trigger finger

Pertanyaan Umum Tentang Trigger Finger

Aaron Gan - Dokter Bedah Tangan Singapura - Orthopaedic Surgery - Hand Surgery
Penulis:
Dokter spesialis bedah tangan di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Apa itu Trigger Finger?

Trigger finger (juga dikenal dengan tenosinovitis stenosis) adalah sebuah kondisi ketika seseorang mengalami nyeri dan pembengkakan pada dasar jari atau ibu jari. 

Itu berkaitan dengan sentakan atau jentikan ketika seseorang mencoba untuk menggerakkan bagian yang terdampak dari posisi terkepal, sama seperti pelatuk (trigger) dari senapan yang berbunyi ketika ditarik untuk ditembakkan, oleh karena itu disebut dengan nama “trigger finger”. 

trigger finger

Itu terjadi karena disparitas ukuran tendon fleksor dengan sarung retinacular yang mengelilingi bagian terdampak. Ini sangat umum terjadi di daerah pulley A1. Kondisi tersebut disebabkan oleh pembengkakan sinovium tendon fleksor, yang bisa dirasakan sebagai nodul, dan/atau penebalan pulley retinacular. Saluran tendon ini membengkak menjadi sarung ketat yang menyebabkan munculnya perasaan trigger. 

Pada kasus yang parah, seseorang bahkan tidak dapat meregangkan jarinya secara penuh karena pembengkakan tendon yang semakin parah atau sarung yang semakin ketat.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Siapa yang bisa mengalaminya dan mengapa?

Trigger finger sering dikaitkan dengan usia, kondisi medis yang sudah ada seperti diabetes mellitus, arthritis rheumatoid, dan asam urat. Meskipun demikian, sebagian besar kasus trigger finger adalah idiopatik. Dipercaya bahwa penggunaan jari-jari secara berlebihan yang konstan dan berulang menyebabkan keausan permukaan antara tendon fleksor dan pulley A1 semakin parah, berujung pada pembengkakan dan peradangan yang menyebabkan trigger dan nyeri.

Apa opsi perawatan untuk trigger finger?

Untuk menentukan perawatan yang tepat pada trigger finger, dokter spesialis bedah tangan yang sudah berpengalaman akan melakukan asesmen menyeluruh dengan melihat riwayat kesehatan secara rinci dan menilai tingkat keparahan trigger finger dengan pemeriksaan klinis yang teliti.

Tingkatan trigger finger adalah sebagai berikut:

  • Tingkat I – Terdapat bukti peradangan pada daerah pulley A1 pada bagian terdampak, tetapi tidak ada trigger yang bisa ditunjukkan.
  • Tingkat II – Terdapat bukti peradangan pada daerah pulley A1 pada bagian terdampak, ada trigger yang bisa ditunjukkan ketika pasien diminta untuk meregangkan jari dari posisi tergenggam, erat.
  • Tingkat IIIA – Sama dengan tingkat II, namun sebagai tambahan, pasien tidak dapat meregangkan jari dengan sempurna karena terkunci pada posisi menggenggam dan hanya bisa bisa diregangkan dengan bantuan tangan yang lain.
  • Tingkat IIIB – Pasien tidak dapat meregangkan jari dengan sempurna karena peradangan parah pada daerah pulley A1.
  • Tingkat IV – Terdapat kelainan bentuk melengkung kaku pada sendi proximal interphalangeal karena peradangan jangka panjang.

Ada 3 cara untuk merawat trigger finger.

  1. Non-bedah, non-invasif: Ini meliputi serangkaian pengobatan anti-peradangan non-steroid oral, terapi tangan, pemasangan belat, dan modifikasi aktivitas. Biasanya ini direkomendasikan pada seseorang yang baru pertama kali mengalami trigger finger pada tingkat I atau penyakit tingkat II tahap awal.
  2. Non-bedah, invasif: Ini meliputi injeksi langsung pada sarung tendon flexor, terdiri dari kombinasi agen anestesi lokal dan persiapan kortikosteroid. Ini akan meredakan peradangan pada daerah pulley A1 dan meringankan trigger finger. Efek ini mungkin tidak bertahan lama dan sangat mungkin kambuh. Injeksi berulang tidak boleh dilakukan. Dokter spesialis bedah tangan hanya dapat melakukan maksimal 2 kali injeksi pada bagian terdampak, kecuali jari kelingking, yang hanya bisa diberikan 1 kali injeksi saja. Dipercaya bahwa kortikosteroid dapat melemahkan tendon dan bisa berujung pada putusnya tendon atraumatik jika dilakukan injeksi berulang. Perawatan ini direkomendasikan jika cara non-invasif tidak berhasil, juga pada trigger finger tingkat II atau III.
  3. Intervensi bedah: Ini meliputi pelepasan pulley A1, pulley pre-annular, dan bahkan sebagian dari pulley A2 bila perlu melalui sayatan kecil yang dibuat di dasar ruas jari (Gambar 2). Setelah pelepasan ini, trigger finger sangat jarang kambuh. Untuk trigger finger tingkat IV, manipulasi sendi proximal interphalangeal dilakukan pada area yang sama untuk mengurangi deformitas lengkungan. Pada kasus yang parah, rilis kontraktur fleksi formal dilakukan melalui sayatan yang berbeda.
operasi trigger finger

Mengapa harus menemui Dokter Spesialis Bedah Tangan untuk Trigger Finger?

Dokter spesialis bedah tangan memiliki banyak pengalaman dalam menangani kondisi jari, tangan, dan pergelangan tangan secara eksklusif. Terapi tangan yang diawasi dan belat khusus, seperti belat figure-of-eight (Gambar 3) yang digunakan dalam perawatan trigger finger tingkat awal akan diberikan oleh Pusat Bedah Tangan beserta dengan terapis tangan terlatih. 

Dokter spesialis bedah tangan dilatih untuk memberikan injeksi sarung fleksor intratekal yang akurat untuk memaksimalkan kemungkinan sembuh dan menurunkan potensi kekambuhan. 

kondisi trigger finger

Jika operasi diperlukan, dokter spesialis bedah tangan akan melakukan operasi yang sangat teliti untuk melepaskan trigger, dan bila perlu, membetulkan deformitas fleksi pada sendi proximal interphalangeal melalui pelepasan kontraktur formal melalui sayatan Bruner. Sayatan kulit dibuat pada garis kerutan alami agar bekas luka tidak terlalu tampak.

Penulis: dr. Aaron Gan, dokter spesialis bedah tangan di Singapura. Diterjemahkan dari artikel Common Question About Trigger Finger.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0