkadang operasi strabismus atau Botox pada otot-otot yang ekstraokular. Operasi direkomendasikan jika kendali juling buruk, juling menjadi konstan, persepsi kedalaman 3D menurun, atau untuk membetulkan postur kepala yang tidak normal.

Kapan usia yang “baik” untuk menjalani operasi mata juling?

Saya sering diberi pertanyaan oleh orang tua dari anak-anak strabismus, apakah anak mereka masih terlalu muda untuk menjalani operasi mata juling. 

Saya pernah memiliki pasien yang sangat muda yaitu 6 bulan hingga yang paling tua adalah 80 tahun yang menjalani operasi strabismus. Bagi anak-anak, operasi strabismus memberi kesempatan pada mereka untuk mendapatkan keselarasan mata yang normal dan mendukung pengembangan persepsi kedalaman 3D pada tingkatan tertentu, atau membetulkan postur kepala yang tidak normal. 

Sama halnya, orang dewasa juga sering bertanya pada saya apakah terlalu lambat untuk melakukan tindakan, banyak dari mereka yang hidup dengan kondisi tersebut selama bertahun-tahun dan berpikir bahwa mereka tidak memiliki pilihan pengobatan. Bagi orang dewasa, operasi korektif sering dilakukan untuk membetulkan penglihatan ganda, dan untuk mendapatkan kembali keselarasan mata yang normal, meskipun stereopsis tidak bisa dikembangkan atau didapatkan kembali begitu periode kritis telah berlalu. 

Banyak orang dewasa yang bertanya apakah operasi strabismus adalah bedah plastik, dan saya selalu berkata pada mereka bahwa operasi strabismus adalah rekonstruktif, mengembalikan mata mereka pada keselarasan normal dan tidak sama dengan bedah plastik. Ada juga manfaat kecil operasi pada orang dewasa karena mata juling yang mereka derita sering berdampak buruk pada kesehatan psikisnya. 

Banyak studi ilmiah yang telah menunjukkan bahwa pasien dengan strabismus bisa terdiskriminasi ketika menjalani wawancara kerja, tidak mendapatkan kesempatan promosi, dan sulit mendapatkan pasangan. Pada sebagian orang, kehilangan kepercayaan diri dan harga diri bisa melemahkan mereka, dan ini sangat benar khususnya jika pekerjaan mereka menuntut tatap muka yang terus menerus dengan orang-orang berbeda.

Penjelasan operasi strabismus

Operasi strabismus meliputi pengencangan, peregangan, atau memposisikan ulang otot-otot ekstraokular, untuk mengubah posisi mata. Operasi strabismus adalah prosedur yang biasanya memakan waktu satu hari, dan bisa dilakukan secara terjadwal atau tidak terjadwal. Pada operasi terjadwal, yang dapat dilakukan pada anak-anak dan orang dewasa yang kooperatif, jahitan bisa dilakukan segera setelah operasi, ketika pasien terbangun, untuk menyempurnakan penyelarasan mata setelah operasi.

Setiap orang dengan kondisi strabismus patut mendapatkan kesempatan. Tidak ada kata terlalu muda atau terlalu tua untuk mendapatkan pengobatan.

Penulis: dr. Zena Lim, dokter spesialis mata di Singapura. Diterjemahkan dari artikel cetak “Too Young or Old” For Strabismus Treament?

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0