medical check up

Pentingnya Medical Check Up & Kenapa Harus di Singapura?

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Gaya hidup yang serba instan, membuat kondisi kesehatan kita lebih cepat menurun. Kondisi seperti demikian mendorong kebutuhan akan pemeriksaan kesehatan menjadi penting. 

Apalagi, pertambahan usia tidak pernah bisa dihindari dan beberapa penyakit berpotensi muncul seiring dengan itu. Misalnya saja: hipertensi, diabetes, bahkan kanker.

Karenanya kita setidaknya perlu melakukan medical check up (MCU), paling tidak, satu tahun sekali. Orang yang terlihat sangat sehat pun perlu melakukan MCU. 

Dengan melakukan medical check up, seseorang bisa mengetahui kondisi kesehatannya secara umum. 

Apabila ditemukan tanda-tanda kelainan atau gangguan, maka dokter bisa segera melakukan penanganan untuk mencegahnya menjadi parah dan semakin sulit disembuhkan.

Selain di dalam negeri, orang Indonesia cukup banyak yang sengaja pergi Singapura untuk medical check up

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Kualitas medis Singapura

Singapura menempati peringkat 6 dalam daftar 100 Negara dengan Sistem Kesehatan Terbaik di Dunia tahun 2000 yang diterbitkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

Karenanya, kualitas industri medis di Singapura menjadi yang paling unggul di kawasan Asia Tenggara. Hal tersebut tentunya dikarenakan banyak faktor, seperti:

  • Singapura memiliki puluhan rumah sakit yang sudah terakreditasi Joint Commission International (JCI).
  • Tenaga medis di Singapura mengedepankan profesionalitas dalam menjalankan tugas. Sumber daya manusia di bidang kesehatan rata-rata berasal dari institusi pendidikan berstandar internasional, serta memiliki pengalaman tinggi.
  • Peralatan medis di Singapura amat lengkap dan canggih. Negeri ini telah mampu memberikan diagnosa klinis menggunakan artificial intelligence (AI) dan mengoperasi menggunakan perangkat robotik. Bentuk terapi medis di Singapura juga lengkap.
  • Fasilitas dan pelayanan medis di Singapura begitu lengkap dan sangat memanjakan pasien. Hal tersebut bisa terlihat, salah satunya, dari kamar perawatan sekelas hotel berbintang, maupun keramahan dan kesigapan tenaga medisnya dalam menanggapi kebutuhan pasien. 

Medical check up sembari jalan-jalan

Medical check up ke Singapura membuat pasien bisa sekalian jalan-jalan. Singapura memang merupakan salah satu destinasi wisata dunia yang menarik, dengan banyak atraksi unik dan canggih (misalnya Gardens by the Bay, Marina Bay, dan Universal Studio Singapore). 

Beberapa rumah sakit di sini pun terletak tak jauh dari mal, sehingga pasien memiliki akses mudah untuk langsung menemukan hiburan selepas memeriksa kesehatan. 

Selain itu, sistem transportasi publik Singapura yang sangat baik juga pastinya membuat semua orang bisa jalan-jalan dengan mudah, cepat, dan murah. 

Biaya berobat di Singapura sepadan dengan kualitasnya

Biaya pengobatan di Singapura terbukti sepadan dengan kualitas yang diterima pasien. Hal tersebut terbukti dari tercatatnya Singapura pada peringkat 2 dunia Negara dengan Pelayanan Kesehatan Terefisien Tahun 2018. 

Biaya perjalanan yang dibutuhkan orang Indonesia untuk ke Singapura pun tergolong terjangkau. Tiket pesawatnya murah, tarif hotel pun beragam (untuk kelas ekonomis tetap banyak yang berkualitas sangat baik). 

Memilih rumah sakit dan paket MCU di Singapura

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih rumah sakit tujuan dan paket medical check up-nya. 

Umumnya, calon pasien perlu meriset pilihan rumah sakit satu persatu, dengan cara berselancar di internet atau melakukan panggilan internasional ke rumah sakit. 

Bisa pula dengan menanyakan rekomendasi terbaik dari kerabat yang sudah pernah medical check up di Singapura.

Adapun pilihan mitra klinik atau rumah sakit untuk medical check up di Singapura yang direkomendasikan Smarter Health, sebagai berikut:

  1. Parkway Shenton Medical Centre
  2. Farrer Park Hospital
  3. Mount Alvernia Hospital
  4. Healthway Medical
  5. AsiaMedic Health Screening – Medical Imaging & Wellness Singapore
  6. Lifescan Medical Centre
  7. Sunway Medical Centre

Membuat janji pemeriksaan

Langkah berikutnya adalah mendaftarkan diri dan membuat janji MCU dengan rumah sakit pilihan.

Catatan penting sebelum medical check up di Singapura

Jadikan perjalanan medical check up di Singapura lancar dan nyaman dengan mengetahui sejumlah catatan berikut:

  • Pastikan masa berlaku paspor Anda sekurang-kurangnya enam bulan. Bawa selalu paspor asli Anda saat ke rumah sakit karena staf pasti meminta untuk keperluan administrasi.
  • Jangan lupa puasa minimal 10 jam agar hasil medical check up (terutama tes darah, tes urin, dan tes feses) lebih akurat.
  • Luangkan waktu 3–5 hari untuk perjalanan ini. Biasanya, medical check up memerlukan waktu seharian penuh untuk rampung. Setelah itu, Anda bisa gunakan waktu 2 – 4 hari  yang tersisa untuk jalan-jalan sejenak menikmati Singapura.
  • Anda bisa ke Singapura melalui dua jalur utama, yakni udara dan laut. Untuk jalur udara, silakan pilih penerbangan langsung yang tersedia dari Kota Jakarta, Medan, Denpasar, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Manado, atau Palembang.

    Adapun jadwal penerbangan langsung ke Singapura paling banyak dari Jakarta, dengan harga tiket paling murahnya Rp500.000 per orang.

    Bagi yang ingin menggunakan jalur laut, penyeberangan dengan kapal feri tersedia dari Batam dengan tarif kisaran Rp200.000 – 300.000 per orang.
  • Untuk kebutuhan istirahat di Singapura, pilihlah hotel yang lokasinya dekat atau setidaknya mempunyai akses mudah ke rumah sakit tempat Anda MCU. Perhatikan juga fasilitas hotel dan kawasan sekitarnya, pastikan mampu memenuhi kebutuhan utama Anda dan pendamping.

    Pilihan aman bisa merujuk pada hotel grup berstandar internasional, seperti Park Hotel Group, HPL Hotels & Resorts, Far East Hospitality, dan Accor Hotels.
  • Cari tahu metode pembayaran apa saja yang diterima rumah sakit tujuan Anda. Biasanya, alat pembayaran umum di Singapura adalah uang tunai, cek, kartu debit, dan kartu kredit (Amex, Mastercard, Visa). Hubungi bank penerbit kartu Anda untuk permintaan membuka akses transaksi internasional, sebelum berangkat.

    Sediakan pula uang tunai Dolar Singapura secukupnya dengan menukarkannya selagi masih di Tanah Air.

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0