Tanya Dokter Bedah Kolorektal: dr. Teoh Tiong Ann dari Mount Elizabeth (Orchard) Hospital Singapura

Forum Tanya Jawab KesehatanKategori: Bedah UmumTanya Dokter Bedah Kolorektal: dr. Teoh Tiong Ann dari Mount Elizabeth (Orchard) Hospital Singapura
dr. Teoh Tiong Ann menulis 1 tahun lalu
Saya berpraktik mandiri di Teoh Colon Rectum & General Surgery, bertempat di Mount Elizabeth (Orchard) Hospital. Spesialisasi saya di penanganan usus besar dan kanker usus besar, juga masalah anus seperti ambeien atau wasir atau hemorrhoid/hemoroid, operasi lubang kunci untuk batu empedu, usus buntu, hernia, kolonoskopi, dan gastroskopi, dan masalah abdominal.

Saya mendapat pendidikan bedah umum di National University of Singapore dan melanjutkan pelatihan di Royal College of Surgeons of Edinburgh, Inggris dan Academy of Medicine of Singapore. Saya dianugerahi beasiswa Singapore Government Health Manpower Development Plan (HMDP) untuk melanjutkan pelatihan subspesialisasi di bidang operasi kolorektal di Cleveland Clinic di Florida, Amerika Serikat.

Saya pendiri Endoscopic and Laparoscopic Surgeons of Asia dan Society of Colorectal Surgeons in Singapore. Saya juga merupakan anggota American Society of Colon and Rectal Surgeons (ASCRS). Di samping menangani kanker usus besar dan masalah anus, saya juga mampu melakukan operasi lubang kunci untuk mengobati batu empedu, usus buntu, hernia, operasi usus besar, dan prosedur endoskopi seperti gastroskopi dan kolonoskopi.

Klik tautan berikut untuk tahu lebih jauh mengenai Mount Elizabeth Hospital: https://pasien.smarterhealth.id/rumah-sakit/mount-elizabeth-hospital-singapura

Untuk membaca profil saya, klik tautan berikut ini: https://pasien.smarterhealth.id/dokter-spesialis/tiong-ann-teoh/

Senang sekali bisa ada di sini. Selama satu minggu ke depan, saya akan menjawab semua pertanyaan Anda. Silakan bertanya kepada saya mengenai masalah perut, ambeien atau wasir atau hemorrhoid/hemoroid, batu empedu, operasi kolorektal ataupun pernianal!

===

Ingin bertanya? Tuliskan pertanyaan Anda di kotak paling bawah halaman ini. Jangan lupa cantumkan nama dan alamat email untuk dapatkan notifikasi saat dokter menjawab pertanyaan Anda. Tuliskan juga usia dan jenis kelamin Anda di dalam pertanyaan agar dokter dapat memberi jawaban yang akurat.

230 Balasan
Achmad Sunarto Sabdo menulis 1 tahun lalu
Apakah benar penyakit ambien itu tidak bisa disembuhkan?

Mohon penjelasannya.

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ambeien atau wasir atau hemorrhoid/hemoroid adalah struktur alami di dalam anus. Namun, pada beberapa orang, ambeien menjadi masalah. Tingkat keparahan ambeien sendiri berbeda-beda. Tidak semuanya harus diobati. Untuk yang memerlukan pengobatan, maka pengobatannya pun tergantung pada jenis ambeien tersebut. Ambeien bisa diobati. Tapi, bisa kambuh kalau pasien tidak mengubah pola hidupnya. Saya menyarankan pasien konsultasi dulu dengan dokter untuk menentukan pengobatan yang paling tepat.

Banyak pasien yang khawatir ambeien berubah menjadi kanker. Ini salah. Namun, dokter pelu mengecek apakah gejala yang dirasakan memang disebabkan oleh ambeien. Untuk beberapa kasus, perlu diperiksa dulu apakah ada kemungkinan penyakit lain.

Aditya Utomo menulis 1 tahun lalu
Dokter, nenek saya berusia 80 tahun dan di diagnosa Tumor Rektal 6 bulan yang lalu, sekarang Nenek saya sulit BAB, setiap kali mau BAB dia merasa kesakitan dan harus menggunakan obat pencahar. Pertanyaan saya, apakah Tumor Rektal ini harus dioperasi di usia nenek saya yang sudah tua, apakah penggunaan obat pencahar yang berlebihan dapat berbahaya?
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Nenek Anda perlu memeriksakan diri ke dokter bedah kolokteral secepatnya. Dari gambaran yang Anda berikat tentang rasa sakit dan masalah buang air besar dan kebutuhannya akan obat pencahar, kemungkinan tumor beliau menghalangi anus dan sepertinya beliau butuh penanganan atau operasi segera. Kalau tumornya menutupi anus, maka diperlukan prosedur penanganan darurat.

Pertimbangkan. Saya pernah mengoperasi pasien berumur 97 tahun yang kini sembuh. Saya sarankan Anda membawa beliau ke dokter bedah kolokteral untuk mencari operasi penanganan terbaik. Dan, tidak perlu khawatir hanya karena umur.

Saya akan dengan senang hati memeriksa beliau, tapi di tengah kondisi Covid yang membatasi perjalanan lintas negara, rasanya tidak mungkin. Apalagi nenek Anda butuh penanganan segera. Minum obat pencahar saja tidak akan menyelesaikan masalah.

Sunarti menulis 1 tahun lalu

Dokter saya mau tanya, Ayah saya berusia 50 tahun dan menderita Ambeien sejak 4 tahun yang lalu. Awalnya ambeien nya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun lama kelamaan jadi mudah sekali kambuh dan terakhir dokter menyarankan untuk operasi. Apakah dengan operasi bisa sembuh total? Apakah ada kemungkinan kambuh kembali?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Jika ambeien-nya tidak terlalu besar, maka bisa ditangani dengan prosedur sederhana seperti Ligasi Karet Gelang. Prosedur ini tak memerlukan suntik bius. Ada juga prosedur yang lebih baru seperti terapi energi panas (HET). Prosedur ini membutuhkan obat penenang.

Namun, penanganan sederhana hanya bisa dilakukan untuk ambeien yang kecil. Peluang kambuhnya juga lebih tinggi. Meski begitu, pemulihannya lebih cepat.

Ambeien yang lebih besar memerlukan operasi seperti Excision Hemorrhoidecomy dan Stapled Hemorrhoidectomy. Kedua prosedur ini membutuhkan obat bius, lokal maupun total. Pemulihannya juga lebih lama dan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Peluang kesembuhannya lebih kecil jika pasien buang air besar secara rutin. Jadi ada banyak cara menyembuhkan ambeien dengan operasi.

Jika Ayah Anda mengalami pendarahan, mengingat usianya sudah 50 tahun, saya menyarankan untuk melakukan kolonoskopi untuk memeriksa penyebab lain pendarahan atau mendeteksi polip kolorektal dan kanker.

rayhan menulis 1 tahun lalu

Dokter, saya mau tanya. Saya berusia 26 tahun dan sudah sekitar 2 minggu BAB saya ada darahnya (Merah Hati). Tapi tidak setiap hari, bisa 3 kali berdarah dalam 1 minggu. Namun saya tidak merasa sakit saat mengedan (BAB) dan tidak ada nyeri pada perut. Perlukah saya khawatir dan memeriksakan konsisi saya ke Dokter?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Jika darahnya berwarna merah segar, tidak ada perubahan di pola buang air besar, bentuk kotorannya normal, dan keluarga Anda tidak ada riwayat kanker kolokteral, kemungkinan pendarahan tersebut disebabkan ambeien atau luka pada anus (Fisura Ani). Fisura Ani, biasanya disertai rasa sakit pada anus saat buang air.

Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter dan melakukan proktoskopi dan pemeriksaan anus. Jika penyebab pendarahan tidak diketahui dan gejalanya tak mau hilang, saya menyarankan untuk melakukan kolonoskopi.

Ajeng Karina menulis 1 tahun lalu
Dokter, Saya mau tanya, Saya punya bayi laki-laki berusia 15 hari. Saya baru menyadari pagi ini saat memandikan anak saya, bahwa ada lubang kecil di bagian atas anus. Itu lubang apa ya dok, apakah berbahaya?
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Saya tidak menangani anak usia 15 hari. Mungkin Anda perlu konsultasi dengan dokter bedah anak.

Ibu Rahmi menulis 1 tahun lalu
Halo Dokter, mohon bantuannya, Saya mau bertanya, saya baru melahirkan normal sekitar 6 bulan yang lalu, sudah sekitar 1 minggu saya merasa pipis saya berampas dan berbau. Baunya seperti bau pup. Saya membaca di sebuah artikel bahwa saya mungkin menderita fistula ani. Apakah mungkin Anus saya robek saat melahirkan sehingga pipisnya bercampur dengan pup? Apa yang harus saya lakukan ya dok agar pipis saya kembali normal?
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Apakah bentuknya cairan? Atau, selain cairan urin, apakah ada sesuatu yang keluar dari vagina Anda dengan bau seperti kotoran?

Kemungkinan Anda mengalami infeksi sistem urin. Ini bisa ditangani dengan antibiotik dan banyak minum. Mungkin juga Anda mengalami infeksi vagina yang juga mudah ditangani. Dokter Anda pasti bisa mendiagnosa kondisi seperti ini.

Namun, jika yang keluar dari vagina Anda berbentuk dan berbau seperti kotoran, saya sangat menyarankan Anda konsultasi dengan dokter bedah kolokteral. Ada kondisi langka yang disebut recto-vaginal fistula, di mana rektum terhubung dengan vagina. Ini bisa terjadi pada wanita yang melahirkan normal, apalagi jika ukuran bayinya besar atau terjadi sobek vagina saat melahirkan.

Seperti yang saya katakan, kondisi ini langka, Anda perlu memastikan ke dokter apakah Anda mengalami ini atau tidak.

Terima kasih.

Maryati menulis 1 tahun lalu

Dokter, Saya punya masalah Ambeien selama 2 tahun terakhir. Dulu Ambeien saya bisa sembuh sendiri, tapi belakangan ini sakit sekali dan seperti ada daging yang terjepit di anus. Apakah saya harus operasi, apakah bisa sembuh menggunakan obat herbal?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ada beberapa tingkatan ambeien. Pengobatannya juga tergantung pada tingkat penyakit, jenis, dan toleransi Anda terhadap gejala ambeien tersebut. Sebaiknya Anda menemui dokter agar diperiksa apakah penyebabnya memang hanya ambeien atau ada penyakit lain. Meski demikian, ambeien harus ditangani dengan tepat. Saya tidak yakin dengan ‘obat herbal’ karena ada banyak jenis obat herbal dengan kandungan yang berbeda-beda juga. Kandungan ini mungkin saja ada yang berbahaya jika tidak disiapkan dengan tepat.

Ika sulistiani menulis 1 tahun lalu

Dokter, Saya mau tanya ini tentang ibu saya. Ibu saya berusia50 tahun, tapi Ibu saya mengeluhkan bahwa dia tidak bisa menahan pup nya pda saat batuk dan tertawa. Apakah ini adalah hal yang normal untuk usia 50 tahun?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Kedengarannya seperti inkontinensia stres. Umumnya inkontinensia stres terjadi pada urin, tapi bisa juga pada anus meskipun jarang. Ibu Anda perlu diperiksa, termasuk pemeriksaan fisiologi anorektal dan konsultasi dengan dokter bedah kolorektal dan ginekolog.

Mardiono menulis 1 tahun lalu

Dokter, Saya berusia Laki-laki berusia 36 tahun dan menderita fistula ani, sudah pernah oeprasi tapi gagal. Prosedur apa yang harus saya jalankan untuk pengobatan ini dok? Saya sudah tidak kuat, rasanya sangat tidak nyaman.

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ini sulit dijawab tanpa mengetahui informasi lengkap mengenai Anda dan memeriksa Anda secara langsung. Akan lebih baik jika Anda diperiksa dan punya informasi lebih lengkap terkait kondisi Anda. Saya dengan senang hati memeriksa Anda setelah larangan travel sudah dicabut. Terima kasih.

panji menulis 1 tahun lalu

Dokter, usia saya 20 thn semenjak SMA ada benjolan di anus saya dan semakin membesar hingga sekarang, benjolan itu keluar setiap BAB lalu saya masukan lagi benjolan tersebut setelah selesai BAB, memang belum ada rasa sakit sampai skrg cuma saya terasa mengganggu dok, bagaimana cara mengobatinya dok ?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sepertinya Anda punya ambeien yang cukup besar dan sudah keluar. Ini bisa juga skin tag (daging tumbuh kecil di permukaan kulit) atau polip fibroepitelial. Semua kondisi ini tidak serius. Namun untuk memastikannya, saya harus memeriksa Anda. Dengan usia Anda yang masih muda, peluang untuk Anda punya kondisi yang serius sangat kecil.

Jika itu ambeien, bisa dibiarkan dan diamati. Namun, jika Anda tidak nyaman, maka operasi pengangkatan bisa dilakukan. Jika tidak terlalu besar, bisa dengan ligasi pita karet, tapi mungkin tidak berhasil kalau ukurannya terlalu besar.

Silakan temui dokter untuk mengonfirmasi diagnosa dan jangan sungkan untuk menemui saya di Singapura begitu pembatasan travel sudah dihentikan.

Alce Manuhuruapon menulis 1 tahun lalu

Sylm mat malam. Sya sdh 1thn menderita ambeyen parah dan sesak nafas batuk sampe kecapean.mita penjelasannya

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Terima kasih atas pertanyaannya. Ambeien biasanya tidak mempengaruhi pernapasan atau batuk atau membuat Anda lelah. Dalam kasus yang jarang terjadi, jika Anda berdarah banyak dari ambeien Anda dan hemoglobin Anda rendah, bisa membuat lelah atau sesak napas. Tapi ini baru bisa terjadi jika hemoglobin sangat rendah dan pendarahan ambeien Anda sangat banyak. Anda tidak menyebutkan usia, tapi sebaiknya temui dokter untuk mencari tahu penyebab gejala yang Anda alami dan Anda tidak bisa menyimpulkan bahwa masalahnya berasal dari ambeien. Kondisi jantung, paru-paru, bisa menyebabkan sesak napas, kelelahan, dan batuk.

Jika BAB Anda berdarah, penting untuk memastikan tidak ada masalah yang lebih serius. Kolonoskopi kadang-kadang dibutuhkan untuk memastikan tidak ada kondisi yang serius seperti kanker yang menyebabkan hemoglobin dan kelelahan.Saran saya, temui dokter untuk mencari tahu penyebabnya sebab kelihatannya bukan berasal dari ambeien. Kecuali ambeien Anda berdarah banyak, khususnya saat BAB.

Terima kasih.

Bayu Mahendra menulis 1 tahun lalu
Dok, apa batu empedu yang sudah dioperasi bisa muncul lagi? Saya dulu operasi batu empedu, tapi sekarang sakit lagi di tempat yang sama. Mohon saran dok
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Terima kasih. Biasanya operasi batu empedu dilakukan untuk mengangkat kandung empedunya bukan hanya batunya. Operasi ini disebut “kolesistektomi laparoskopik” atau yang orang awam sebut “operasi lubang kunci untuk mengangkat kandung empedu dan batu empedu” atau “pengangkatan kandung empedu dan batu empedu dilaser” walaupun dokter tidak menggunakan laser untuk menangani ini lagi. Jadi, kemungkinan sudah tidak ada batu di kandung empedu sebab kandung empedu tersebut sudah diangkat.

Namun, kadang-kadang, batu empedu bisa muncul kembali di saluran empedu. Batu saluran empedu bisa menyebabkan sakit dan kulit kuning akibat penyumbatan di saluran empedu.

Anda bisa lakukan tes darah dan USG pada sistem bilier. Tes darah bertujuan untuk memeriksa enzim hati dan bilirubin. Jika USG tidak begitu jelas, MRCP (Magnetic Resonance Cholangio- Pancreatogram) bisa dilakukan. Ini merupakan MRI pada saluran empedu.

Jika hasil tes-tes ini tidak menunjukkan batu saluran empedu atau penyumbatan saluran empedu, maka Anda harus melakukan tes lainnya untuk mencari tahu penyebab yang lain.

Jika rasa sakitnya di ulu hati, Anda bisa lakukan gastroskopi (endoskopi) untuk memeriksa lambung. CT Scan juga bisa dilakukan untuk memeriksa pankreas dan organ di sekitarnya. Jika rasa sakitnya di perut bagian bawah, kolonoskopi bisa membantu.

Semoga menjawab. Silakan bertanya lagi jika Anda sudah lakukan tes. Terima kasih.

Laksmi Munawar menulis 1 tahun lalu
Suami saya operasi hernia belum lama dok, tapi sekarang masih kerasa sakit dan katanya kalau kencing sakit dan susah. Kenapa ya dok?
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Saya asumsikan yang Anda maksud adalah hernia inguinalis. Hernia inguinalis adalah hernia di selangkangan dan merupakan hernia yang paling banyak dialami pria. Operasi hernia atau perbaikan hernia biasanya dilakukan lewat operasi konvensional atau perbaikan hernia laparoskopik. Perbaikan hernia laparoskopik menggunakan irisan kecil yang disebut juga dengan operasi hernia lubang kunci. Ini merupakan operasi yang banyak dilakukan saat ini. Saat ini, dalam banyak penanganan hernia, baik konvensional maupun laparoskopi, dokter bedah akan menempatkan jala hernia untuk memperbaiki. Jala hernia ini biasanya sangat lembut dan tipis.

Jika operasi hernia sudah dilakukan, saya sarankan suami Anda amati kondisinya. Anda bisa memintanya melakukan peregangan ringan. Biasanya butuh waktu 2-3 bulan untuk pemulihan setelah operasi. Sakit saat buang air kecil yang dialaminya mungkin akibat luka. Kandung kemih terletak cukup dekat dengan lokasi hernia inguinalis. Setelah 2-3 bulan, luka tersebut bisa melunak dan rasa sakitnya hilang.

Sayangnya, sekitar 20% pasien mengalami sejenis rasa sakit jangka panjang sehabis perbaikan hernia. Sakitnya biasanya ringan, seperti rasa tidak nyaman, tapi untuk segelintir pasien, bisa jadi sakitnya cukup terasa. Umumnya terjadi setelah olahraga berat atau mengangkat benda berat.

Temui dokter untuk memeriksa suami Anda dan lakukan USG di selangkangan untuk mengecek apakah ada hernia inguinalis yang kambuh. Jika kambuh, bisa diatas lagi dengan operasi. Terima kasih.

Cindy menulis 1 tahun lalu

hello dokter, mau tanya kalau perut kadang kadang kram beberapa detik kalau membungkuk kenapa ya?Tetapi setelah itu normal lagi , terima kasih

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ini gejala yang tidak umum. Mohon maaf, tapi saya tidak bisa menjawab pertanyaan Anda dengan menanyakan lebih banyak pertanyaan lagi. Kelihatannya perlu dilakukan beberapa pemeriksaan. Jika sakitnya parah, saya sarankan temui dokter untuk mendiskusikan gejalanya dan melihat apakah ada tes yang perlu dilakukan.

juwita menulis 1 tahun lalu

Dokter Teoh, apakah kanker kolorektal itu bisa menurun ke cucu? Nenek saya kanker kolorektal, tapi anak-anaknya nggak. Tapi saya khawatir dengan diri saya. Saat ini perut bagian bawah saya sering sakit, apalagi jika berdiri lama atau menunduk. Mungkin sudah 2 bulanan. Buang air besar kadang ada darahnya. Jujur saya takut untuk periksa ke dokter karena ingat riwayat nenek saya dulu. Mohon beri saran, dok. Apa saja tanda bahwa kondisi saya ini gawat dan sudah harus diperiksa ke dokter?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Kanker kolorektal bisa terjadi pada siapa saja, bahkan jika orang tersebut tidak punya keluarga yang menderita kanker kolorektal. Makanya dokter menyarankan skrining kesehatan bahkan untuk pasien yang tidak punya riwayat keluarga kanker kolorektal.

Skrining berarti melakukan pemeriksaan seperti pemeriksaan tinja atau kolonoskopi pasien yang sehat dan tidak menunjukkan gejala. Rekomendasi yang umum adalah melakukan kolonoskopi saat berusia 50 tahun. Untuk pasien dengan keluarga dekat menderita kanker kolorektal, kolonoskopi pertama disarankan saat usia 40 tahun dan dilakukan lagi setiap 5 tahun.

Untuk pasien yang menunjukkan gejala, sebaiknya konsultasi ke dokter/dokter bedah kolorektal dan pemeriksaan seperti kolonoskopi bisa dilakukan tergantung gejalanya. Dalam kasus ini, jenis gejala yang ada lebih penting daripada faktor usia.

Tidak semua rasa sakit di perut bawah disebabkan oleh kanker usus. Bisa juga karena penyebab lain. Mengingat Anda sudah merasakan gejalanya selama 2 bulan, sebaiknya temui dokter atau dokter bedah kolorektal. Tes pemeriksaan berikutnya bisa dilakukan. Sepertinya kolonoskopi dan CT scan bisa dilakukan tergantung pada gejala yang Anda rasakan, pemeriksaan klinis, dan usia.

Ilham N menulis 1 tahun lalu

Bagaimana cara efektif mengobati ambeien yang sering kambuh dok, khususnya kalau habis makan makanan pedas?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ada beberapa cara menangani ambeien tergantung ukuran dan jenisnya. Yang paling sederhana adalah dengan menghindari makanan pedas sebab. Saya yakin Anda tidak menyukai saran yang ini! Lol!

Berhubung ada beberapa tipe ambeien berbeda, maka opsi penanganannya juga berbeda-beda. Beberapa sifatnya sederhana dan tidak menimbulkan rasa sakit seperti suntikan skleroterapi atau ligasi pita karet dan bisa dilakukan dokter tanpa pembiusan.

Ambeien yang lebih besar membutuhkan operasi. Jenis operasi juga berbeda-beda. Akan lebih baik jika saya bisa memeriksa Anda langsung untuk menjelaskan opsi yang bisa Anda pilih. Jika ambeien Anda tidak terlalu mengganggu, bisa juga hanya diamati tanpa penanganan apa-apa.

Kia menulis 1 tahun lalu

Doker sya ingin bertanya beberapa bln ini bab saya gk lancar,n ketika saya mengomsumsi yg agak padat seperti nasi.feses saya jdi agak keras.dan itu jdi ny susah untuk dikeluar kn.keluar pun sedikit sedikit,n dipaksa oleh saya,maaf pkai jari tangan.tpi klo saya mkn nasi lembut seperti bubur,feses saya mudah keluar dok.itu pun seukuran telunjuk jari aj.n biasa ny keluar pun kurang puas,rsa ny msih ad.itu knp ya dok

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Terima kasih pertanyaannya. Perubahan pola makan bisa mempengaruhi tinja. Penting juga untuk selalu minum yang cukup. Diet yang sehat harus disertai konsumsi serat. Serat alami bisa ditemukan di sayuran, buah, sereal. Tapi, terlalu banyak serat juga tidak baik karena tinja bisa mengeras dan Anda bisa merasakan ada banyak gas dan kembung di perut. Kuncinya adalah makan dengan wajar. Minuman manis, teh, atau kopi bukanlah pengganti air putih dan yang terbaik adalah minum air putih.

Tidak baik menggunakan jari Anda untuk memaksa tinja keluar. Hentikan kebiasaan ini. Ini bisa menyebabkan cedera seperti robek dan pendarahan. Jika Anda terlalu sering melakukan ini, Anda juga akan kehilangan sensasi saat buang air.

Anda tidak mencatumkan usia. Tapi jika Anda di atas 40 tahun, sebaiknya lakukan kolonoskopi untuk memastikan perubahan pola buang air besar bukan disebabkan oleh penyakit serius. Perubahan selama beberapa bulan dan rasa tidak puas adalah gejala yang harus diperiksa lebih lanjut. Metode terbaik adalah kolonoskopi.

Utari menulis 1 tahun lalu
Halo dok, kakak tertua saya usianya 69, didiagnosa kanker usus besar. sudah di kemo. saat ini kondisinya sangat lemah dan makanan susah masuk, selalu mual dan muntah. sementara, dari anusnya keluar cairan kental warna kuning. apa ini normal untuk pasien kanker usus besar yg habis di kemo dok? atau ada makanan yg perlu kami berikan supaya pencernaannya lebih baik? terima kasih atas jawabannya
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Terima kasih pertanyaannya. Saya turut berduka mendengar kakak Anda menderita kanker usus besar. Saya bisa menjawab pertanyaan Anda dengan lebih baik jika punya informasi lebih banyak. Saya tidak yakin mengapa ada cairan kuning tersebut tapi jika kakak Anda hanya dikemoterapi tanpa operasi, kemungkinan cairan kuning tersebut berasal dari kanker rektum. Mual dan muntah bisa disebabkan oleh efek samping kemoterapi. Dokter spesialis kanker bisa memberikan beberapa obat untuk menangani ini.

Penting bagi pasien kanker dan yang sedang menjalani kemoterapi untuk mencukupi nutrisi. Beliau harus mampu memakan makanan bernutrisi. Jika beliau susah makan, suplemen bisa diberikan. Kadang juga makanan cair bisa diberikan. Untuk pasien yang tidak bisa mentoleransi cairan atau makanan, kadang-kadang bisa dilakukan TPN jangka pendek. TPN merupakan cara memberi nutrisi melalui infus khusus untuk meningkatkan kekuatan sampai beliau bisa makan lebih baik.

Penting bagi Anda dan kakak Anda dan saudara-saudara Anda untuk lakukan kolonoskopi. Ketika anak kakak Anda mencapai usia 40 tahun, mereka juga harus didorong untuk kolonoskopi. Keluarga dekat (kakak, anak) punya risiko lebih tinggi menderita kanker usus besar. Jadi sebaiknya lakukan kolonoskopi untuk menemukan dan mengangkat polip usus besar, jika ada. Jika sudah ditemukan dan diangkat, risiko kanker usus besar bisa menurun. Anda juga perlu lakukan kolonoskopi tiap 5 tahun untuk mendeteksi polip usus besar yang baru.

Rukmana Trijaya menulis 1 tahun lalu
Dok, apa sebenernya penyebab batu empedu? Bagaimana mencegah dan menghindarinya ya?
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Batu empedu umum terjadi. Dulu, para dokter mengira batu empedu disebabkan oleh tingginya kolesterol, lemak, ketidakseimbangan hormon. Namun, sekarang, batu empedu umum terjadi dan kita tidak benar-benar tahu mengapa beberapa orang mengalaminya. Tidak ada cara pasti untuk mencegah batu empedu.

Seringnya, batu empedu baru didiagnosa saat ada gejala akut seperti sakit di ulu hati. Bisa juga ditemukan secara tidak sengaja saat pasien melakukan USG untuk alasan yang lain. Biasanya, jika tidak ada gejala (batu empedu asimtomatik), ini bisa diamati. Namun, jika gejala seperti rasa sakit sudah dirasakan, maka disarankan untuk operasi.

Operasi untuk batu empedu biasanya dengan operasi lubang kunci. Ini disebut kolesistektomi laparoskopik atau pengangkatan batu empedu laparoskopik bersama dengan kandung empedunya. Karena dilakukan lewat irisan kecil, pasien bisa segera pulih.

Ada beberapa obat-obatan yang mungkin Anda baca di internet. Banyak pasien yang bertanya pada saya apakah minum olive oil dan apel atau jus anggur bisa membuat batunya hilang. Ini tidak terbukti sama sekali.

Jika Anda ingin memeriksa apakah ada batu empedu, Anda bisa USG kandung empedu. Namun, jika Anda tidak merasakan gejala apa pun, sebaiknya diamati dulu dan lakukan operasi hanya jika gejalanya terasa.

Alimta Boekit menulis 1 tahun lalu

gejala batu empedu gimana ya dok.

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Pada dasarnya ada 4 jenis kehadiran batu empedu.

Pertama, tanpa gejala. Batu empedu didiagnosa secara tidak sengaja ketika pasien melakukan USG untuk alasan lain. Batu empedu asimtomatik bisa diamati dan operasi bisa tidak diperlukan kecuali pasien merasakan gejalanya.

Tipe kedua adalah kolik bilier. Ini rasa sakit parah yang datang tiba-tiba dan terasa di perut atas. Kadang-kadang rasa sakitnya bisa menjalar atau pindah ke sisi kanan atau ke punggung. Beberapa pasien salah mengiranya sebagai penyakit lambung. Namun, sakit lambung (maag) biasanya tidak parah. Sebaiknya lakukan USG jika merasa sakit parah di perut atas. Operasi kolesistektomi laparoskopik direkomendasikan untuk pasien dengan kolik bilier dan rasa sakitnya (kolik) sebaiknya diatasi agar tidak kambuh kembali, kecuali ada batu tambahan di saluran empedu.

Jenis ketiga adalah rasa sakit di perut atas dan terutama di kanan atas. Kadang-kadang disertai demam dan saat diperiksa, perut kanan atas terasa empuk. USG bisa menunjukkan pembengkakan kantong empedu dengan dinding yang menebal dan batu empedu. Ini disebut kolesistitis akut atau peradangan kantong empedu akut. Operasi kolesistektomi laparoskopik direkomendasikan untuk pasien dengan kolesistitis akut atau peradangan kantong empedu akut dan peradangan bisa diatasi agar tidak kambuh kembali.

Tipe keempat adalah pasien yang merasakan gangguan pencernaan, terutama ketika makan makanan berminyak. Pasien mungkin sering bersendawa setelah makan makanan berlemak. Pasien dengan gejala ini, pemeriksaan lain seperti gastroskopi (endoskopi) sebaiknya dilakukan untuk memastikan tidak ada masalah lambung. Biasanya, percobaan dengan beberapa obat maag akan diberikan. Jika tidak ada perubahan, operasi bisa dipertimbangkan. Namun, untuk tipe yang satu ini. kolesistektomi laparoskopik mungkin tidak menghilangkan gejala dan pasien harus tahu mengenai ini.

Budi Drajat menulis 1 tahun lalu
Di anus saya seperti ada benjolan dok, gak sakit tapi mengganggu BAB. Katanya kalau ambeien sakit, kalau gak sakit gini ada yg bilang tumor. Apa iya dok? Apa harus dioperasi?
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ada beberapa penyebab benjolan di anus. Sulit untuk saya memberikan jawaban yang baik kecuali saya melihat dan memeriksa langsung anus Anda. Bisa jadi ambeien/wasir (hemorrhoid/hemoroid) atau kadang-kadang bisa juga penebalan kulit.

Namun, tidak semua ambeien atau wasir terasa sakit. Banyak orang yang punya ambeien atau wasir tidak merasakan sakit. Penting juga untuk mengerti bahwa jika ambeien tidak mengganggu maka Anda tidak butuh penanganan. Bisa jadi Anda tidak perlu operasi.

Namun, saya menyarankan Anda temui dokter bedah kolorektal untuk mendapat diagnosa tepat dan memastikan benjolan tersebut bukanlah sesuatu yang serius.

Terima kasih.

Mutia Zahra menulis 1 tahun lalu

Bagaimana mengobati diare yang tidak berhenti sudah 3 hari dok, yang terakhir ada darahnya malah.

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Diare berdarah bisa muncul dari beberapa penyebab. Anda tidak menuliskan usia Anda.

Jika darahnya merah segar, pendarahan bisa muncul akibat ambeien/wasir/hemorrhoid/hemoroid atau fisura ani. Ini terjadi karena diare menimbulkan iritasi di saluran anus dan ambeien dan fisuranya bisa berdarah.

Jika darahnya gelap dan bercampur dengan tinja, maka sumber pendarahannya bisa berasal dari usus besar. Mungkin terjadi peradangan usus besar yang menyebabkan berdarah. Penyebab paling umum peradangan ini adalah infeksi seperti keracunan makanan atau gastroenteritis. Biasanya, pasien juga merasa kurang sehat akibat infeksi ini dan menunjukkan gejala lain seperti demam dan mual.

Darah yang bercampur dengan tinja juga bisa jadi tanda pendarahan divertikula atau mungkin tumor.

Jika Anda masih muda, kemungkinan bukan tumor.

Saran saya, temui dokter saluran pencernaan atau bedah kolorektal untuk mendapat pemeriksaan dan diskusikan dengan mereka apakah perlu tes lanjutan seperti kolonoskopi

Terima kasih

Leli Iskandar menulis 1 tahun lalu
Dok apa tumor rektum yg sudah dioperasi bisa kambuh lagi?
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Terima kasih.

Sayangnya, jawabannya Iya, tumor atau kanker rektum bisa kambuh setelah operasi.

Namun, dengan penanganan cermat sebelum operasi, mungkin juga radioterapi pra-operasi dan kemoterapi pada beberapa pasien, dan yang paling penting, operasi dilakukan oleh dokter bedah kolorektal berpengalaman, dan dengan teknik operasi terbaru, kemungkinan kambuhnya bisa diperkecil.

Penting untuk operasi tersebut dilakukan oleh dokter bedah kolorektal berpengalaman, terutama untuk kanker rektum. Dengan adanya dokter bedah kolorektal berpengalaman dan tim multidisipliner dokter spesialis kanker dan ahli radioterapi, banyak pasien yang bisa sembuh.

Rediansyah menulis 1 tahun lalu
Selamat siang dokter. Saya hobi main basket. Satu minggu ini perut bawah saya suka tiba2 terasa sakit, kadang sampai tidak bisa berdiri. Ada yang bilang mungkin hernia. Katanya orang yg sering loncat2 atau angkat berat bisa kena hernia. Apa benar? Tapi kadang seharian sakitnya bisa gak kerasa dok
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Terima kasih

Dengan aktivitas intens seperti bermain basket, mungkin beberapa otot Anda cedera. Namun belum tentu hernia. Karena Anda baru merasakan sakitnya minggu ini, mungkin Anda perlu amati dulu dan minum obat pereda nyeri. Anda juga bisa beristirahat dulu selama seminggu dari kegiatan basket Anda.

Jika rasa sakitnya tidak mau hilang, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Dokter akan memeriksa Anda dan melihat apakah ada hernia. Kadang-kadang, USG bisa berguna mendiagnosa hernia, tapi terkadang hasil USG tidak akurat. Penting untuk mendapat pemeriksaan oleh dokter bedah.

Saat mengangkat beban, penting untuk mempelajari teknik angkat beban yang benar. Ini bisa mengurangi risiko hernia dan cedera otot dan punggung.

mirna siregar menulis 1 tahun lalu
Saya merasakan sakit perut setiap batuk, dan sakitnya terasa sampai ke paha dok. Saya iseng googling dan nemu artikel tentang hernia femoralis. Katanya rentan dialami wanita apalagi yg kelebihan berat badan. Saya jadi takut karena saya memang gemuk dok. Apa ada kemungkinan saya mengalami itu dok? Kalau iya apa saya harus operasi? Saya khawatir kalau harus dioperasi.
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Hernia femoralis cukup jarang terjadi. Hernia inguinalis yang lebih umum dan terjadi di selangkangan atau area inguinalis. Biasanya, saat pemeriksaan, ada pembengkakan di area selangkangan atau paha atas dekat lipatan selangka. USG di area tersebut bisa membantu mendiagnosa hernia, inguinalis atau femoralis.

Bisa jadi ada penyebab lain yang bukan hernia. Sebaiknya konsultasi dengan dokter yang akan memeriksa Anda dan menyarankan pemeriksaan untuk mendiagnosa kondisi tersebut.

Terima kasih

Yakobus menulis 1 tahun lalu
Halo dok. Sudah 3 hari saya BAB rasanya gak tuntas. Perut masih sakit tapi udh gak ada yg keluar. Akhirnya perut kembung dan keras. Apa da penyumbatan? Mksh
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Terima kasih. Anda tidak menyebutkan usia. Tapi jika usia Anda sudah lanjut, ini bisa jadi gejala yang serius dan saya akan menyarankan Anda menemui dokter bedah kolorektal atau dokter saluran pencernaan untuk konsultasi dan diperiksa. Dokter mungkin juga akan menyarankan kolonoskopi untuk memastikan tidak ada penyebab serius seperti tumor.

Tapi jika sebelumnya Anda sudah pernah mengalami gejala ini dan baik-baik saja, dan masih muda, penyebabnya mungkin tidak serius. Banyak orang mengalami konstipasi atau perubahan pada BAB dari waktu ke waktu. Namun, mungkin sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter.

Fikri Ariansyah menulis 1 tahun lalu

Saya usia 22thn. Keluhan saya di anus saya seperti mengeluarkan nanah putih dan rasanya gatal dan agak sedikit nyeri. Trs biasa nyeri punggung Dan sakit perut sebelah kanan. Dan sekarang ada benjolan menyerupai kutil diarea bawah dekat dengan anus. Bagaimana cara penyembuhannya dok?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Terima kasih. Dari penjelasan Anda, mungkin saja Anda mengalami fistula ani. Ini merupakan nodul yang keluar di jalur menuju saluran anus. Penanganan yang umum adalah operasi. Namun, penting untuk memeriksakannya dulu ke dokter bedah kolorektal berpengalaman. Ada kemungkinan kambuh dan kadang-kadang risiko hilangnya kendali atas anus jika operasi tidak dilakukan dengan benar. Beberapa fistula berada ‘lebih tinggi’ di saluran anus dan operasi, bahkan yang dilakukan oleh dokter bedah kolorektal berpengalaman, bisa ada kemungkinan kambuh.

Pratiwi Nurendah menulis 1 tahun lalu
Dokter. saya punya penyakit wasir dan kalau bab keluar darah segar dan sakit tulang belakang sampai pantat, Adakah saran untuk meringankan kondisi saya dok? Usia saya 30
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Terima kasih. Kemungkinan Anda punya wasir atau fisura ani. Biasanya, wasir (ambeien) tidak terlalu sakit tapi bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada anus. Pasien dengan fisura ani mengalami rasa sakit saat buang air besar dan pendarahan. Rasa sakitnya seperti sesuatu robek saat tinja keluar dari anus. Penanganan fisura ani berbeda dari wasir. Penting untuk menghindari BAB yang keras.

Gilang Anshari menulis 1 tahun lalu

Malam dok. Dua hari ini perut saya sering sakit. Tp pas buang air yg kluar cuma dikit warna putih kecil spt kapur. Kenapa y dok umur saya 28 laki2

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Tinja yang berwarna seperti kapur bisa jadi masalah serius. Ini biasanya terjadi pada pasien dengan penyakit kuning obstruktif. Ini merupakan situasi ketika saluran empedu tersumbat dan empedu yang memberi warna normal pada tinja tidak bisa mengalir ke usus. Saya sarankan temui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Tes darah fungsi liver dan USG liver dan saluran empedu atau CT scan mungkin diperlukan.

Fatmah menulis 1 tahun lalu

Halo dok, saya mengalami bab berdarah seminggu terakhir, padahal saya tidak merasa sakit. itu kenapa ya dok? Trus apa yang harus saya lakuin. Makasih dok

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Anda tidak menyebutkan usia. Namun, penyebab paling umum BAB berdarah adalah ambeien atau wasir. Kalau Anda masih muda, kemungkinan ini penyebabnya. Namun jika usia Anda lebih tua, penting untuk memastikan darah tersebut tidak disebabkan oleh masalah yang lebih serius di usus besar dan anus. Anda mungkin perlu konsultasi dengan dokter.

Vian nabil menulis 1 tahun lalu
Dok ..

Ayah saya lagi sakit tumor di anus ,tp dokter nyaranin bwt sinar dan kemmo .ktnya sudah parah stadium 4.

@pa ada solusi lain dok,, slain kemmo sma oprasi.

Karna bpak saya tak maau di oprasi dan kemmo

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Untuk kanker rektum, penanganan utama adalah operasi, radioterapi, dan kemoterapi. Seringkali, menggunakan kombinasi ketiganya. Tidak ada pilihan lain yang lebih baik. Bicaralah dengan ayah Anda dan beri semangat agar mau menerima saran dokter. Namun, untuk stadium 4, Anda harus diskusikan benar-benar dengan dokter tersebut mengenai risiko, manfaat, efek samping, dan apa yang bisa diharapkan dari penanganan tersebut.

Bambang GH menulis 1 tahun lalu
Dokter, Saya mau tanya, Seminggu yang lalu ada cairan dari anus yang sering keluar.itu tanda penyakit apa ya dok, saya ga merasa nyeri atau terganggu BAB nya, hanya cairan itu terasa sangat mengganggu dan berbau? ? Saya 43 usianya
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ini gejala yang tidak umum. Jika cairannya sedikit, mungkin penyebabnya fistula ani. Mungkin ada nanah berbau dari luka fistula. Saya sarankan Anda temui dokter bedah kolorektal untuk mendapat diagnosa lebih akurat.

Andika Restu menulis 1 tahun lalu
Dokter. saya punya penyakit wasir dan kalau bab keluar darah segar dan sakit tulang belakang sampai pantat, Adakah saran untuk meringankan kondisi saya dok? Saya laki2 56 tahun
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Di usia 56, penting untuk memastikan pendarahan tersebut bukan disebabkan oleh kondisi yang lebih serius. Anda perlu lakukan kolonoskopi, untuk mencari tahu penyebab pendarahannya dan memeriksa apakah ada polip usus dan kanker. Karena ada rasa sakit saat BAB, lebih mungkin Anda mengalami fisura ani daripada ambeien. Pasien dengan fisura ani merasakan sakit saat BAB. Dokter bedah kolorektal bisa memeriksa dan mendiagnosa. Penanganan untuk fisura berbeda dari ambeien. Karena itu, penting untuk mendapatkan diagnosa akurat supaya bisa dilakukan penanganan yang tepat.

Anindita menulis 1 tahun lalu
Selamat siang dok. Umur saya 28, perempuan. Di anus saya seperti ada kutil. Awalnya kecil tapi lama2 membesar. Saya merasakan sensasi berdenyut saat ketika buang air besar. Tindakan apa yang mesti saya lakukan dok? Apakah operasi? Saya risih dan sakit sekali kalau duduk.
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ada kemungkinan Anda mengalami prolaps wasir atau fistula ani. Mungkin juga kutil tersebut adalah kulit yang ada hubungannya dengan fisura ani. Fisura ani bisa menyebabkan rasa sakit saat BAB. Anda perlu konsultasi dengan dokter bedah kolorektal untuk mendapat diagnosa akurat agar bisa dilakukan penanganan yang tepat. Penanganan untuk ketiga kondisi ini berbeda-beda jadi penting untuk mendapat diagnosa yang akurat.

M. Darwis menulis 1 tahun lalu
Selama sebulan ini saya sulit BAB. Kemarin malam saya baru ngeh ternyata ada Benjolan di dekat lubang Anus, apakah berbahaya dok? Saya laki2 usia 39
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Jika benjolannya muncul tiba-tiba, mungkin Anda mengalami ambeien luar. Ini biasanya tidak serius dan bisa membaik sendiri dalam beberapa minggu. Mungkin juga ada abses tapi abses biasanya sakit. Anda harus konsultasi dengan dokter bedah kolorektal untuk mendapat diagnosa akurat agar penanganan yang tepat bisa dilakukan.

Mardiansyah menulis 1 tahun lalu
Dokter, Ibu saya berusia 53 tahun dan saat tidak bisa menahan pup nya. Saat dia tertawa, menangis, pup nya keluar dok, ini sangat mengganggu dan tidak nyaman? Kenapa bisa bgtu ya dok?
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Kedengarannya beliau punya masalah inkontinensia anus. Pada wanita, ini biasa disebabkan oleh pengalaman melahirkan. Beliau perlu mendapat pemeriksaan khusus dari dokter bedah kolorektal. Ada beberapa tes yang harus dilakukan. Di antaranya pemeriksaan fisik, kolonoskopi, tes fisiologi anorektal seperti manometri, USG endoanal dan tes konduksi saraf. Setelah itu, Anda bisa diskusikan pilihan penanganan yang tepat. Penanganan inkontinensia anus bisa sulit.

Dila menulis 1 tahun lalu
Dokter Saya berusia 40 tahun dan terdiagnosa Kanker Usus besar stadium 2a. Dokter menyarankan untuk melakukan operasi, tapi saya takut. Adakah cara lain untuk mengobati penyakit saya?
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Penanganan terbaik untuk kanker usus besar adalah operasi. Saat ini, jika Anda ditangani oleh dokter bedah kolorektal yang terlatih dan berpengalaman, operasi bisa dilakukan dengan sangat aman dan dengan hasil yang baik. Saya melakukan kebanyakan operasi dengan operasi kolorektal laparoskopik. Ini menggunakan lubang kunci untuk melakukan operasi kanker usus besar. Karena lubangnya kecil, pasien bisa pulih lebih cepat dan merasakan sakit yang lebih sedikit. Penting juga untuk melakukan operasi radikal untuk mengangkat tumornya dan kelenjar getah bening untuk hasil yang terbaik. Di zaman sekarang, banyak kanker usus besar stadium 2 yang bisa disembuhkan!

Annissa Rachmawati menulis 1 tahun lalu
Dokter Kakak laki-laki saya terdiagnosa fistula ani, awalnya dia mengeluh nyeri pada anus, dan ada nanah dan darah yang keluar pada anus nya. Apakah dia bisa sembuh total penyakit fistula ani nya dok? Bagaimana cara penanganannya?
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Anal Fistula adalah suatu kondisi di mana ada ‘asal atau sumber atau kepala’ yang biasanya terletak di dalam lubang anus. Bagian yang bisa dilihat pada kulit di sekitar anus adalah ‘ekor’. Penting untuk sampai ke ‘kepala atau sumber’ fistula. Jika sumber tidak ditangani, fistula kemungkinan akan muncul kembali.

Untuk mengobati fistula, diagnosis akurat harus dilakukan. ‘Fistula rendah’ dapat diobati dengan cukup mudah. Namun, ‘fistula tinggi’ sulit diobati. Jika ultrasonografi endoanal tersedia, ini adalah panduan yang baik untuk jenis fistula tersebut.

Perawatan terbaik dari fistula anal adalah operasi. Ada berbagai jenis operasi yang dapat dilakukan, tergantung pada jenis fistula. Faktor paling penting yang dipertimbangkan ketika merawat fistula anal adalah mempertahankan kontinensi (kontrol anus) dan mengurangi kemungkinan kekambuhan.

Fistula anal dapat disembuhkan dengan operasi, tetapi fistula anal yang sulit atau tinggi mungkin sulit disembuhkan.

Hijrah Nurani menulis 1 tahun lalu
saya mengalami perdarahan yang banyak saat BAB dan nyeri perut setiap hari. Saya juga lemas sekali dan mual mundath. Apakah pengobatan yang sebaiknya saya lakukan? Apakah saya bisa sembuh?
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Penyebab paling umum dari pendarahan saat buang air besar adalah hemorods. Namun, dengan gejala lain yang Anda gambarkan seperti sakit perut, merasa lemah, mual dan muntah, sangat penting untuk melakukan penilaian yang tepat oleh Ahli Bedah Kolorektal atau Ahli Gastroenterologi dan menjalani penyelidikan seperti Kolonoskopi, Tes Darah dan mungkin CT scan. Pendarahan mungkin disebabkan oleh penyebab yang lebih serius. Silakan konsultasi Ahli Bedah Kolorektal atau Gastroenterologi sesegera mungkin.

Nadia menulis 1 tahun lalu

Selamat siang dok. Mau tanya kenapa anus saya selalu terasa panas ehabis bab? Saya perempuan umur 32

Evan Elvianto Solin menulis 1 tahun lalu

Selamat siang,

pada tanggal 02 Juni 2020 lalu saya telah operasi appendits,

namun pada saat sekarang ini, pada bagian perut kanan bawah dan selangkangan masih tersasa sakit dan mengilu jika di bawa beraktifitas dan berfikir,

saya telah konsultasi ke dokter spesialis saraf dan merekomendasikan foto Rontgen namun hasilnya tidak nampak..

mohon solusi dan masukan

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Apakah apendisitis Anda sudah dioperasi? Cara terbaik menangani apendisitis adalah dengan mengangkat usus buntu lewat operasi dini. Biasanya, ini bisa dilakukan lewat operasi lubang kunci. Operasi laparoskopi biasa dilakukan untuk masalah usus buntu.

Jika Anda sudah operasi, mungkin Anda perlu CT scan perut untuk melihat apakah ada masalah pascaoperasi. X-Ray saja biasanya tidak bisa memberi informasi yang berguna.

Renata menulis 1 tahun lalu

Halo dok. Saya perempuan usia 29 tahun. Setiap pagi saya selalu sakit perut hebat sehabis sarapan, tapi (maaf)kotoran yg keluar hanya sedikit. Perut saya jadi kembung karena susah BAB. Langkah apa yg sebaiknya saya lakukan? dan apa ada tips untuk ke depannya kondisi saya lebih baik

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Bagus untuk menjaga BAB tetap lancar. Anda tidak perlu BAB setiap hari. Namun, jika BAB Anda keras dan kering, sebaiknya ubah pola makan.

Cukupi kebutuhan air minum dan serat. Tapi terlalu banyak serat juga tidak disarankan. Anda bisa perhatikan makanan apa yang membuat Anda kembung dan hindari makanan tersebut.

Wartono menulis 1 tahun lalu
Permisi Dokter…sakit sakit radang usus usia saya 30 tahun…penanganannya bagaimana ya Dok supaya bisa sembuh total??makanan yg baik yg harus saya konsumsi apa ya Dok biar cepet sembuh
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan radang usus. Yang paling umum adalah infeksi. Jika bakteri yang menyebabkan infeksi bisa diketahui, antibiotik bisa diberikan untuk mengatasi peradangan tersebut.

Namun ada beberapa peradangan usus yang bukan disebabkan oleh bakteri. Dua di antaranya adalah kolitis ulseratif dan penyakit Crohn’s. Penanganan kedua peradangan ini membutuhkan dokter spesialis dan obat khusus. Anda perlu kolonoskopi untuk mendapatkan diagnosa. Saya sarankan temui dokter gastrointestinal untuk pemeriksaan, diagnosa, dan penanganan.

Adib menulis 1 tahun lalu

Bagaimana mengatasi bisul pada anus yg bikin BAB sakit dok? Usia saya 25 tahun laki2.

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ada kemungkinan Anda mengalami fisura ani. Ini merupakan robek di lapisan saluran anus. Biasanya terasa cukup sakit, khususnya saat BAB dan setelahnya. Bisul tersebut mungkin ambeien sentinel yang biasanya muncul pada masalah fisura ani. Namun, akan lebih baik jika Anda temui dokter untuk mendapat diagnosa akurat dan penanganan yang tepat bisa dilakukan.

Husnaini menulis 1 tahun lalu
Halo Dok, Ayah saya berusia 56 tahun dan mengeluh ada bisul yang tidak sembuh-sembuh sejak 3 bulan yang lalu. Awalnya ayah saya mengeluh sakit dan tidak bisa duduk. Lalu di lihat seperti ada bisul di bagian lipatan anus (agak kedalam). Apakah ini berbahaya dan apa yang harus saya lakukan>
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Bisul merupakan infeksi. Jika sudah terjadi selama 3 bulan, kemungkinan beliau butuh dioperasi. Sebaiknya temui dokter bedah kolorektal untuk diagnosa akurat dan kemungkinan operasi.

Heru menulis 1 tahun lalu
Saya mau nanya dok, Apa yang menyebabkan ambeien? Apakah duduk terlalu lama dapat menyebabkan ambeien?
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Tidak ada penyebab pasti untuk ambeien. Namun, faktor yang umum dikaitkan adalah mengejan terlalu keras saat BAB, tinja yang keras, kehamilan dan melahirkan. Buang air besar secara rutin dapat membantu mencegah ambeien. Duduk terlalu lama mungkin bisa membuat ambeien yang sudah keluar semakin parah.

Nink gani menulis 1 tahun lalu

NiDok sy mau tanya nih.. Sy asam lambung tinggi dan maag kronis.. Kadang sy sembelit.. Tapi disisi lain sy sering sakit perut bagian bawah.. Menurut dokter sy ISK tapi sudah berulang ISKnya.. Menstruasi sy tdk lancar.. Hanya sehari.. Trus sy BAK sedikit tapi sering.. Dan terasa perih di bagian vagina.. Ada keputihan tapi tdk gatal dan tdk bau juga tdk bnyak.. Sebenernya sy sakit apa dok.. BBtrurunBB turundratstisturundratstis

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Dari deskripsi Anda, Anda punya gejala di beberapa sistem organ. Saya tidak terpikir satu kondisi yang bisa mencakup seluruh gejala di atas. Sebaiknya konsultasi ke dokter dan dapatkan pemeriksaan tepat.

Resihafsah menulis 1 tahun lalu

Dokter saya sedang hamil 6 bulan. Tapi saya menderita ambeien grade 3, jadi saya sangat a nyaman saat BAB. BAB saya tidak keras, tapi setelahnya ada benjolan yang keluar dari anus saya dan itu terasa sangat sakit, karena perlu saya dorong agar bisa masuk kembali. Sekarang saya jadi takut BAB dan jadi sembelit. Apakah mungkin jika saya dapat menjalani operasi ambeien pada saat hamil?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ambeien umum terjadi selama kehamilan. Seiring kehamilan berkembang, ambeien bisa makin parah. Apa yang Anda lakukan, mendorong ambeien masuk setelah BAB adalah hal yang tepat. Sebaiknya gunakan sarung tangan dan pelumas sebab jari Anda bisa merusak. Operasi mungkin dilakukan tapi sebaiknya hanya ketika tidak ada jalan lain, misalnya saat ambeien berdarah atau terinfeksi. Kadang-kadang, beberapa bulan setelah melahirkan, ambeien akan mengecil dan tidak akan mengganggu lagi.

ratih menulis 1 tahun lalu

Dok saya punya hernia. Apa hanya bisa diobati lewat operasi? Atau ada obat yg bisa diminum?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Satu-satunya pengobatan untuk hernia adalah operasi. Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan ini karena merupakan kerusakan mekanis. Namun, operasi hernia cukup umum dan banyak pasien dapat disembuhkan. Operasi Hernia sekarang juga dapat dilakukan dengan ‘perbaikan hernia lubang kunci’ atau Perbaikan Hernia Laparoskopi. Dengan sayatan yang lebih kecil, pemulihan mungkin lebih cepat dengan lebih sedikit rasa sakit.

Rustam Gofar menulis 1 tahun lalu

Halo dok. Saya belakangan ini mengalami kram perut terus-terusan. Perut saya kembung karena susah BAB. Masalah ap y dok?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Gejala Anda tidak cukup spesifik dan tidak ada informasi yang cukup bagi saya untuk memberikan jawaban yang masuk akal. Berbagai faktor harus dipertimbangkan. Jika usia Anda cukup tua, jika gejala Anda terjadi baru-baru ini, jika ada faktor-faktor terkait lainnya, maka penting bagi Anda untuk pergi ke dokter dan menjalani konsultasi yang tepat, pemeriksaan dan mungkin tes lebih lanjut.

Muhammad menulis 1 tahun lalu

sy punya penyakit hernia,,,umur sy 45 tahun biji peler kanan membesar dan klo ditekan naik besarnya bisa normal lgi sdh diderita 20 tahun kira kirakira solusinya

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Kedengarannya Anda mungkin menderita hernia inguinal. Ini bisa diperkecil sebab ia kembali ke ukuran normal saat Anda tekan. Hanya ada satu cara menangani hernia yaitu operasi. Perbaikan hernia bisa dilakukan lewat operasi lubang kunci atau laparoskopi. Perbaikan hernia laparoskopi umum dilakukan saat ini. Biasanya hernia diperbaiki dengan jala yang ditempatkan pada bagian yang rusak di area inguinal.

Beberapa pasien tidak mau dioperasi. Sayanya, ini tidak bisa ditangani dengan obat. Salah satu bahaya hernia adalah keadaan tercekik. Ini terjadi saat usus tidak bisa didorong kembali dan saat Anda menekan skrotum, bentuknya tidak kembali normal dan terasa sakit dan bengkak. Ini adalah ketika isi hernia yang bisa jadi usus tersangkut di hernia dan suplai darah ke usus berkurang. Usus bisa mati. Kondisi ini membutuhkan pembedahan segera dan pembedahan mungkin harus lebih besar dan lebih rumit daripada bila dilakukan ketika hernia tidak tercekik atau ‘macet’.

Berhubung Anda masih muda, saya sarankan pertimbangkan operasi.

Lim mung hai menulis 1 tahun lalu

Berapa biaya untuk operasi fistula anal..?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Biayanya tergantung jenis fistula dan kerumitan operasinya. Sulit untuk memperkirakan tanpa menemui pasien.

Maulana Fajri menulis 1 tahun lalu

Selamat siang dokter. Istri saya usianya 28 tahun baru melahirkan anak pertama. Dia sering mengeluh sakit di anus dan kencingnya keruh. Dia juga merasa BAB tidak tuntas dan nafsu makannya turun. Mohon saran

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Anda harus membawa istri Anda ke dokter bedah kolorektal. Ia bisa jadi menderita fisura ani atau ambeien yang menyebabkan sakit. Jika istri Anda pernah lakukan episiotomi, yaitu pembedahan vagina untuk melahirkan bayi yang ukurannya besar, penting untuk memastikan tidak ada infeksi di lukanya dan tidak ada sobek pada sfingter anal. Yang jarang terjadi, tapi serius, adalah kemungkinan fistula rekto-vagina. Ini adalah sobek dari vagina ke rektum. Periksakan urinenya juga untuk memastikan tidak ada infeksi urine.

Yanto menulis 1 tahun lalu

Dok, bagaimana mengobati sembelit, sudah satu minggu tidak BAB dan perut rasanya sakit dan keras. Trims. Umur saya 40 tahun laki2

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Penting untuk memastikan Anda tidak mengalami penyumbatan usus akibat penyebab lain. Anda harus temui dokter untuk memeriksakan ini. Dokter mungkin meminta Anda periksa X-ray, scan, dan kolonoskopi. Jika Ada penyebab lain, maka Anda bisa mengambil beberapa langkah untuk memperbaiki BAB Anda. Minum air putih yang cukup itu penting, juga makan cukup serat. Kelebihan serat tidak baik karena bisa membuat kembung. Serat alami seperti sayur dan buah baik untuk tubuh. Suplemen serat bisa dibeli di apotek. Jangan minum obat pencahar. Jika memang harus, mulailah dengan yang paling ringan. Hindari obat pencahar yang keras, sebab lama-lama obat pencahar yang keras tidak akan mempan lagi dan Anda harus meningkatkan dosis dan tetap tidak mempan juga. Yang terbaik adalah menemui dokter untuk diperiksa.

Penting juga untuk mengetahui ini, beberapa orang tidak BAB setiap hari dan hanya 2-3 hari sekali dan ini normal bagi mereka. Namun, penting untuk memastikan BAB tidak keras. Pengobatan alami lebih baik daripada minum obat.

Ajat sudrajat menulis 1 tahun lalu
Maaf dokter saya mau nanya…klau seseorang perut buncit apa karna penyebab kotoran numpuk di usus & kalau mengkonsumsi obat pelancar BAB biar perut gk buncit apa gk jd masalah?

Dan rekomendasi obat pelancar BAB yg aman kira2 merk apa???

Terima kasih.

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Perut buncit bisa disebabkan oleh banyak hal. Penyumbatan usus hanya salah satunya. Tidak umum untuk tinja menyumbat usus. Biasanya ada penyebab lain. Kadang-kadang, hanya perasaan saja perut kita buncit, dan ketika diperiksa oleh dokter, memang bukan buncit. Pada kasus lansia, buncit harus diperiksa. Pemeriksaan riwayat medis oleh dokter sangat penting. Setelah itu, beberapa scan dan mungkin endoskopi seperti gastroskopi dan kolonoskopi.

Sebagai panduan umum, saya merasa cara yang alami lebih baik daripada minum obat pencahar. Minum obat pencahar memang jalan pintas tapi nanti bisa ketergantungan dan itu tidak baik. Cukupi minum air putih, pola makan yang baik, dan olahraga adalah cara terbaik.

Chalida H menulis 1 tahun lalu

Dok, ibu saya akhir-akhir ini mengeluh sakit di perutnya. Umurnya 69 tahun. Waktu usia 40 tahunan, dia pernah didiagnosa radang usus, tapi waktu itu minum obat saja. Pelan-pelan sakitnya mereda. Sesekali perutnya perih tapi didiamin sehari dua hari baik lagi. Baru akhirnya sekarang sakitnya hampir setiap hari dan lumayan parah. Apa ini ada hubungannya dengan radang usus dia yang tambah gawat dok? Apa ada kemungkinan penyakit lain dok dari radang usus kemarin?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Kemungkinan gejala yang dialami ibu Anda saat ini tidak berhubungan dengan apa yang terjadi hampir 30 tahun lalu. Gejala yang kini dialami baru dialami saat ini dan itu harus diperiksa dengan cermat, terutama untuk orang seusianya. Saya sangat menyarankan Anda membawanya ke dokter untuk konsultasi dengan dokter bedah kolorektal atau dokter saluran pencernaan. Ia mungkin harus melakukan beberapa scan dan endoskopi seperti gastroskopi dan kolonoskopi. Pentung untuk memastikan beliau tidak punya kondisi yang serius yang bisa jadi penyebab gejala tersebut.

Rizky Andriano menulis 1 tahun lalu

Dok, mohon bantuan nya mama saya divonis tumor di daerah kolon jaraknya 7cm dari anus

ada 2 buah benjolan tumornya 1 sebesar biji jagung dan 1 lg dbesar butir beras

dokter menyarankan operasi dan membuat stoma di perut sebelah pusar

pertanyaan nya dok apakah ada cara lain selain membuat stoma tersebut ?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Anda harus membawa ibu Anda ke Dokter Bedah Kolorektal yang berpengalaman. Saya belum memeriksa ibu Anda untuk memberikan diagnosis yang akurat. Namun, 7 cm dimungkinkan untuk menyatukan kembali rektum setelah pengangkatan tumor dan menghindari stoma permanen. Seringkali stoma sementara diperlukan dan operasi yang lebih kecil dilakukan setelah beberapa bulan untuk menutup stoma dan pasien dapat BAB lewati anus setelah itu. Operasi pengangkatan tumor rektal ini juga dapat dilakukan dengan laparoskopi. Bedah Kolorektal Laparoskopi sekarang umum dilakukan.

Pahlevi menulis 1 tahun lalu

apakah sakit perut sampai ke selangkangan ini wajar kalau habis operasi usus buntu dok? saya sudah seminggu operasi dan sekarang sakit terus di perut. Saya laki2 usia 29 tahun

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Lumrah untuk merasakan sakit satu minggu setelah operasi. Namun, sebaiknya Anda tanyakan lagi ke dokter bedah Anda untuk memastikan tidak ada komplikasi dari operasi tersebut.

Antun Nugroho menulis 1 tahun lalu

Dok sya mau nanya ,perut sebelah kiri, skarang suka nyeri sesak, saya raba agak dipencet ada yg keras, seperti pegang belut di dalam perut, suka nyodok ke bawah rusuk kiri bagian samping bawah, ada yg bilang radang usus, saya harus bagaimana

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Anda perlu konsultasi dengan dokter spesialis gastroenterologi atau dokter bedah kolorektal. Sebaiknya Anda lakukan tes seperti USG atau CT scan abdomen dan endoskopi atau gastroskopi dan kolonoskopi untuk memastikan tidak ada penyebab yang serius.

Muskud menulis 1 tahun lalu

Doc, kapan ambeien harus dioperasi?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Penanganan ambeien adalah penanganan terhadap toleransi atas gejala atau tergantung seberapa besar gejala tersebut mengganggu pasien. Beberapa pasien yang mempunyai gejala tidak merasa terlalu terganggu oleh gejala tersebut dan tidak ingin operasi. Ini mungkin dan tidak salah.

Tinasuri JH menulis 1 tahun lalu

Pagi dok. Hernia kalau sudah dioperasi apa bisa kambuh lagi

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Hernia bisa kambuh setelah operasi. Rasio kambuhan yang diketahui berkisar antara 1% hingga 20%. Seperti semua prosedur operasi, sebaiknya Anda konsultasi ke dokter bedah berpengalaman untuk melakukan operasi. Jenis operasi yang umum dilakukan saat ini adalah Perbaikan Hernia Laparoskopik. Ini merupakan metode lubang kunci di mana beberapa sayatan kecil dibuat dan jaring hernia digunakan untuk memperbaiki hernia tersebut. Penting juga untuk pasien beristirahat yang cukup dan jangan mengangkat beban berat dan olahraga berat untuk beberapa minggu setelah operasi agar lukanya pulih dan perbaikannya kuat. Ini juga bisa membantu mencegah kambuh.

Wati Endah menulis 1 tahun lalu

Doc, ibu saya makan apa aja pst BAB cair, hbs makan pasti gitu, sudah minum obat diare tp tetep aja, mohon saran dok kira2 knp ya? Usia ibu saya 68

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Di usia 68 tahun dengan gejala BAB seperti saat ini, penting baginya untuk mendapat diagnosa akurat dan pastikan tidak ada kondisi serius yang menyebabkan gejala tersebut. Saya sarankan Anda membawa ibu Anda konsultasi ke dokter saluran pencernaan atau bedah kolorektal. Dia mungkin perlu tes darah, tes tinja, dan kolonoskopi.

Victor Pan menulis 1 tahun lalu

Dok, perut sebelah kiri saya nyeri sekali dan BAB panas dan keras. Kenapa ya? Saya laki2 usia 32

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Di usia 32, kemungkinannya kecil Anda punya penyakit serius. Sembelit kronik adalah kondisi yang relatif umum. Ini biasanya muncul karena kebiasaan buruk. Penting untuk minum air putih yang cukup, memperbaiki pola makan dengan cukup serat, olahraga rutin. Penting untuk tidak menahan BAB terlalu lama sebab tinja akan mengeras dan sulit keluar. Sebaiknya juga jangan konsumsi obat pencahar. Jika gejala tersebut dialami baru-baru ini, sebaiknya temui dokter saluran pencernaan atau bedah kolorektal untuk memastikan tidak ada penyebab yang serius.

Agill menulis 1 tahun lalu

Saya juga mau nanya dokter…

Aya sering susah BAB,, saya mules,, tapi pas saya k.toilet udh jongkok Ampe belasan menit GK keluar2.. jadi terkadang saya cuma dapet mulesnya doang . Udah gitu perut saya suka begah karena susah bab..dan

Saya selalu bisa menahan ketika hendak BAB.. sampai 1/ 2 hari..

Boleh tau itu kenapa ya ..?? Dn apakah itu tidak berbahaya ???

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Sembelit kronik merupakan kondisi yang relatif umum. Ini biasanya muncul karena kebiasaan buruk. Penting untuk minum air putih yang cukup, memperbaiki pola makan dengan cukup serat, olahraga rutin. Penting untuk tidak menahan BAB terlalu lama sebab tinja akan mengeras dan sulit keluar. Sebaiknya juga jangan konsumsi obat pencahar. Jika gejala tersebut dialami baru-baru ini, sebaiknya temui dokter saluran pencernaan atau bedah kolorektal untuk memastikan tidak ada penyebab yang serius.

mamad menulis 1 tahun lalu

saya laki2 usia 39 thn. saya sudah lama menderita wasir . namun 1thn belakangan , sy merasa kesulitan saat BAB, ada benjolan di anus saat BAB dan saya masukkan setelah nya, lalu faeces yng kluar bentuk nya pipih , terkadang berwarna coklat pekat. apakah ini termasuk kanker ,,.?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Gejala yang Anda gambarkan menunjukkan prolaps ambeien. Ini terjadi ketika ambeien “keluar” atau “turun”. Ambeien tidak mempengaruhi ukuran tinja karena biasanya ambeien lunak dan tidak menyumbat saluran anus. Sebaiknya konsultasikan ke dokter bedah kolorektal untuk memeriksa anus secara saksama untuk menemukan penyebab perubahan di BAB. Anda memerlukan kolonoskopi untuk memastikan tidak ada penyebab serius.

Billy Pangestu menulis 1 tahun lalu

Saya mengalami masalah pencernaan, diare, poop berdarah, kembung, penurunan berat badan tiba2 selama kurang lebih 1 bulan. Sudah ke dokter, dikasih obat tapi tidak sembuh juga. Apakah kasus seperti ini biasa memerlukan tindakan operasi?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Dari kombinasi gejala tersebut dan riwayat sebulan tanpa perubahan, saya sangat menyarankan untuk konsultasi ke dokter saluran pencernaan atau bedah kolorektal untuk pemeriksaan lebih jauh. Anda mungkin perlu tes darah, tes tinja, dan kolonoskopi.Banyak kondisi tidak memerlukan operasi dan bisa ditangani lewat obat.

Tata Pradita menulis 1 tahun lalu
Saya ada benjolan dianus sudah dr smp skrg umur 31, sudah setahun ini kenapa ya dok kalau bab sakit, tp tidak berdarah, padahal sudah setahun ini saya tidak jg makan pedas dan daging. 🙏🙏🙏
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Mungkin Anda mengalami fisura ani. Ini merupakan sobek di saluran anus. Biasa terjadi akibat tinja yang keras. Fisura ani bisa cukup menyakitkan. Anda perlu temui dokter bedah kolorektal untuk diagnosa lebih tepat. Ini bisa ditangani dengan pengobatan untuk menangani tegang saluran anus. Kadang-kadang operasi mungkin dibutuhkan.

Soleh Setiawan menulis 1 tahun lalu

Sya menderita ada benjolan d sekitar dekat anus kalau bab lancar tp setelah bab d benjolan itu keluar cairan kayak nanah n darah. . .mohon infonya penyakit apa yang saya derita. 🙏

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Gejala yang Anda gambarkan mengindikasikan fistula ani. Ini merupakan infeksi yang menyebabkan sambungan di pembukaan saluran anus dan berakhir di benjolan kecil dekat anus. Anda perlu konsultasi ke dokter kolorektal untuk mendapat diagnosa akurat. Opsi penanganan terbaik adalah operasi. Namun, penting untuk Anda mencari dokter bedah kolorektal yang berpengalaman untuk melakukan prosedur tersebut. Salah satu risikonya adalah kehilangan kontinensi (kehilangan kendali atas anus)

Pertiwi hm menulis 1 tahun lalu
Dok, saya perempuan umu 25. Sering sakit di perut bawah sebelah kanan. Kira2 knp ya
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Penyebab paling umum sakit di perut bawah pada wanita muda biasanya berhubungan dengan ginekologi. Anda perlu temui dokter ginekologi untuk periksa. Penyebab bisa meliputi kista ovarium dan endometriosis.

Saadah Nuzul menulis 1 tahun lalu

Halo dokter, anak perempuan saya usia 17 tahun kena radang usus buntu. Padahal dia gak suka pedes dan pola makannya baik. Apa yg bikin radang usus buntu ya dok?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Terima kasih. Tidak ada penyebab pasti untuk radang usus buntu. Ada beberapa cerita bahwa makan biji cabai dapat menyumbat pembukaan usus buntu dan kemudian menyebabkan radang usus buntu. Ini tidak benar. Apendisitis cukup umum terjadi, yang penting adalah membuat diagnosis yang akurat dan menjalani operasi dini. Apendektomi laparoskopi adalah prosedur yang sangat umum dan dilakukan dengan aman. Jangan menunggu terlalu lama karena penundaan operasi dapat menyebabkan perforasi apendiks. Ini akan membuat pemulihan menjadi lebih rumit dan berkepanjangan.

Maria Ulfah menulis 1 tahun lalu
Dok,saya mau tanya…

Sebulan in ak mengalami nyeri ulu hati yang hebat setelah ak bawa ke rumah sakit di USG ternyata ak ad batu empedu sebesar 1,2 cm.apakah batu empedu sebesar itu harus dioperasi…?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Rasa sakit yang parah kemungkinan besar disebabkan oleh batu empedu. Mungkin yang terjadi adalah batu empedu menyumbat saluran keluar dari kantung empedu yang mengakibatkan kolik bilier atau kolik batu empedu. Rasa sakit ini sangat parah. Cara terbaik untuk mengobatinya adalah dengan operasi. Dalam operasi ini, kantong empedu dan batu empedu diangkat bersamaan. Ini dilakukan dengan operasi lubang kunci atau laparoskopi. Kolesistektomi Laparoskopi atau pengangkatan Kantung Empedu Laparoskopi adalah prosedur yang sangat umum. Seperti dalam semua operasi, penting untuk dilakukan oleh ahli bedah yang berpengalaman Jika pasien memiliki gejala seperti yang Anda alami, pembedahan akan menjadi pilihan terbaik.

Mukmin menulis 1 tahun lalu

Dok, istri saya pernah operasi batu empedu. Tapi habis itu dia sakit lagi dok di area yg sama? Knp ya dok bukannya empedu udh diangkat?

Yuyun Cokro menulis 1 tahun lalu

DR Teoh mohon penjelasan kl frequensi bab TDK setiap HR & kl sdh HR ke2/ ke 3 dilakukan lavement sendiri apakah boleh?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Banyak orang tidak BAB setiap hari. Hal ini penting untuk Anda ketahui karena saya melihat banyak pasien yang merasa tidak normal karena tidak buang air besar setiap hari. Yang terbaik adalah menghindari pengobatan dan enema secara teratur. Semua obat dan enema ini mungkin membuat Anda ketergantungan dan nantinya, tanpa obat atau enema, Anda akan sangat sulit buang air besar secara normal. Yang terbaik adalah Anda memiliki pola makan yang sehat, konsumsi air dan serat yang cukup dan berolahraga secara teratur. Jika Anda merasa sehat secara umum, jangan khawatir untuk tidak buang air besar setiap hari. Namun, jika ini terjadi baru-baru ini, Anda harus berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal atau dokter gastroenterologi untuk mengecek penyebab lain dan mungkin disarankan kolonoskopi.

Fenandian menulis 1 tahun lalu

Dok, bapak saya umur 68. Diare sudah 2 minggu gak ilang. Hampir tiap hari BAB dan ngeluh perutnya panas. Mohon saran dok. Ini knp y

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ayah Anda mungkin mengalami infeksi usus. Namun, di usia 68 tahun, kita perlu memastikan beliau tidak punya kondisi serius lainnya yang menyebabkan gejala tersebut. Sebaiknya Anda bawa beliau periksa ke dokter bedah kolorektal atau dokter gastroenterologi. Beliau mungkin butuh tes darah, tes tinja dan mungkin kolonoskopi untuk mendapat diagnosa akurat dan untuk memastikan tidak ada kondisi serius lainnya.

Deriansyah menulis 1 tahun lalu

Halo dokter teoh. Papa saya umur 79 tahun dan punya bisul di anus sudah hampir setahun. Sakit kalau duduk atau berbaring lama. Mohon saran dok gmn pemeriksaannya

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Papa Anda mungkin mengalami fistula ani. Namun, di usia 79 tahun, penting untuk mendapatkan diagnosa akurat. Anda perlu membawa beliau konsultasi ke dokter bedah kolorektal untuk diagnosa akurat. Penting untuk memastikan tidak ada kondisi yang serius. Penanganannya akan bergantung pada diagnosa dan juga keparahan fistulanya, jika memang benar fistula.

Tari Eswina menulis 1 tahun lalu

Dok, umur saya 34 tahun perempuan. Kalau sedang menstruasi awal2 saya selalu diare. Apa ada hubungannya dok dengan kondisi usus saya? Atau ini tanda kondisi tertentu yang lain dok?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Banyak wanita mengalami masalah BAB saat mereka menstruasi. Mungkin bukan sesuatu yang serius. Namun, Anda perlu temui dokter ginekologi untuk memastikan Anda tidak punya kondisi seperti endometriosis. Jika diare tidak kunjung hilang, Anda bisa konsultasi ke dokter bedah kolorektal atau dokter gastroenterologi dan mungkin kolonoskopi dianjurkan untuk mengecek kondisi yang menyebabkan masalah ini.

MuRnie SiRegar menulis 1 tahun lalu
Dok suami saya mengalami kadang klw BAB dia keluar darah seger,sebelum kotoran keluar darah y yg Luan keluar .itu bagaimana dok.
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Jika darahnya berwarna merah segar, kemungkinan dia menderita ambeien. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal untuk memastikan diagnosis dan untuk memastikan bahwa tidak ada penyebab lain dari perdarahan. Kolonoskopi mungkin diperlukan. Jika perdarahan pasti dari ambeien, kemungkinan pengobatannya berkisar dari pengobatan, prosedur sederhana seperti injeksi skleroterapi, ligasi gelang karet, HET atau operasi.

MuRnie SiRegar menulis 1 tahun lalu
Dok,saya mw nny,apakah klw usus buntu bisa smbuh tanpa operasi,soalnya saya kemarin konsultasi ke spesialis kandungan ,Krn perut sebelah kiri bawah saya nyri.
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Perawatan yang biasa disarankan untuk radang usus buntu adalah pembedahan. Apendiktomi Laparoskopi adalah operasi yang sangat umum dan aman dengan hasil yang sangat baik. Beberapa pasien diobati dengan antibiotik dalam keadaan yang tidak biasa, tetapi ini bukan pengobatan yang disarankan secara umum. Jika rasa sakitnya pasti dari usus buntu, saya akan menyarankan Anda untuk menjalani operasi dini.

Ryan Cheukok menulis 1 tahun lalu

Kanker rektum apa bisa di oprasi di angkat tumor nya

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Jawabannya iya. Kanker rektum dapat disembuhkan dengan mengangkat tumor. Ini terutama jika stadiumnya stadium 1 atau stadium 2. Bahkan kanker stadium 3 dapat disembuhkan tetapi persentase kesembuhannya lebih sedikit. Namun, tergantung pada stadiumnya, perawatan tambahan seperti radioterapi dan kemoterapi mungkin diperlukan. Jika Anda mengenal seseorang dengan kanker rektum, saya sarankan pasien untuk menemui dokter bedah kolorektal, mendapatkan pemeriksaan yang tepat dan perawatan lebih awal. Kanker bisa disembuhkan jika ditangani sejak dini.

Sapta yuniarti menulis 1 tahun lalu

dok saya mau tanya..setelah 2 bln melahirkan knpa BAB saya masih keras trus kalau BAB sakit dan kadang keluar darah…pdahal saya sudah makan sayur, buah dan minum bnyak air putih

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ada kemungkinan Anda mengalami fisura ani. Hal ini dapat terjadi setelah kehamilan ketika pasien mengalami tinja keras yang dapat melukai anus. Ini akan membutuhkan obat-obatan atau terkadang operasi untuk mengobatinya. Akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter bedah Kolorektal untuk diagnosis yang tepat.

Munuk Sawiji menulis 1 tahun lalu

Pagi dok mau tnya yg disbut radang usus gejalanya gmn… sya perut perih udh 3 hari dan BAB panas.. apa termasuk tanda radang usus

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Mungkin ada beberapa penyebab gejala Anda. Ini mungkin infeksi yang sembuh sendiri yang tidak memerlukan perawatan apa pun. Sebaiknya berkonsultasi dengan ahli gastroenterologi atau ahli bedah kolorektal untuk diagnosis yang tepat.

Galih Prasetya menulis 1 tahun lalu
Dok bgmn ngobati ambeien yg berdarah kalalu BAB sakit apa mesti oprasi?
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Penyebab umum perdarahan saat buang air besar yang berhubungan dengan nyeri adalah fisura ani. Ambeien biasanya tidak nyeri kecuali jika trombosis atau bengkak. Fisura ani adalah robekan pada kulit anus dan biasanya sangat menyakitkan. Perawatan fisura ani berbeda dengan perawatan ambeien. Ada beberapa obat yang dapat membantu, tetapi kasus yang parah dapat ditangani dengan operasi. Pembedahan biasanya memerlukan pemotongan sedikit otot sfingter anus untuk melepaskan ketegangan pada anus. Anda harus berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal untuk diagnosis yang tepat sehingga perawatan yang tepat dapat dilakukan.

Abdurahman menulis 1 tahun lalu
Selamat malam dokter. Ibu saya umur 66 tahun kalau BAB ada cairan berbau spt minyak. Itu kenapa ya
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ini bukan gejala yang umum. Sebaiknya temui dokter bedah kolorektal atau dokter saluran pencernaan dan kolonoskopi mungkin dibutuhkan untuk memastikan tidak ada masalah serius.

Wardiyani menulis 1 tahun lalu
Halo dokter. BAB saya kecil dan ada lendirnya. Saya gak banyak makan berminyak padhal. Knepa ya dok? Saya perempuan umur 42
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Keluarnya lendir dengan tinja kecil merupakan gejala yang perlu ditangani dengan serius. Anda memerlukan kolonoskopi untuk memastikan tidak ada penyebab yang serius. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter saluran pencernaan (gastroenterologi) atau dokter bedah kolorektal untuk diagnosis yang tepat dan perawatan yang tepat.

Ridho Noor Rachman menulis 1 tahun lalu
Dok, om saya umur 67 tahun kadang dari anus keluar cairan cokelat dok tapi bukan tinja dan berbau, penyakit apa dok?
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Sebaiknya pada usia seperti ini, Anda harus membawa paman Anda menemui dokter bedah kolorektal atau dokter saluran pencernaan (gastroenterologi) untuk pemeriksaan dan diagnosis yang tepat. Kolonoskopi mungkin diperlukan untuk memastikan bahwa tidak ada penyebab serius lainnya.

Tya agustina menulis 1 tahun lalu

Dok saya mau tanya habis melahirkan 3 bulan saya terkena gerd dan asam lambung padahal sebelum sebelum nya saya tidak punya riwayat magh ,gara gara minum es buah jadi gerd ,terus d endoskopi hasinya asam lambhng ,gastritis erosif,dan klep otot lemah ,tapi tiap malam di area pusar saya seperti ada yg gerak2 kaya bayi ,apakah jika usus atau bagian yang lain nya bermasalah bisa mempengaruhi lambung dok dan membuat produksinya meningkat? Pdhl saya jarang sekali minum teh kopi gorengan atau pun mie instan

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Setelah hamil, ada kemungkinan masalah GERD berlanjut untuk sementara waktu. Paling baik diobati dengan obat-obatan seperti proton pump inhibitor atau H2 antagonist. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda sedang menyusui, apakah Anda bisa minum obat ini. Ada juga perubahan gaya hidup seperti tidak makan malam terlalu larut dan menjadikan makan malam sebagai makanan yang lebih ringan. Mungkin juga stres saat merawat bayi yang baru lahir memperburuk gejala Anda.

Ridwansyah menulis 1 tahun lalu

Halo dok mau nanya. Bapak saya umur 78 tahun sdh 2 minggu gak BAB tapi perutnya sakit terus. Jadi susah makan juga. Saya mau kasih obat pencahar tapi takut dok karena bapak sudah tua. Baiknya gmn ya dok?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Pada usia 78 tahun, yang terbaik adalah membawanya ke dokter bedah kolorektal atau dokter gastroenterologi untuk pemeriksaan yang tepat. Ia mungkin memerlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti CT scan dan Kolonoskopi atau Gastroskopi. Penting untuk memastikan tidak ada masalah medis yang serius.

Muthmainnah menulis 1 tahun lalu

dokter saya hamil 34mgg. mempunyai riwayat operasi perianal fistula, dan kadang2 kambuh pecah terus sembuh kemudian kadang kambuh lagi. pertanyaan saya apakah sy bisa melahirkan secara normal ??

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ya, Anda bisa melahirkan secara normal jika fistula tidak terlalu dekat dengan vagina. Dokter kandungan Anda harus dapat menilai ini. Minta dia untuk memperhatikan fistula ini. Kedengarannya seperti fistula Anda belum sepenuhnya diobati dan kambuh. Mungkin, setelah Anda pulih dari persalinan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal untuk memeriksa kembali fistula Anda.

Aris munandar menulis 1 tahun lalu

saya ingin bertanya saya sulit BAB perut sebelah kanan saya terasa penuh dan sakit di bagian pusar..

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Gejalanya tidak terlalu spesifik atau menunjukkan masalah tertentu. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan dan diagnosis yang tepat

Muhliyana Juraida menulis 1 tahun lalu

Nanya dok saya sdh 4 tahun operasi batu empedu,knp selama 1 thn ini selalu skt dada pns tembus k belakang jantung tdk beraturan denyutnya apakah pengaruh dr operasi tsb

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Gejala Anda kemungkinan besar tidak disebabkan oleh operasi. Mungkin, Anda harus memeriksakan jantung dan paru-paru Anda. Kadang-kadang, mungkin juga karena refluks gastroesofageal. Ini dapat diobati dengan obat pengurang asam. Yang terbaik adalah menemui dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang tepat.

Lenny Yuliannna menulis 1 tahun lalu

Saya juga mau nanya dokter…

Aya sering susah BAB,, saya mules,, tapi pas saya k.toilet udh jongkok Ampe belasan menit GK keluar2.. jadi terkadang saya cuma dapet mulesnya doang . Udah gitu perut saya suka begah karena susah bab..dan

Saya selalu bisa menahan ketika hendak BAB.. sampai 1/ 2 hari..

Boleh tau itu kenapa ya ..?? Dn apakah itu tidak berbahaya ???

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Anda tidak menyebutkan usia Anda. Jika Anda berusia lebih dari 40 tahun, saya sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal atau dokter gastroenterologi untuk pemeriksaan. Anda mungkin memerlukan kolonoskopi untuk memeriksa masalah lain.

Daren Khorsyiah menulis 1 tahun lalu

Dok, saya kebiasaan nahan BAB sampai sekarang akhirnya jadi sembelit terus. Apa emg ini bahaya nahan BAB? Gimana mengatasi sembelit saya ini skg? Saya laki2 umur 43

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Menahan BAB tidak berbahaya. Namun, hal itu dapat menyebabkan masalah jangka panjang seperti sembelit yang meskipun tidak berbahaya, tetapi bisa sangat tidak nyaman dan menyusahkan. Kebiasaan ini terkadang sangat sulit untuk dihilangkan. Saya menyarankan agar Anda tidak menahan buang air besar lagi. Jika Anda merasa ingin, maka cobalah mencari toilet dan buang air besar. Minumlah cairan yang cukup dan konsumsi serat yang cukup tetapi jangan mengonsumsi serat berlebihan! Yang terbaik adalah mencoba untuk tidak menggunakan obat pencahar. Terlalu banyak obat pencahar akan kembali menjadi kebiasaan buruk dan Anda mungkin akan mengalami ketergantungan pada obat pencahar untuk buang air besar.

Ibnu Rasyid menulis 1 tahun lalu

Saya umur 45 tahun laki2 dok punya ambeien yg kambuh tiap abis makan pedes. Apa ada cara biar sembuh permanen?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ada beberapa pilihan yang tersedia. Namun, pilihan terbaik untuk penyembuhan jangka panjang tetap dengan operasi. Banyak pasien takut dioperasi. Tetapi ketidaknyamanan atau rasa sakit biasanya hanya terasa untuk waktu yang singkat dalam beberapa minggu. Setelahnya, banyak pasien yang senang karena sudah menjalani operasi.

Shel menulis 1 tahun lalu

Ibu saya berumur 75 tahun baru operasi usus pada Juni 2020. Namun sampai saat ini masih merasakan nyeri perut dan kencang

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Yang terbaik adalah membawa ibu Anda kembali untuk menemui dokter bedah yang mengoperasinya. Ada banyak penyebabnya dan mungkin atau mungkin tidak terkait dengan pembedahan atau patologi primer yang memerlukan pembedahan.

Edo menulis 1 tahun lalu

1 tahun terakhir saya ada ambeien, Seminggu ini rasanya lbh sakit dan gak mau hilang sendiri spt dulu. Apa perlu terus pakai obat aja atau udh harus operasi dok? Saya laki2 umur 37

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Anda harus berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal untuk diagnosis yang tepat. Anda mungkin mengalami fisura ani atau abses atau ambeien trombosis. Perawatan untuk setiap kondisi ini berbeda. Diagnosis yang tepat adalah kunci perawatan yang tepat.

Feni Wardiyan menulis 1 tahun lalu

Halo dok. Seminggu ini BAB kyak gak selesai. Perut keras terus tapi susah keluar. Mohon petunjuk dok. Wanita usia 35

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Gejala buang air besar yang tidak tuntas perlu lebih diperhatikan. Namun, penyebabnya berkisar dari penyebab serius hingga penyebab yang tidak terlalu serius. Pada usia 35 tahun, kemungkinan penyebabnya tidak terlalu serius. Namun, yang terbaik adalah mendapatkan konsultasi dan diagnosis yang tepat oleh dokter bedah kolorektal atau dokter gastroenterologi. Mungkin, yang diperlukan hanyalah peningkatan asupan cairan atau obat pencahar lembut untuk melunakkan tinja Anda. Tapi yang terbaik adalah mendapatkan pemeriksaan yang tepat terlebih dahulu.

Reda Nur Ningsih menulis 1 tahun lalu

Saya perempuan 41 tahun dua hari ini BAB berdarah. Itu knp ya dok dan gmn mengatasinya?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Penyebab paling umum dari pendarahan pada tinja adalah ambeien atau fisura ani. Pendarahan dari ambeien biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan berwarna merah segar. Terkadang darah bisa menetes dan terlihat seperti banyak pendarahan. Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Rafika menulis 1 tahun lalu

Saya punya ambeien dari lama sering keluar kalau BAB tapi tdk sakit. Cuma mengganggu saja bikin ngga nyaman. Apa perlu dilakukan penanganan dok?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Pengobatan ambeien atau wasir sebenarnya pengobatan toleransi gejala. Maksud saya, jika wasir mengganggu Anda dan membuat ketidaknyamanan tidak tertahankan, maka Anda dapat mencoba pilihan pengobatan yang biasanya berupa prosedur pembedahan. Namun, saya telah melihat banyak pasien yang memiliki gejala tetapi memilih untuk mentolerir gejala tersebut. Itu sangat tergantung pada preferensi individu. Penting untuk diketahui bahwa ambeien atau wasir tidak berubah menjadi kanker dan ukurannya tidak ‘tumbuh’ jika tidak ditangani. Tidak ada urgensi untuk mengobati wasir kecuali jika terjadi perdarahan aktif. Jadi jika Anda tidak keberatan dengan ketidaknyamanan ini, Anda bisa membiarkannya. Cara terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal yang dapat mendiskusikan pilihan pengobatan dengan Anda.

Hartanto menulis 1 tahun lalu

1 bulan ini BAB saya keras. Memang saya sedang program naikin berat badan. Saya makan nasi lebih banyak dan sayur lebih banyak juga. Kalau BAB kotoran saya susah keluar sampai sakit di anus. Dok, apa ini salah makan aja atau ada masalah di usus?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Tampaknya hal ini mungkin terjadi karena perubahan pola makan Anda. Penting juga untuk minum cukup cairan saat Anda meningkatkan asupan serat. Terlalu banyak serat juga tidak dianjurkan. Anda mungkin mengalami fisura ani yang menyebabkan nyeri di anus. Temui dokter bedah kolorektal untuk diagnosis yang akurat dan perawatan yang tepat dapat diberikan.

Sunarti Made menulis 1 tahun lalu

Boleh tanya soal sakit ambien. Setelah ke blakang gang mau masuk sendiri hrs dibantu. Apa obat nya ia dokter

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Anda menderita ambeien prolaps. Biasanya tidak ada obat yang bisa menyembuhkannya. Obat dapat membantu jika bengkak atau nyeri. Yang terbaik adalah mendorong ambeien kembali ke dalam anus saat sudah keluar. Prolaps kecil dapat diobati dengan ligasi gelang karet. Namun, pengobatan prolaps yang lebih besar biasanya dengan pembedahan. Anda harus mendapatkan pemeriksaan yang tepat oleh dokter bedah kolorektal yang dapat memberi saran lebih lanjut.

Tuti Widiawati menulis 1 tahun lalu

Suami saya umur 57 tahun kena radang usus. Sedang diobati pakai steroid. Pertanyaannya apa bisa sembuh hanya dengan steroid dok? Apa perlu dioperasi? Suami saya ga mau makan, diare, dan berat badannya turun terus. Tolong infonya ya dok

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Sepertinya suami Anda menderita penyakit radang usus seperti Ulcerative Colitis atau penyakit Crohns. Kedua penyakit ini membutuhkan pengobatan yang berkepanjangan. Obat seperti steroid sebenarnya tidak menyembuhkan peradangan, tetapi membantu mengontrol peradangan. Ada juga obat-obatan baru yang dapat digunakan sebagai pengganti steroid karena penggunaan steroid jangka panjang dapat memberi efek samping. Pembedahan diindikasikan pada beberapa, tetapi tidak semua, pasien dengan kolitis ulserativa. Pembedahan pada penyakit Crohns biasanya hanya dilakukan pada komplikasi Crohns seperti perforasi, obstruksi. Anda harus berkonsultasi dengan dokter gastroenterologi yang berpengalaman dalam pengobatan Penyakit Radang Usus. Terkadang penyakit ini sulit diobati.

Yudi Fardian menulis 1 tahun lalu

Selamat pagi dokter. Apa normal perut sakit saat ngejan BAB kalau saya habis operasi batu empedu? Mohon saran dok.

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Tidak biasanya terjadi sakit perut. Namun, jika operasi Anda baru-baru ini dilakukan, bisa jadi karena saat Anda mengejan untuk buang air besar, luka operasi Anda tegang. Anda harus kembali bertanya kepada dokter bedah Anda apakah ada penyebab lain dari rasa sakit ini.

Eli menulis 1 tahun lalu

Halo dok. Nama saya Eli usia 29 tahun perempuan. Saya BAB keras dan pas keluar warnanya agak merah. apa ini pendarahan dok? Apa obatnya?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Tinja yang keras cukup umum terjadi dan jika sangat keras, hal itu dapat menyebabkan ‘robekan’ pada saluran anus yang disebut fisura ani. Robekan ini terkadang bisa berdarah dan menyebabkan perdarahan saat buang air besar. Feses normal dengan darah di permukaan feses. Namun, ‘Kotoran Merah’ tidak umum dan biasanya terkait dengan sesuatu yang Anda makan. Cara terbaik adalah mengambil gambar ‘kotoran merah’ dan kemudian berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal atau gastroenterologi.

Yani menulis 1 tahun lalu

Dok, kakek saya umur 76 tahun punya masalah BAB berdarah. Awalnya waktu baru awal2 ke dokter umum hanya dikasih obat biasa biar nggak diare. Tapi gak ada perubahan. Sebaiknya apa yang kami sekeluarga harus lakukan?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Pada usia 76 tahun, pendarahan pada tinja harus ditanggapi dengan serius. Saya menyarankan agar Anda membawanya menemui dokter bedah kolorektal atau dokter gastroenterologi untuk pemeriksaan yang tepat. Dia mungkin membutuhkan kolonoskopi untuk memeriksa masalah serius seperti tumor atau infeksi parah.

Sandra B menulis 1 tahun lalu

Selamat siang dok. Suami saya usia 63 baru operasi tumor rektum. Setelah di angkat tumornya, BAB suami saya jadi sakit. Apa ini wajar?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ada beberapa alasan mengapa buang air besar terasa sakit. Alasan sederhananya adalah fisura ani yang bisa terjadi setelah sering buang air besar. Kemungkinan lain adalah penyempitan pada anastomosis atau tempat rektum bergabung kembali. Ini akan membutuhkan perawatan yang lebih khusus. Sebaiknya bawa dia kembali untuk menemui dokter bedah kolorektal yang mengoperasi dia untuk mendapatkan pendapat.

Dela Nurjati menulis 1 tahun lalu

Saya perempuan usia 28 tahun. Ada benjolan bernanah dekat anus saya dok. Bagaimana mengatasinya?

Dela Nurjati menulis 1 tahun lalu

Saya perempuan usia 28 tahun. Ada benjolan bernanah dekat anus saya dok. Bagaimana mengatasinya?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Sepertinya Anda mengalami abses peri-anal. Ini biasanya dikaitkan dengan fistula ani. Pengobatan abses adalah pembedahan untuk mengeluarkan nanah. Selama operasi, dokter bedah dapat mencari fistula ani dan jika ada, prosedur dapat dilakukan untuk menangani fistula pada saat yang bersamaan. Penting bahwa ahli bedah yang melakukan operasi memiliki pengalaman karena mungkin ada efeknya pada kontinensia.

Bagaskara Triatno menulis 1 tahun lalu

Pak dokter, bagaimana cara mengobati ambeien yang sudah berdarah? Saya sudah berkali-kali minum obat tapi masih sering berdarah lagi

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Jika ambeien Anda masih mengeluarkan darah, penting untuk berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal untuk memastikan bahwa pendarahan tersebut berasal dari wasir dan bukan dari sumber lain. Jika tidak ada sumber lain, mungkin ada baiknya mempertimbangkan metode lain untuk menangani perdarahan. Pertama, penting untuk memastikan tinja yang lembut dan besar dan hindari tinja yang keras. Ada juga beberapa makanan seperti makanan pedas dan alkohol yang dapat memicu pendarahan. Ada prosedur sederhana seperti ligasi gelang karet ambeien, suntikan ambeienyang bisa dengan mudah dilakukan di kantor. Ada juga prosedur yang tidak terlalu invasif seperti perawatan HET yang ‘memanaskan ambeien hingga 55 derajat C’. Ini akan membutuhkan sedikit obat penenang, tetapi setelah itu, hanya sedikit rasa sakit. Semua prosedur ini hanya untuk ambeien yang tidak terlalu serius. Untuk ambeien yang lebih besar, pembedahan mungkin harus dipertimbangkan. Pembedahan termasuk haemorrhoidectomy staples, haemorrhoidectomy eksisi.

Kiara Amelia menulis 1 tahun lalu

Selamat siang. Saya ingin tanya tentang batu empedu. Saya punya batu empedu tapi katanya masih kecil dan hanya dikasih obat. Apa batu empedu bisa hilang dengan obat?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Batu empedu yang tidak menimbulkan gejala atau tidak menyebabkan rasa sakit atau gejala lainnya cukup umum terjadi. Sering kali, batu asimtomatik tidak perlu diobati kecuali ada gejalanya. Ukuran batu tidak penting. Faktanya, batu kecil cenderung lebih menimbulkan masalah dibandingkan batu besar. Batu kecil dapat keluar dari kantung empedu dan menyebabkan penyumbatan saluran empedu. Ini lebih rumit untuk ditangani. Ini kemudian akan membutuhkan dua operasi – ERCP yang merupakan ruang lingkup khusus untuk menghilangkan batu saluran empedu. Kemudian dilanjutkan dengan Kolesistektomi Laparoskopi atau pengangkatan Kantung Empedu menggunakan operasi lubang kunci untuk mengangkat kantung empedu bersama dengan batunya. Batu empedu biasanya tidak bisa disembuhkan dengan obat-obatan saja.

Fajar menulis 1 tahun lalu

Halo dokter. Mohon saran bagaimana mengobati radang usus? Saya laki-laki umur 50 tahun

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Peradangan usus adalah istilah yang sangat luas dari banyak penyebab. Penting untuk menentukan penyebab peradangan sebelum pengobatan yang tepat diberikan. Peradangan akibat infeksi bakteri diobati dengan antibiotik. Peradangan akibat penyakit radang usus seperti Ulcerative Colitis atau penyakit Crohns memerlukan pengobatan khusus dan biasanya pengobatan jangka panjang. Saya menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal atau dokter gastroenterologi untuk diagnosis yang akurat.

SUPRIYANTO menulis 1 tahun lalu

Selamat pagi..bapak saya tidak bisa BAB sudah hampir 5 bulan dan sekarang bisa BAB pun sedikit dan itu terasa sakit banget..kata dokter ambeien dalam.rasanya sakitnya minta ampun(puanas banget)…sudah berobat le rumahsakit tpi belom ada bedanya..gimana ya dok solusinya.. Terimakasih

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ada kemungkinan ayah Anda mengalami fisura ani. Ambeien internal biasanya tidak menimbulkan banyak rasa sakit. Penting juga untuk memastikan bahwa tidak ada hal lain yang lebih serius yang menyebabkan rasa sakit. Mohon bawa dia menemui dokter bedah kolorektal untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. Terima kasih.

Emma menulis 1 tahun lalu

Ayah saya BAB lewat stoma belakangan stomanya suka mampet. Bagaimana ngatasinnya dok?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Penyumbatan stoma dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti penyempitan di pembukaan atau hernia paracolostomy. Sebaiknya Anda membawanya kembali ke ahli bedah yang melakukan stoma untuk pemeriksaan yang akurat dan untuk memastikan bahwa tidak ada penyebab lain untuk penyumbatan ini.

Ojan menulis 1 tahun lalu

Dok, di anus saya ada benjolan yang berdarah. Untuk duduk aja sakit. Apa yg harus saya lakukan? Usia saya 66 tahun laki-laki

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ini mungkin ambeien thrombosis atau abses dari fisura ani. Namun, pada usia 66 tahun, penting untuk memastikan bahwa tidak ada yang lebih serius. Anda harus berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Nunung Decha Potabuga menulis 1 tahun lalu

Permisi dokter saya mo tanya saya ada batu empedu sudah di USG sama doter kata dokter hanya satu tapi sudah besar saya mo tanya sama dokter apa bisa hanya minum obat saja supya bisa hancur..mohon penjelasan dari dokter

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Batu empedu yang tidak menimbulkan gejala atau tidak pernah menyebabkan rasa sakit atau gejala lainnya cukup umum terjadi. Sering kali, batu asimtomatik tidak perlu diobati kecuali ada gejalanya. Ukuran batu tidak penting. Faktanya, batu kecil cenderung lebih menimbulkan masalah dibandingkan batu besar. Batu kecil dapat keluar dari kantung empedu dan menyebabkan penyumbatan saluran empedu. Ini menjadi lebih rumit untuk ditangani. Ini kemudian akan membutuhkan dua operasi – ERCP yang merupakan ruang lingkup khusus untuk menghilangkan batu saluran empedu. Kemudian dilanjutkan dengan Kolesistektomi Laparoskopi atau pengangkatan kantung empedu menggunakan operasi lubang kunci untuk mengangkat kantung empedu bersama dengan batunya. Batu empedu biasanya tidak bisa disembuhkan dengan obat-obatan saja.

Wardhani menulis 1 tahun lalu

Saya wanita usia 42thn. Anus saya seperti mengeluarkan nanah dan rasanya gatal dan sakit. Penyakit apa ini dok?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Sepertinya Anda mengalami abses peri-anal. Ini biasanya dikaitkan dengan fistula ani. Pengobatan abses adalah pembedahan untuk mengeluarkan nanah. Selama operasi, dokter bedah dapat mencari fistula ani dan jika ada, prosedur dapat dilakukan untuk menangani fistula pada saat yang bersamaan. Penting bahwa dokter bedah yang melakukan operasi memiliki pengalaman karena mungkin ada efeknya pada kontinensia.

Reza Mafhuri menulis 1 tahun lalu

Halo dok, saya laki2 umur 50 tahun. Di anus saya kayak ada daging tumbuh. Kalau mengejan saat BAB sakit nyut-nyutan. Apa itu ambeien?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ini mungkin ambeien thrombosis atau abses dari fisura ani. Namun, pada usia 50 tahun, penting untuk memastikan bahwa tidak ada yang lebih serius. Anda harus berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Zainal Asikin menulis 1 tahun lalu

Halo dok. Di usus besar kaka saya ada tumor. Sudah diangkat. Tapi kenapa masih susah makan, sering muntah? Terus dari anusnya kadang berdarah saat BAB? Apa yg harus dilakukan?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ada beberapa kemungkinan penyebab untuk ini. Mungkin ada adhesi yang menyebabkan beberapa derajat penyumbatan. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter bedah yang mengoperasi saudara Anda. Mungkin, pemeriksaan lebih lanjut diperlukan seperti CT scan untuk memberikan gambaran yang lebih baik tentang penyebabnya. Perlu dicatat juga, jika tumor yang diderita saudara Anda adalah kanker di usus besarnya, maka paling penting bagi Anda dan saudara Anda yang lain untuk menjalani skrining kolonoskopi. Ini untuk mendeteksi dan menghilangkan polip, jika ada, untuk mengurangi kemungkinan Anda juga terkena tumor / kanker. Skrining kolonoskopi paling penting pada kerabat tingkat pertama (saudara laki-laki, saudara perempuan, anak-anak) pasien dengan kanker usus besar.

Harry menulis 1 tahun lalu

Saya py wasir, tapi udah sembuh, tpi kenapa saat selesai bab, itu muncul lg, sakit engk, tpi merasa engk nyaman, itu solusi harus gmna ya

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Jika ambeien tidak terlalu besar, prosedur sederhana seperti ‘Ligasi Gelang Karet’ dapat dilakukan. Prosedur ini dapat dilakukan di kantor tanpa memerlukan anestesi. Ada juga prosedur yang lebih baru seperti HET (Terapi Energi Panas untuk Ambeien). Prosedur ini, bagaimanapun, akan membutuhkan sedikit obat penenang.

Prosedur sederhana, bagaimanapun, hanya dapat digunakan untuk ambeien yang lebih kecil. Tingkat kekambuhan juga lebih tinggi. Namun, prosedurnya tidak besar dan waktu pemulihannya lebih cepat dan dengan sedikit rasa sakit.

Ambeien yang lebih besar memerlukan prosedur bedah seperti ‘Eksisi Hemoroidekomi’ di mana ambeien diangkat melalui pembedahan dan ‘Hemoroidektomi Stapel’ di mana ambeien diangkat menggunakan alat stapler. Kedua prosedur ini membutuhkan anestesi, baik anestesi regional maupun total. Pemulihan juga lebih lama dan ada beberapa rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait dalam fase pemulihan. Meskipun sudah dioperasi, ada kemungkinan kambuh, tingkat kekambuhan berkurang jika kebiasaan buang air besar yang baik dipertahankan. Sehingga ada kemungkinan ‘menyembuhkan’ ambeien dengan operasi.

Mario menulis 1 tahun lalu

Dok, saya habis operasi fistula ani 2 bulan lalu. Sekarang anus dan perut saya sakit. Apa ini normal kalo abis operasi?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Operasi untuk fistula ani tidak mungkin menimbulkan rasa sakit di perut Anda. Terkadang, pereda nyeri yang Anda konsumsi setelah operasi dapat mempengaruhi perut. Yang terbaik adalah Anda menemui dokter bedah Anda sehingga dia dapat memeriksa Anda dan memberi diagnosis yang tepat.

Meliana menulis 1 tahun lalu

Halo dok, saya wanita umur 33 tahun. Saya sedang hamil 7 bulan. Saya pengen lahiran normal dok, tapi di anus saya ada ambeien yang sakit banget. Kalau saya ngejan, rasanya sakit kadang berdarah. Saya sudah minum obat tapi gak ada perubahan. Mohon masukan dok bagaimana agar ambeien ini gak ganggu lahiran saya nanti

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ambeien (wasir) selama kehamilan cukup umum dan terkadang bisa menyebabkan banyak ketidaknyamanan dan rasa sakit. Saat Anda berada dalam tahap lanjut kehamilan, yang terbaik adalah menghindari operasi. Anda bisa mengobati ambeien dengan salep. Terkadang, mandi air hangat bisa membuat Anda lega. Anda masih bisa melahirkan secara normal, tetapi mengejan saat melahirkan dapat memperburuk ambeien. Pembedahan bisa dilakukan setelah melahirkan.

Nur Maidah menulis 1 tahun lalu

Dok, saya punya abses di anus yang berdarah dan bernanah. Saya sudah pakai salep dan antibiotik tapi blm hilang juga. Bagaimana ngatasinnya dok?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Penanganan terbaik untuk abses adalah operasi untuk mengeluarkan nanah. Anda harus berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal yang berpengalaman untuk ini. Seringkali, abses dikaitkan dengan fistula ani. Jika fistula ditemukan dan ditangani pada saat yang sama, tingkat kekambuhan abses berkurang. Namun, penting untuk memastikan dokter bedah Anda berpengalaman karena mungkin ada risiko kontinensia atau kontrol anus.

Afizah menulis 1 tahun lalu

Habis melahirkan sekarang kalau BAB perih. Apa normal dok?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ada kemungkinan Anda mengalami fisura ani. Hal ini terjadi terutama bila ada tinja yang keras. Kemungkinan lain adalah rasa sakit itu berasal dari luka episiotomi yang sedang pulih. Episiotomi adalah sayatan yang dibuat di dalam vagina selama persalinan jika bayinya besar. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal untuk diagnosis yang akurat.

Theo Arif menulis 1 tahun lalu

Dok saya mau tanya kenapa BAB saya hitam sekali dan ada darahnya? Perut saya juga sakit banget. Terima kasih penjelasannya. Saya laki2 43 tahun

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Jika Anda memiliki tinja hitam dengan darah, saya sarankan Anda segera berkonsultasi dengan dokter bedah pencernaan atau gastroenterolog. Anda mungkin mengalami perdarahan di saluran usus dan mungkin memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Tes darah sederhana dapat menunjukkan apakah Anda kehilangan darah. Anda mungkin memerlukan endoskopi – Gastroskopi dan Kolonoskopi untuk memastikan bahwa Anda tidak memiliki sumber pendarahan.

Clarissa menulis 1 tahun lalu

Setelah melahirkan kenapa perut bawah saya kayak ada tonjolan gitu ya dok? Apa ini hernia?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Bisa jadi itu bukan hernia dan dinding perut kendur akibat regangan kehamilan. Hernia adalah kelainan pada otot/selubung dinding perut. Anda harus berkonsultasi dengan dokter bedah untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Kadang-kadang, USG otot dinding perut dapat membantu diagnosis. Namun, seringkali pemeriksaan fisik yang baik oleh dokter bedah berpengalaman sudah cukup.

Fauziah menulis 1 tahun lalu

Saya didiagnosa batu empedu dok. Saya mau tanya apa penyebab penyakit ini? Pola makan saya sehat padahal, saya nggak minum alkohol atau makan banyak gorengan. Saya jg gak doyan pedes

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Batu empedu cukup umum terjadi. Sebelumnya, dokter mengira batu empedu disebabkan oleh peningkatan kolesterol, lemak, ketidakseimbangan hormon. Namun, saat ini, batu empedu sangat umum sehingga kita tidak benar-benar tahu mengapa beberapa orang memilikinya. Tidak ada cara pasti untuk mencegah batu empedu.

Sering kali Batu empedu hanya didiagnosis jika ada gejala akut seperti nyeri ulu hati. Batu empedu juga dapat ditemukan secara kebetulan saat pasien menjalani USG karena alasan lain. Biasanya, jika tidak ada gejala (batu empedu asimtomatik) dapat diperhatikan dulu. Namun, jika gejala seperti nyeri berkembang, maka pembedahan dianjurkan.

Operasi untuk batu empedu biasanya dengan ‘operasi lubang kunci’. Operasi ini disebut Kolesistektomi Laparoskopi atau Pengangkatan Batu Empedu Laparoskopi bersama dengan Kantung Empedu. Karena sayatan kecil, pasien sembuh dengan cepat.

Ada beberapa solusi yang mungkin Anda baca di internet. Banyak pasien bertanya kepada saya apakah dengan mengonsumsi minyak zaitun dan apel atau jus anggur batu-batu itu bisa hilang. Ini tidak terbukti sama sekali.

Jika Anda ingin memeriksa apakah Anda memiliki batu empedu, Anda dapat melakukan pemeriksaan USG Kantung Empedu. Namun, jika Anda tidak memiliki gejala apa pun, mungkin lebih baik untuk mengamatinya dulu dan menjalani operasi hanya jika Anda mengalami gejala.

Adel Karlina menulis 1 tahun lalu

Selamat siang dok. Saya punya ambeien dan masalah sembelit. Kalo saya minum obat pencahar apa akan berdampak parah pada ambeien saya?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Sembelit kemungkinan merupakan penyebab yang memperburuk ambeien Anda. Jika Anda meredakan sembelit dan mengurangi ketegangan saat buang air besar, ambeien (wasir) kemungkinan akan membaik. Mengambil pelunak feses untuk memastikan tinja tidak keras sangat membantu. Namun, Anda tidak boleh mengonsumsi terlalu banyak obat pencahar sampai tinja menjadi longgar atau Anda mengalami diare. Diare akan memperburuk ambeien. Cobalah mencapai feses berbentuk pisang yang bagus, besar, dan lembut yang tidak keras dan Anda tidak terlalu mengejan saat buang air besar.

Puspa menulis 1 tahun lalu

Saya mau tanya dok. Saya sedang menjalani pengobatan kanker payudara stadium 2. Belakangan BAB saya berdarah tapi gak sakit. Apa ini karena efek samping terapi? Sebaiknya saya minum obat atau saya endoskopi langsung aja dok?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ada banyak penyebab perdarahan. Mulai dari ambeien hingga sesuatu yang lebih serius atau bahkan efek samping dari perawatan Anda. Anda harus berkonsultasi dengan ahli onkologi dan juga dokter bedah kolorektal atau dokter gastroenterologi. Jika gejalanya mencurigakan, saya akan merekomendasikan kolonoskopi untuk memastikan tidak ada penyebab serius lainnya.

Ragil Trisnojaya menulis 1 tahun lalu

Dok, apa polip usus bisa berubah menjadi kanker?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Jawaban singkat yang sederhana adalah iya. Namun, polip adalah istilah yang sangat umum dan jawabannya tidak sesederhana itu. Ada banyak jenis polip. Bahkan dalam tipe sel tertentu, ada kriteria lain yang membuatnya berisiko tinggi atau rendah untuk berubah menjadi kanker. Ukuran polip juga penting karena polip yang lebih besar memiliki peluang lebih tinggi untuk menjadi kanker. Yang terbaik adalah menemui dokter bedah kolorektal atau dokter gastroenterologi yang berpengalaman untuk mendiskusikan hal ini dengan Anda untuk memberikan jawaban yang akurat.

Nunung Decha Potabuga menulis 1 tahun lalu

Hallo dokter saya mo bertanya..klw batu empedu yg tunggal tpi sudah besar apakah bisa di obati dengan obat"Tan mohon penjelasan dri dokter

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Secara umum obat tidak berguna untuk menyembuhkan batu empedu. Tidak mungkin obat dapat menyembuhkan satu batu empedu besar. Jika mencari di internet, ada beberapa rekomendasi mengonsumsi minyak zaitun dan jus anggur atau berbagai ramuan lainnya. Menurut pengalaman saya, ini tidak berhasil. Batu empedu dapat diamati tanpa pengobatan atau dirawat dengan operasi, Kolesistektomi Laparoskopi atau Pengangkatan Kantung Empedu Laparoskopi, jika ada gejala.

Batu empedu yang tidak memberikan gejala atau tidak pernah memberikan rasa sakit atau gejala lainnya cukup umum terjadi. Sering kali, batu asimtomatik tidak perlu ditangani kecuali ada gejalanya. Namun, Anda harus waspada bahwa batu dapat menyebabkan nyeri atau gejala akut secara tiba-tiba kapan saja.

Ukuran batu tidak penting. Malah, batu kecil cenderung lebih menimbulkan masalah dibandingkan batu besar. Batu kecil dapat keluar dari kantung empedu dan menyebabkan penyumbatan saluran empedu. Ini lebih rumit untuk dirawat. Ini kemudian akan membutuhkan dua operasi – ERCP yang merupakan ruang lingkup khusus untuk menghilangkan batu saluran empedu. Kemudian dilanjutkan dengan Kolesistektomi Laparoskopi atau pengangkatan kandung empedu menggunakan operasi lubang kunci untuk mengangkat Kantung Empedu bersama dengan batunya. Batu empedu biasanya tidak bisa disembuhkan dengan obat-obatan saja.

Shelni menulis 1 tahun lalu

Dok, apakah fistula ani bisa menyebabkan inkontinensia feses? Saya pernah operasi fistula ani. Saya mau tanya apakah ada kemungkinan untuk inkontinensia dan kalau ada bagaimana mencegahnya?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ada kemungkinan pembedahan untuk fistula ani dapat meningkatkan inkontinensia. Ini karena fistula biasanya melintasi kompleks sfingter ani. Penting untuk mendapatkan ahli bedah kolorektal yang berpengalaman untuk memeriksa dan melakukan operasi.

Sisi Nuariah menulis 1 tahun lalu

Kakek saya umur hampir 80 tahun punya masalah ambeien dan osteoporosis. Saya mau minta pendapat dokter, apa di usia segitu sebaiknya ambeiennya dioperasi? Kalau kumat untuk tiduran aja dia sakit dok

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Faktor umur saja mestinya tidak menghalangi operasi. Ada banyak faktor lain yang harus dipertimbangkan. Saya pernah mengoperasi pasien berumur 97 tahun yang kini sembuh. Saya sarankan Anda membawa beliau ke dokter bedah kolorektal untuk mencari operasi penanganan terbaik. Dan, tidak perlu khawatir hanya karena umur.

Robert Pandinaran menulis 1 tahun lalu

Halo dokter, izin bertanya. Saya punya wasir sekarang sudah diobati pake salep. Tapi kalo pake salep saya ga nyaman karena makin sakit. Kira2 bagaimana ya dok? Apa obat minum cukup ampuh?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Salep seperti balsem sebaiknya tidak digunakan terlalu lama di daerah anus. Ada beberapa salep/krim yang tersedia untuk ambeien. Jika Anda berniat untuk menggunakan ini untuk waktu yang lama, maka Anda harus memeriksa dan menghindari salep dengan steroid di dalamnya karena penggunaan steroid jangka panjang dapat menimbulkan komplikasi. Akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal dan mendapatkan masukan jika ada pilihan pengobatan lain yang tersedia untuk Anda.

Mustar Affian menulis 1 tahun lalu

Sembelit tapi ada demam tinggi juga itu kenapa ya dok?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Biasanya tidak ada korelasi antara sembelit dan demam. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal atau gastroenterologi untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Datu Enik menulis 1 tahun lalu

Assalamualaikum.dok z mengalami sakit perut sebelah kiri.klw mau tarik napas sakit.begitu jg mau kasih turun napas.mohon solusihx

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ada banyak penyebab sakit perut. Banyak faktor termasuk usia, jenis kelamin, jenis nyeri, gejala terkait, dll. yang perlu dipertimbangkan. Tes lebih lanjut mungkin perlu dipertimbangkan. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter bedah atau gastroenterologi untuk penilaian yang tepat.

Timi Nendar menulis 1 tahun lalu

Dok kalau habis pasang mesh hernia perlu istirahat berapa lama sebelum saya boleh olahraga angkat beban lagi?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Kekuatan perbaikan hernia tidak langsung terjadi setelah operasi hernia. Penting bagi Anda untuk istirahat yang cukup dan menahan diri tidak membawa beban berat dan latihan fisik yang berat selama sekitar 6 minggu setelah operasi agar luka sembuh dan agar perbaikan menjadi kuat. Ini juga dapat membantu mengurangi kekambuhan.

Irma menulis 1 tahun lalu

Pagi dok.

Saya ingin mewakilkan ayah saya yg sudah setahun terakhir kalau bab cair, dan dalam sehari bisa sampai belasan kali bolak balik ke kamar mandi.

Sebulan terakhir malah bagian perut kalau dipegang sakit luar biasa…

Itu kira kira kenapa ya dok?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ketika orang tua memiliki gejala apapun, selalu penting baginya mendapatkan diagnosis yang tepat. Harap bawa ayah Anda ke dokter gastroenterologi atau dokter bedah kolorektal untuk pemeriksaan yang tepat.

Irmawanti Irma menulis 1 tahun lalu

Dok saya ad riwayat asam lambung.perut bagian kanan pusar kadang tidak nyaman.bab setiap pagi sekali sehari.sering buang angin rasa tidak nyaman diperut sedikit hilang.bab saya kadang diare sedang ataupun sembelit tidak pernah berdarah.yg saya cemaskan usus saya bermasalah gak ya dok.saya takut sekali🙏

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Anda mungkin hanya memiliki usus yang sensitif. Namun, selalu penting untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Anda mungkin memerlukan kolonoskopi. Saya akan menyarankan Anda menemui dokter gastroenterologi atau dokter bedah kolorektal untuk diagnosis yang tepat, terutama karena Anda khawatir dan takut.

Darwin menulis 1 tahun lalu

Halo Dok, kakak perempuan saya 40 tahun sering sakit perut dan BAB nya berdarah karena ada polip di usus besar. Kami sekeluarga sedang bujuk dia supaya mau operasi. Dia takut karena punya penyumbatan jantung juga. Pertanyaan saya dok apa operasi polip usus akan berpengaruh ke jantungnya?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Jika dia memiliki polip usus besar yang terlalu besar untuk diangkat dengan kolonoskopi, dia harus menjalani operasi. Polip yang besar mungkin merupakan kanker kolorektal. Dengan fasilitas medis modern, risiko pembedahan dapat diminimalkan, bahkan jika ada penyumbatan di jantungnya. Penting untuk mendapatkan tim dokter yang baik dan berpengalaman untuk bekerja sama dan menjaganya selama masa operasi.

Sadam Farizzi menulis 1 tahun lalu

Selamat siang dok. Lubang anus saya merah dan bengkak terus ada benjolan di bagian dalamnya. Itu kenapa ya? Rasanya sakit dan gak nyaman

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Anda mungkin menderita wasir atau abses. Keduanya bisa diobati dengan mudah dengan operasi. Silakan berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal untuk mendapatkan masukan.

Rima Marwanti menulis 1 tahun lalu

Habis operasi ambeien di sekitar anus malah jadi gatal. Apa normal dok?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Biasanya timbul rasa gatal setelah operasi saat luka operasi sedang dalam proses penyembuhan. Beri waktu dan akan membaik setelah lukanya sembuh total.

Dewi menulis 1 tahun lalu

Saya izin bertanya dok, saya Dewi umur 49 tahun. Saya punya ambeien udah dioperasi sekali terus kambuh lg. Habis itu saya pakai obat salep tapi malah alergi pada merah gatel di sekitar anus. Belakangan mulai berdarah lagi. Apa saya harus operasi lagi? Tapi gmn kalo nanti kambuh lagi? Atau ada tips biar habis operasi ambeien saya ngga kambuh?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Sebaiknya Anda menjalani pemeriksaan yang tepat. Jika Anda sensitif terhadap salep, Anda dapat mempertimbangkan pilihan lain seperti operasi atau prosedur lainnya. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter bedah kolorektal untuk mendiskusikan pilihan Anda. Ada banyak pilihan yang tersedia dan bahkan operasi berulang dapat meredakan gejala dengan baik.

Hendro menulis 1 tahun lalu

Usia saya 27 tahun jenis klamin laki2 keluhan saya kalo makan pedes langsung sakit perut dan pasti BAB tapi BAB dikit dan merah, stelahnya anus saya jadi panas, selalu begitu. Kira2 apa penyebabnya dok? Dan apa benar makan pedes banyak2 bisa bikin sakit usus buntu?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Makanan pedas bisa mengiritasi lambung dan juga memicu buang air besar pada beberapa orang. Makanan pedas juga bisa menyebabkan rasa gatal dan iritasi pada anus. Saran saya adalah menghindari makanan pedas selama beberapa minggu dan lihat apakah gejala Anda membaik. Jika gejalanya membaik, maka Anda akan tahu bahwa makanan pedaslah yang menjadi penyebabnya. Dengan pengetahuan itu, Anda kemudian dapat membuat keputusan apakah akan menghindari makanan pedas atau tidak, atau jika Anda menikmati makanan pedas, Anda harus siap untuk menderita dan mentolerir gejalanya.

Mila menulis 1 tahun lalu

Usia saya 31 th, saya menderita batu empedu, dan di dalam pemeriksaan laboratorium nilai SGOT n SGPT saya tinggi, tapi disini saya tidak mengalami keluhan apa pun selain saya mudah caper, jadi sekarang saya harus bagaimana dokter ??

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Tergantung seberapa tinggi level SGOT dan SGPT. Batu empedu biasanya tidak menyebabkan tingginya enzim hati kecuali jika ada infeksi atau ada penyumbatan pada saluran empedu. Kadar SGOT dan SGPT yang meningkat mungkin disebabkan oleh penyebab lain. Batu empedu juga tidak menyebabkan kelelahan. Akan lebih baik untuk menemui dokter bedah atau dokter gastroenterologi untuk membuat penilaian yang tepat.

Fran Ardinanto menulis 1 tahun lalu

Pas ngejan BAB perut kiri dari pusar ke bawah kayak keras dan sakit. Kalo berdiri terus juga sakit dan harus duduk atau rebahan dulu beberapa menit. Apa ini tanda hernia?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Biasanya, ada pembengkakan (atau benjolan) yang berhubungan dengan hernia. Ini menjadi lebih jelas saat Anda mengejan, batuk, atau berdiri. Pembengkakan ini juga biasanya mengecil atau menghilang (berkurang) saat Anda berbaring. Ini adalah tanda-tanda khas hernia. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter bedah untuk mengetahui apakah Anda benar-benar menderita hernia. Kebanyakan hernia bisa ditangani. Saat ini, Perbaikan Hernia Laparoskopi bisa dilakukan. Ini adalah operasi ‘lubang kunci’. Akan lebih baik jika Anda berhenti mengejan keras saat buang air besar.

Manda menulis 1 tahun lalu

Selamat siang dok. Adik saya udah operasi usus buntu bulan lalu terus sekarang kok di situ sakit lagi ya? Mencret2 juga. Kira2 apa sebabnya?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ada beberapa kemungkinan yang bisa saya pikirkan. Nyeri bisa jadi nyeri pasca operasi yang umum terasa pada luka. Ini terjadi saat pasien mulai aktif. Namun, ada juga kemungkinan yang lebih serius. Salah satu kemungkinannya adalah infeksi pasca operasi. Terutama, pada pasien dengan peradangan usus buntu yang parah, mungkin ada beberapa peradangan/infeksi sisa. Kadang-kadang, mungkin ada penyebab lain dari nyeri asli yang belum diatasi.

Diare bisa jadi karena penggunaan antibiotik yang berkepanjangan. Ini adalah diare terkait antibiotik, di mana antibiotik telah menggantikan ‘bakteri baik’ di usus yang memungkinkan pertumbuhan berlebih dari ‘bakteri jahat’.

Seperti pada gejala apapun yang terjadi setelah operasi. Akan lebih baik jika Anda membawa adik Anda kembali untuk menemui dokter bedah yang mengoperasinya. Dokter bedah ini berada dalam posisi terbaik untuk menasihati Anda.

Deddy Ramadhona menulis 1 tahun lalu

dokter saya mau tanya, org tua saya sakit di usus sdh 7 bulan setiap makan sakit perut nya, terkadang BAB berdarah, awal di cek endos dan kolonos polip rektik. mohon apa ya obat nya pak dokter.

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Akan lebih baik jika Anda memberikan laporan hasil endoskopi dan kolonoskopi yang lebih akurat. Nyeri setelah makan terkadang bisa disebabkan oleh batu empedu. USG kantung empedu dapat dengan mudah dilakukan untuk memeriksa batu empedu. Ada beberapa penyebab pendarahan pada tinja. Penyebab sederhana seperti ambeien bisa menyebabkan pendarahan. Tetapi penting untuk memastikan bahwa tidak ada penyebab lain. Saya berasumsi bahwa polip rektal telah diangkat melalui kolonoskopi. Jika hasil histologi menunjukkan hasil yang tidak serius, tidak perlu khawatir. Bergantung pada hasil pastinya, kolonoskopi ulang mungkin diperlukan dalam beberapa tahun.

Ardika Pratama menulis 1 tahun lalu

Dok mau nanya, sembelit saya sering kambuh. Kalo lagi kambuh bisa dua minggu tdk BAB. Biasanya biar keluar BAB nya saya minum jus pepaya pake lemon. Cuma kalo saya nggak minum itu kambuh lagi sembelitnya. Apa gapapa dok kalo saya minum jus terus? Saya khawatir masalahnya ada di usus saya

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Jus buah seperti pepaya dan lemon dapat dikonsumsi secara teratur. Namun, tergantung pada usia Anda, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal atau gastroenterologi untuk memeriksa mengapa Anda mengalami sembelit. Jika sembelit Anda baru terjadi, Anda mungkin memerlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti kolonoskopi.

Riswanto menulis 1 tahun lalu

Dok saya pernah operasi ambeien tapi malah kambuh lagi dan makin tambah parah , benjolannya susah masuk…ada yg menyarankan operasi dgn metode bipolar tech , apakah sy msih bisa operasi kedua kalinya ?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Jika wasir kambuh, masih memungkinkan untuk menjalani operasi lagi. Namun, penting untuk tidak membuang terlalu banyak mukosa dubur karena dapat menimbulkan bekas luka dan striktur. Saya tidak terbiasa dengan ‘operasi teknologi bipolar’. Namun, kedengarannya seperti menggunakan tang bipolar untuk memotong tumpukan. Ini hanyalah mode lain dari perangkat bedah tetapi prinsip dasarnya tetap – dan itu tidak membuang terlalu banyak mukosa dubur. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal yang berpengalaman.

Laeliana menulis 1 tahun lalu

Makanan apa untuk mengobati sembelit?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Sembelit kronis adalah kondisi yang relatif umum. Ini biasanya muncul dari kebiasaan buruk. Penting untuk minum air yang cukup, pola makan yang sehat dengan serat yang cukup, dan olahraga teratur. Penting juga untuk tidak menahan feses terlalu lama karena feses akan mengeras dan menyulitkan Anda untuk buang air besar setelahnya. Sebaiknya juga tidak mengonsumsi obat pencahar. Jika gejala Anda baru-baru ini, akan lebih baik menemui dokter gastroenterologi atau dokter bedah kolorektal untuk memastikan bahwa tidak ada penyebab serius lainnya.

Faiz menulis 1 tahun lalu

Saya punya ambeien sakit sekali. Udh pernah operasi sekali 3 tahun lalu. Apa boleh operasi 2x?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ya, operasi bisa dilakukan dua kali, bila perlu. Jika ambeien tidak terlalu besar, prosedur sederhana seperti ‘Ligasi Gelang Karet’ dapat dilakukan. Prosedur ini dapat dilakukan di klinik tanpa memerlukan anestesi. Ada juga prosedur yang lebih baru seperti HET (Terapi Energi Panas untuk Wasir). Prosedur ini, bagaimanapun, akan membutuhkan beberapa obat penenang. Prosedur sederhana, bagaimanapun, hanya dapat digunakan untuk ambeien atau wasir yang lebih kecil. Tingkat kekambuhan juga lebih tinggi. Namun, prosedurnya tidak besar dan waktu pemulihannya lebih cepat dan dengan sedikit rasa sakit. Wasir yang lebih besar memerlukan prosedur bedah seperti ‘Eksisi Hemoroidekomi’ di mana wasir diangkat melalui pembedahan dan ‘Hemoroidektomi Stapel’ di mana wasir diangkat menggunakan alat stapler. Kedua prosedur ini memerlukan anestesi, baik anestesi regional maupun total. Pemulihan juga lebih lama dan ada beberapa rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait dalam fase pemulihan. Meskipun setelah operasi, ada kemungkinan kambuh, tingkat kekambuhan berkurang jika kebiasaan buang air besar yang baik dipertahankan. Sehingga ada kemungkinan ‘menyembuhkan’ wasir dengan operasi.

Risdiyanto Eko menulis 1 tahun lalu

Maaf dokter saya mau nanya .saya habs oprasi ambeyen tp dh hampir 2 bln ini sering kluar cairan bercmpur lendir kdang drah dan maaf seperti bab encer dan itupun tak bs terkontrol apalagi ktika buang angin .mohon penjelasanya dr dokter .terima kasih

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Gejala tersebut bukanlah gejala umum. Saya menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal untuk memeriksa Anda dengan benar dan untuk mendapatkan diagnosis yang akurat. Kemungkinan luka belum sembuh atau ada penyebab lain dari gejalanya.

Santi menulis 1 tahun lalu

Halo dokter, saya izin bertanya, suami saya sembelit udh lama, udh kolonoskopi tp gak ada penyakit apa2, cuma akhirnya suami saya minum obat pencahar. Setelah maaf kotorannya keluar, tapi ada darahnya dan anus suami saya katanya sakit habis BAB. Mohon saran dok, apa ini normal? Apa yg mesti suami saya lakukan?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Ada kemungkinan perdarahan tersebut disebabkan oleh wasir atau fisura ani. Ini karena tinja yang tegang dan keras. Ia harus minum cairan yang cukup dan memastikan bahwa tidak ada kotoran yang keras. Jika perlu, obat pencahar lembut seperti laktulosa dapat membantu. Yang terbaik adalah menghindari obat pencahar yang kuat. Mintalah pendapat dari dokter bedah kolorektal

Nurandini menulis 1 tahun lalu

Selamat sore, dok. Saya mau tanya apa hernia juga ada gejala demam sama batuk? Di perut suami saya ada tonjolan memerah dan sakit kalau berdiri atau gerak. Saya khawatir hernia. Tapi dia jg punya batuk sama demam. Mohon jawabannya dok

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Hernia adalah pembengkakan melalui kerusakan pada dinding perut. Biasanya tidak disertai demam dan batuk. Batuk, bagaimanapun, dapat menyebabkan hernia menonjol dan membesar. Suami Anda mungkin menderita dua penyakit berbeda. Dia mungkin benar-benar mengalami abses yang membutuhkan perhatian segera. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter bedah untuk mendapatkan diagnosis yang akurat.

Asra Anindito menulis 1 tahun lalu

Bapak saya punya hernia. Umurnya 63 tahun. Saat ini juga sedang rutin cuci darah. Apa aman dok buat operasi hernia?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Mengingat dialisisnya, ini mungkin bukan jawaban yang langsung. Jika hernia tercekik atau terhalang, operasi pasti harus dilakukan. Jika hernia mudah direduksi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter bedah dan Anda dapat mendiskusikan pro dan kontra menjalani operasi dan risikonya.

Nurhasanah menulis 1 tahun lalu

Saya punya batu empedu, tapi masih kecil dan sedikit. Mau tanya dok, jika masih belum parah, gimana caranya ngecilin atau ngurangin? Saya khawatir tambah besar dan banyak kalo saya diemin

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Batu empedu yang tidak memberikan gejala atau tidak pernah memberikan rasa sakit atau gejala lainnya cukup umum terjadi. Sering kali, batu asimtomatik tidak perlu diobati kecuali ada gejalanya. Ukuran batu tidak penting. Malah, batu kecil cenderung lebih menimbulkan masalah dibandingkan batu besar. Batu kecil dapat keluar dari kantung empedu dan menyebabkan penyumbatan saluran empedu. Ini lebih rumit untuk dirawat. Ini kemudian akan membutuhkan dua operasi – ERCP yang merupakan ruang lingkup khusus untuk menghilangkan batu saluran empedu. Kemudian dilanjutkan dengan kolesistektomi laparoskopi atau pengangkatan kantung empedu menggunakan operasi lubang kunci untuk mengangkat kantung empedu bersama dengan batunya. Batu empedu biasanya tidak bisa disembuhkan dengan obat-obatan saja.

Meisy menulis 1 tahun lalu

Dok, apa penyakit megakolon masih bisa diobati biar nggak perlu pasang stoma?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 1 tahun lalu

Megacolon bukanlah penyakit yang umum. Ada beberapa jenis megakolon. Jika itu adalah megakolon toksik, pasien sakit parah dan membutuhkan pembedahan darurat. Sering kali stoma mungkin diperlukan tetapi terkadang ini dapat diperbaiki ketika penyakit akut telah membaik. Ada pasien dengan sembelit kronis dan megakolon. Pembedahan untuk ini mungkin tidak memerlukan stoma.

David menulis 1 tahun lalu

Perut saya belakangan sering melilit tengah malem rasa mau BAB tapi kotoran nggak keluar. Umur saya 34 tahun laki2. Apa yg harus saya lakukan?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Mungkin ada beberapa penyebab untuk gejala ini. Apa yang Anda jelaskan adalah kolik usus. Ini bisa disebabkan oleh infeksi ringan. Namun, penyebab mekanis seperti gangguan perlekatan mungkin harus dipertimbangkan jika Anda pernah menjalani operasi sebelumnya. Jika Anda ingin buang air besar tetapi tidak ada tinja yang keluar, Anda mungkin memerlukan kolonoskopi. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter bedah pencernaan.

Ismarsiah menulis 1 tahun lalu

Saya iis perempuan 48 tahun. Saya punya ambeien yang besar banget dan berdarah. Sudah 2 minggu ini kambuh. Saya udah pernah operasi ambeien sebelumnya. Mohon dok infonya apa ada operasi yg lebih efektif?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Wasir terkadang bisa kambuh setelah operasi. Akan lebih baik jika berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal. Terkadang bila sudah meradang, bisa diobati dengan obat terlebih dahulu. Pembedahan dapat dilakukan kembali meskipun Anda pernah menjalani pembedahan sebelumnya. Wasir perlu diperiksa sebelum Anda membahas opsi pengobatan yang akurat.

Anton menulis 1 tahun lalu

Saya diare sudah 3 minggu perut panas terus dan anus sakit. Mohon masukan saya harus gimana dok? Apa ada makanan yang gak boleh?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Diare akan mengiritasi anus karena penggunaan berulang. Saya akan menyarankan Anda untuk menghindari makanan berminyak dan makanan pedas. Yang terbaik adalah makan makanan hambar seperti bubur selama beberapa hari sampai diare Anda membaik. Anda mungkin juga ingin mencoba beberapa probiotik. Jika diare Anda terus berlanjut dan gejala Anda memburuk, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Meta menulis 1 tahun lalu

Ambeien saya bukan cuma keluar darah tapi ada nanah juga. Perih, gatal, berbau juga. Mohon dok pencerahannya, apa yg harus saya lakuin buat ngobatin ini? Saya sudah minum obat gak mempan

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Ada kemungkinan Anda mengalami abses anus dan fistula ani. Ini mungkin bukan ambeien. Abses anus biasanya membutuhkan pembedahan untuk pengobatannya. Saya akan menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal untuk diagnosis yang tepat.

Mesi menulis 1 tahun lalu

Dok umur sya 22 sudah punya ank , 3 thun lalu sya trkena ambein , sudah oprasi bru 3 minggu lalu dan sudh 3 hri ini ambein polip sya kembali lagi ( kumat) bnjolan nya sama sperti sbelum nya kecil , dok apakh sya hrus oprasi ulng untuk mnghilangkn benjoln nya , dan apakah ambein polip bisa sembuh scara tuntas. Dan tidak kmbali lagi dengn oprasi ulang

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Saya menyarankan Anda untuk menunggu sebentar dan tidak terburu-buru melakukan operasi. Terkadang setelah operasi, terjadi pembengkakan yang akan membaik setelah beberapa minggu tanpa operasi sebelum Anda memutuskan tindakan selanjutnya.

Sri Wahyuni menulis 1 tahun lalu

Dokter saya punya ambeien grade 3. Kata teman saya grade 3 udah harus operasi. Apa benar? Kalau iya harus dioperasi pembedahannya apa berisiko? Berapa lama penyembuhannya?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Pengobatan ambeien adalah pengobatan toleransi gejala. Jika seorang pasien menderita ambeien stadium 3, dan itu tidak mengganggunya, tidak diperlukan pengobatan. Jika mengganggunya, dia dapat mempertimbangkan untuk dioperasi. Ada beberapa perawatan bedah yang tersedia seperti hemoroidektomi staples atau hemoroidektomi eksisi. Yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal dan mendapatkan saran yang sesuai setelah dia memeriksa Anda.

Rasmi menulis 1 tahun lalu
Halo dok mau tanya saya hampir seminggu susah BAB kadang sampe lemes muntah itu knp ya? Saya perempuan dok umur 49
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Gejalanya sangat umum. Sembelit tidak menyebabkan lemas. Ada kemungkinan Anda mengalami infeksi ringan. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dokter dapat menilai gejala Anda dan mendapatkan diagnosis yang tepat.

Leyllanii menulis 12 bulan lalu

Bapak saya umur 58 tahun BAB berdarah sudah 3 hari. Mohon info dok apa obatnya?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Pendarahan saat buang air besar bisa timbul dari beberapa penyebab. Jika darahnya adalah darah merah segar, pendarahan tersebut bisa timbul dari wasir atau fisura ani. Ini terjadi karena tinja mengiritasi saluran anus dan wasir dan fisura bisa berdarah. Jika darah berwarna lebih gelap dan bercampur dengan tinja, maka sumber pendarahan dari usus besar perlu dipertimbangkan. Mungkin ada radang usus besar yang menyebabkan darah. Penyebab peradangan tersering biasanya adalah infeksi seperti ‘keracunan makanan’ atau ‘gastroenteritis’. Biasanya, pasien mungkin juga merasa tidak enak badan dengan infeksi dan memiliki gejala lain seperti demam dan mual. Darah yang bercampur dalam tinja juga bisa menjadi tanda perdarahan dari divertikuli atau mungkin tumor. Pada usia 58 tahun dengan gejala buang air besar yang baru-baru ini terjadi, penting untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan memastikan tidak ada kondisi serius yang menyebabkan gejalanya. Saya menyarankan Anda membawanya untuk berkonsultasi dengan dokter gastroenterologi atau dokter bedah kolorektal untuk pemeriksaan. Dia mungkin memerlukan tes seperti tes darah, tes feses dan kolonoskopi.

Aini menulis 12 bulan lalu

Saya ada benjolan diluar anus setelah melahirakan anak pertama,tapi akhir2 ini kalo BABnya keras benjolan itu ikut keras Dan sakit perih tapi kadang sembuh,tapi kambuh seperti itu lagi kalo BABnya keras…itu termasuk abean parah atau bagaimana mohon penjelasnnya

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Ada kemungkinan Anda menderita ambeien atau fisura ani dengan ambeien sentinel. Anda perlu menemui dokter bedah kolorektal untuk diperiksa dan mendapatkan diagnosis yang tepat. Penting juga untuk menghindari feses keras dengan minum cairan yang cukup dan mengonsumsi serat yang cukup.

Yanah Ajh menulis 12 bulan lalu

sy mu brtanya mertua sy udh lama bngt g bisa bab di bwa krumah skit cuma berobat jln kmrrn trkhir hsil leb bgus smua pas udh di rumah mertua sy kerasa lg sprti da benjolan ktnya yg berjalan perut nya membesar dan keras klo kncing suka ngompol trus krna bnyk bngt kencing nya

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Anda tidak memberikan informasi apa pun tentang pemeriksaan apa yang dia lakukan. Apakah dia menjalani kolonoskopi, CT scan, dll? Lebih baik membawanya kembali ke dokter, sebaiknya ke dokter bedah kolorektal, sehingga penilaian yang tepat dapat dilakukan. Ini mungkin termasuk kolonoskopi dan CT scan.

Indah menulis 12 bulan lalu

Dok habis operasi angkat tumor kolon suami saya ngeluh perutnya sakit dan BAB diare terus. Sudah seminggu.

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Jika pembedahan baru saja dilakukan (sekitar seminggu), Anda bisa harapkan perubahan pada tinja. Ini akan membaik setelah beberapa saat. Ini juga akan tergantung pada seberapa banyak usus yang dikeluarkan selama operasi. Saya akan menunggu selama beberapa bulan dan tinja kemungkinan besar akan membaik. Ini mungkin juga membaik setelah dia mulai makan dengan normal.

Indra menulis 12 bulan lalu

Kalau ayah saya semasa hidup punya kanker kolorektal, apa yang bisa saya lakukan untuk mencegahnya? Usia saya 29 tahun, laki-laki

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Anggota keluarga tingkat pertama dari pasien kanker kolorektal berisiko lebih tinggi terkena kanker. Apalagi jika pasien menderita kanker kolorektal sebelum usia 60 tahun. Direkomendasikan bagi anggota keluarga tingkat pertama untuk menjalani skrining kolonoskopi mulai usia 40 tahun. Ini harus diulang setiap 5 tahun jika tidak ada polip yang ditemukan, atau lebih awal tergantung pada berapa banyak dan jenis polipnya. Jika ada gejala, pertimbangan akan dibuat apakah akan menjalani kolonoskopi lebih dini atau tidak.

Danu Hadi menulis 12 bulan lalu

Apa radang usus besar bisa jadi kanker usus besar dok?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Ada peradangan usus besar tertentu seperti kolitis ulseratif yang dapat menjadi predisposisi kanker. Peradangan usus besar umum seperti keracunan makanan atau infeksi biasanya tidak menjadi predisposisi kanker.

Pritania menulis 12 bulan lalu

Makanan apa yg harus dihindari kalau BAB berdarah dok?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Penting untuk mengetahui penyebab perdarahan terlebih dahulu. Perdarahan yang mencurigakan harus diselidiki lebih lanjut. Jika tidak ada penyebab lain yang ditemukan, penting untuk mengonsumsi serat dan cairan yang cukup untuk memastikan kebiasaan buang air besar yang baik.

Harun menulis 12 bulan lalu

Dok, ambeien grade 2 apa bisa diobati minum obat?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Ambeien grade 2 bahkan bisa disembuhkan dengan pola makan yang benar, asupan cairan yang cukup dan kebiasaan buang air besar yang baik. Pengobatan atau prosedur kecil seperti injeksi atau ligasi ambeien juga dapat membantu.

Yadi menulis 12 bulan lalu

Halo dokter. Saya Yadi, umur 58. Saya pernah operasi polip usus dok 2 tahun lalu. Di tengah tahun ini saya ngerasa gejala yang sama kayak waktu itu. Tapi BAB saya normal (dulu pas ada polip saya sembelit parah). Mohon saran dok, apa sebaiknya saya periksa sekarang aja? Apa polip usus bisa kambuh?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Polip bisa kambuh. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal atau gastroenterologi dan menjalani kolonoskopi.

Femi menulis 12 bulan lalu

Dok habis melahirkan kalau BAB saya selalu merasa anus panas kayak kebakar. Itu kenapa? Bahaya gak ya? Saya wanita umur 32

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Ada kemungkinan Anda mengalami fisura ani. Ini adalah luka di saluran anus. Anda juga bisa menderita ambeien. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Abdallaah menulis 12 bulan lalu

Bentol di daerah lubang pantat berasa perih ringan bahaya atau tidak dok

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Jika ini terjadi secara tiba-tiba dan baru-baru ini, Anda mungkin menderita ambeien eksternal yang trombosis. Ini adalah gumpalan darah dan biasanya akan sembuh dalam beberapa minggu tanpa perlu pengobatan. Mungkin juga ini adalah abses. Abses membutuhkan perawatan bedah. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal untuk diagnosis yang tepat.

Nurhayati Athied menulis 12 bulan lalu

sy blkangan ini kalo bAB knapa sllu keras dan sy jdi Serbah slah di saat mau Mengedan pas BAB nya…kalo Nda mengedan Pup nya Nda mau keluar…tapi kalo sy Mengedan Krna pup nya Keras…biasa Jdi Berdarah Dok…dan slse BAB…psti Sekitar lubang Anus sy itu Perih Dok…apakah itu Ambeyen Parah atau gmna Dok???

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Pendarahan saat buang air besar bisa timbul dari beberapa penyebab. Jika darahnya adalah darah segar berwarna merah, pendarahan tersebut bisa timbul dari ambeien atau fisura ani. Ini terjadi karena tinja mengiritasi saluran anus dan ambeien dan fisura bisa berdarah. Jika darah berwarna lebih gelap dan bercampur dengan tinja, maka sumber pendarahan dari usus besar perlu dipertimbangkan. Darah yang bercampur dalam tinja juga bisa menjadi tanda perdarahan dari divertikuli atau mungkin tumor. Anda tidak menyebutkan usia Anda. Jika Anda berusia di atas 50 tahun dengan gejala buang air besar terjadi baru-baru ini, penting untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan memastikan bahwa tidak ada kondisi serius yang menyebabkan gejala Anda. Saya menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter gastroenterologi atau dokter bedah kolorektal untuk pemeriksaan. Anda mungkin memerlukan tes seperti tes darah, tes feses dan kolonoskopi.

Diana dee menulis 12 bulan lalu

Mlm . Suami aq 7 bulan yg lalu pernah operasi ambeiyen .

Nanh sekarang knp ky ada benjolan kecil dan tidak nyaman apa kah itu skin tag ?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Ini bisa jadi sisa skin tag. Skin tag terkadang sulit untuk dihilangkan seluruhnya. Cara terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter bedah yang melakukan operasi untuk mendapatkan pendapatnya.

Rifan Ibrahim menulis 12 bulan lalu

Dok apa kanker kolorektal stadium 1 masih bisa disembuhin tanpa kemoterapi, operasi aja? Dan apa yang harus dilakukan biar gak kambuh setelah operasi?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Ya, kanker kolorektal Stadium 1 dapat disembuhkan dengan pembedahan saja, tanpa perlu kemoterapi atau radioterapi. Angka kesembuhan melebihi 95% hingga 98%. Kemungkinan kambuh sangat rendah (<2% hingga 5%). Namun, kanker baru bisa muncul. Oleh karena itu, disarankan agar melakukan tindak lanjut yang ketat hingga 5 tahun dengan kolonoskopi dan pemindaian. Setelah 5 tahun, kolonoskopi rutin disarankan, setidaknya sekali setiap 5 tahun.

Risti menulis 12 bulan lalu

Selamat pagi dok. Suami saya menderita hernia. Awalnya di perut bawah aja. Terus kami urut. Dia sempat membaik. Tapi sekarang satu buah zakarnya membesar dan turun. Saya sedang berusaha ajak dia operasi. Dia khawatir buah zakarnya akan dibuang kalo operasi. Apa benar begitu? Dan kalo udah operasi apa kemungkinan kambuh masih ada?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Testis dan tali pusat adalah struktur yang diupayakan oleh dokter bedah dengan operasi hernia. Maksudnya bukan untuk menghilangkan testis. Namun, dalam keadaan yang jarang terjadi, misalnya hernia besar berulang pada pria yang lebih tua, mungkin ada pertimbangan untuk mengangkat testis. Saya tekankan lagi, ini adalah keadaan yang jarang terjadi dan biasanya testisnya dipreservasi. Sayangnya, hernia bisa kambuh setelah operasi. Tingkat kekambuhan akan tergantung pada beberapa faktor termasuk ukuran hernia, faktor yang memberatkan setelah operasi seperti batuk berulang, membawa beban berat dll. Jenis prosedur dan pengalaman dokter bedah juga merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan.

Egi menulis 12 bulan lalu
Dokter saya Egi, perempuan umur 40 thn, saya mengidap Autoimun Sjogren dan sekarang ada kemungkinan terkena Autoimun IBD atau Autoimun Chron juga (sedang diobservasi oleh Dokter spesialispenyakit  dalam KAI , karena terdapat benjolan di rektum, jika dimasukan jari posisinya ada di 7 cm didalam anus. saya belum melakukan kolonoskopi, pagi ini BAB saya berwarna merah, jam 7 pagi dan jam 9 pagi, saya baru mau melakukan tes feces lengkap. Yang mau saya tanyakan apakah saya harus melakukan operasi pengangkatan usus, jika ada benjolan di rektum 7cm (sekitar sepanjang telunjuknya dokter bedah) dari ujung luar anus Dok?
dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Yang paling penting adalah menetapkan dengan tepat apa ‘benjolan’ ini. Tes tinja mungkin tidak memberi Anda jawabannya. Kolonoskopi dan biopsi akan memberikan gambaran terbaik tentang apa sebenarnya ‘benjolan’ itu. Jika itu kanker, ada pilihan pengobatan.

Ishadi menulis 12 bulan lalu

Dok, saya Ishadi laki2 umur 39 tahun. Sudah dua minggu saya sembelit. Kalo saya BAB sekali-kali rasanya sakit banget. Kenapa ya dok? Bagaimana mengobatinya?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Ada kemungkinan Anda mengalami fisura ani. Ini adalah kondisi menyakitkan yang disebabkan oleh tinja yang keras pada pasien sembelit. Untuk mencegah feses keras, minum cukup cairan seperti air penting bersama dengan serat yang cukup. Serat yang berlebihan tidak baik karena menyebabkan kembung. Serat alami seperti sayur dan buah memang bagus. Suplemen serat bisa dibeli di apotek. Cobalah untuk tidak minum obat seperti pencahar. Jika harus, mulailah dengan jenis yang paling lembut. Hindari obat pencahar yang kuat karena setelah beberapa saat, obat pencahar yang kuat mungkin tidak berfungsi lagi dan Anda harus meningkatkan dosis dan tetap tidak akan berhasil. Yang terbaik adalah mencari penilaian dokter untuk mendapatkan masukan. Jika sembelit berlanjut, penting untuk memastikan bahwa Anda tidak mengalami penyumbatan usus akibat penyebab lain. Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk menilai ini. Dokter mungkin meminta Anda untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut seperti XRay, scan, dan kolonoskopi. Jika tidak ada penyebab lain yang ditemukan, maka Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk memperbaiki buang air besar Anda.

Maya menulis 12 bulan lalu

Saya Maya, 30 tahun, saya lagi hamil anak pertama 4 bulan dok. Tapi udh lebih 10 hari saya gak bisa BAB, kayak ketahan gak keluar kotorannya. Saya udah cek ke dokter kandungan, kehamilan saya baik-baik aja. Saya baca soal kolonoskopi tapi saya takut karena lagi hamil begini. Mohon saran dok.

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Sembelit cukup umum terjadi tanpa sebab yang serius selama kehamilan. Pada kasus yang jarang jarang, ini mungkin disebabkan oleh kondisi yang lebih serius. Umumnya, kolonoskopi tidak akan disarankan jika ada sembelit selama kehamilan kecuali ada faktor yang mencurigakan dalam riwayat dan presentasi klinis. Saya menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan ginekolog atau dokter gastroenterologi atau dokter bedah kolorektal untuk mendapatkan masukan. Terkadang, minum cukup cairan dan pencahar yang lembut dapat meredakan gejala Anda.

Dian menulis 12 bulan lalu

Selamat pagi dok. Nama saya Dian, perempuan, umur saya 36 tahun. Saya sudah 2 minggu BAB berdarah, darahnya gelap agak kehitaman. Dan kalau saya BAB perut saya sakit luar biasa dok, sampai lemas banget seluruh badan. Saya udah minum obat pereda nyeri tapi hanya mempan untuk beberapa jam aja. Saya sebisa mungkin hindari makanan berminyak dan makanan pedas, tapi kalau BAB sakitnya selalu ada. Mohon saran dok, apa yang sebaiknya saya lakukan?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Darah merah tua dengan sakit perut merupakan gejala yang harus Anda konsultasikan dengan dokter gastroenterologi atau dokter bedah kolorektal. Ini mungkin menunjukkan masalah di usus besar atau rektum. Tes lebih lanjut seperti kolonoskopi mungkin harus dilakukan. Jika darah Anda berwarna merah segar dan Anda tidak mengalami perubahan kebiasaan buang air besar dan tinja normal dan Anda tidak memiliki riwayat keluarga kanker usus besar, kemungkinan besar pendarahan tersebut berasal dari wasir atau fisura ani. Wasir mungkin tidak menimbulkan rasa sakit di daerah anus. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter dan memastikan bahwa dokter melakukan pemeriksaan anus dan proktoskopi. Jika tidak ada penyebab perdarahan yang ditemukan dan jika gejala terus berlanjut, meskipun tingkat kecurigaannya rendah karena usia Anda, saya mungkin mempertimbangkan untuk menyarankan kolonoskopi untuk menyingkirkan penyebab perdarahan lainnya.

Liza menulis 12 bulan lalu

Dok, ayah saya umur 55 didiagnosa punya ambeien grade 2 dan abses. Dia kalo BAB berdarah dan sakit kalau duduk. Pertanyaan saya, kalau dia operasi abses, apa ambeiennya juga harus dioperasi?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Masalah langsungnya adalah abses dan kemungkinan fistula ani yang umumnya terkait dengan abses. Yang terbaik adalah mengatasi kedua kondisi ini terlebih dahulu. Pengobatan ambeien bisa diatasi nanti.

Izza Limiq Almunir menulis 12 bulan lalu

Mo tnya dok.. Tmen sya klu bab kluar drah segar tp maaf dr mis v nya itu knp ya…..

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 12 bulan lalu

Ini tidak biasa. Sebaiknya bawa teman Anda ke ginekolog atau dokter bedah kolorektal. Jika gejalanya benar, ada kondisi yang tidak biasa yang disebut Fistula Rekto-Vaginal. Ini bukan kondisi umum dan sulit diobati. Namun, yang paling penting adalah mendapatkan diagnosis yang akurat.

Aris menulis 12 bulan lalu

Halo dok, nama saya Aris umur 40 tahun. Dua minggu ini saya mengalami sembelit dan perut rasanya panas kayak kebakar walaupun ga makan pedes. Saya coba makan buah2an tapi malah makin kembung. Perut saya kalo ditekan keras kaya batu. Apa yg harus saya lakukan dokter?

Zami menulis 12 bulan lalu

Saya Zami dok umur 49 tahun laki2. Saya diare lebih dari 2 minggu. Tiap BAB perut pasti keram banget. Kotoran saya juga gelap. Mohon saran pengobatannya

Kartika menulis 12 bulan lalu

Dok, apa menstruasi pengaruh ke ambeien? Saya kalo lagi mens ambeiennya sakit dan BAB berdarah. Umur saya 33 tahun. Apakah saya harus sembuhkan ambeien saya?

Ryan Cheukok menulis 12 bulan lalu

Saya tumor rektum apa bisa sembuh kembali

Nuki menulis 11 bulan lalu

Habis operasi ambeien saya kalo BAB panas. Itu knp ya dok?

Maysaroh menulis 11 bulan lalu

Suami tumor usus besar..bisa kah sembuh HBS oprasi

Rani menulis 11 bulan lalu

Asalamu’alaikum dok…sya mau bertanya…sudah lama sya susah bAB dok,,,baB cuma sedikit dan ga tuntas.. krna bAB sring ga tuntas jd perut sya sakit dok..mules sperti mau buang tp tidak bs kluar..kluar cm sdkit..tp kdang sakit bgt dibgian bawah pusar klo mules bgt dn bAb nya tidak lngsung nunggun brp jam bru kluar..dn akhirny mencret.. tp klo udh kluar hilang semua skit perutnya,..nanti ky gt lg dok… Itu gmn dok… Ap krn sya terkena wasir?

Siska menulis 11 bulan lalu

Dok, dua bulan lalu saya menjalani pengobatan ambeien. Selama dua bulan habis berobat ini anus saya gak kerasa sakit lagi. Tapi tadi pagi pas BAB saya ada darahnya merah terang. Tapi saya gak ngerasa sakit. Apa ini masih ada hubungannya dengan ambeien saya?

Ningsih menulis 11 bulan lalu

Anak saya masih 25 tahun tp udh ambeien berdarah dok. Apa ini normal? Apa semakin dewasa nanti bisa makin parah?

Dede Raihani menulis 11 bulan lalu

Suami saya habis operasi polip usus. Apa ada pantangan makanan supaya gak tumbuh lagi polipnya dok?

Dedi Hasmi menulis 11 bulan lalu

Dok, istri saya 54 tahun punya polip usus. Sudah dioperasi tapi saya takut apa bisa berubah jadi cancer?

Iskandar menulis 11 bulan lalu

Dok, anak saya umur 17 tahun habis operasi batu empedu malah sering sakit perut. Tolong kasih solusi dok

Febi Oktari menulis 11 bulan lalu

Sakit di perut bawah udh seminggu dan BAB keras kenapa ya

Adrian Maaruf menulis 11 bulan lalu

Dok, untuk ambeien bernanah itu stadium berapa dan bagaimana penanganannya?

syarifudin menulis 11 bulan lalu

Istri saya didiagnosa radang usus besar. Apa ada makanan yg harus dipantang dok untuk cegah ke depannya kambuh lagi?

Ranti Diah Novemelia menulis 11 bulan lalu

halo dok saya perempuan berusia 18 tahun ingin bertanya saya kan penderita wasir pada lubang anus saya ada daging kecil bisa dimasukkin terus kalo bab suka keluar dan bisa masuk dengan menggunakan tangan saya pernah pakek obat peluru dok pas mau dimasukkin ke lubang anus saya liat daging kecil itu keluar dok padahal udah saya masukkin setelah bab terus nggak ada aktifitas yang berat tapi pas mau dimasukkin obat pelurunya daging itu keluar sendiri dan itu berulang kali suka keluar sendiri menurut dokter bagaimana, dan saat ini bab saya keras dok kalau saya memaksakan keluar bab nya akan bahaya nggak apa ada saran yang bisa dokter berikan . Terima kasih

Fitri Purnamasari menulis 11 bulan lalu

Dok suami saya umur 42 tahun ambeien kambuh terus, udh operasi juga tapi msh kambuh

Cinta Reziana menulis 11 bulan lalu

Dok, udah 2 hari ini BAB saya spt berlendir spt ada nanah. Ini penyakit apa dok? Bagaimana ngobatinnya?

Efan Andriansyah Dasopang menulis 11 bulan lalu

Dokter saya ingin bertanya, ibu saya berusia 51 tahun. Mempunyai keluhan nyeri pada perut,susah BAB,terkadang BAB nya berdarah(segar),berar badan menurun akibat nafsu makannya berkurang. Terus konsultasi ke dokter disarankan untuk kolonoskopi. Dari hasil kolonoskopi ibu saya divonis colitis ulseratif. Sekarang lagi masa pengobatan. Akan tetapi meskipun minum obat perubahan nya belum ada. Lantas, bagaimana dokter solusi nya? Dan penyebab kolitis ulseratif itu kira-kira apa dok? Dan pola hidup seperti apa yang harua dilakukan ibu saya?

Terima kasih dokter.

Rezky menulis 11 bulan lalu

Dok, saya udah satu minggu diare. Anus panas kalo abis BAB. Saya udh coba gak makan pedes sama gorengan tp gak membaik. Mohon saran dok

Raesa menulis 11 bulan lalu

Berapa biaya berobat wasir dok?

Mario menulis 11 bulan lalu

Kakak perempuan saya umur 51 BAB berlendir dan ada darahnya udah 2 hari dok. Awalnya dia sempat sembelit 3 hari, tapi begitu bisa BAB lagi keluhannya jadi spt itu. Apa yg harus kami lakukan dok?

Fatwa menulis 11 bulan lalu

Di anus seperti ada bisul kalo saya BAB mau ngejan sakit dok. Bagaimana membedakan bisul anus yang berbahaya (tumor) dan yang tidak?

Ratna Dewi Wulandari menulis 11 bulan lalu

dokter, 9 bulan lalu saya operasi fistula ani. tetapi 1 minggu setelah operasi jahitannya merembes nanah bau busuk. kemudian sekarang jahitannya kering. tetapi fistulanya kambuh lagi. apakah di mount elizabeth hospital Singapore bisa menangani fistula ani dengan jaminan sembuh? saya sudah kesakitan begitu lama karena sakit ini. jika bisa, berapa kira kira biaya operasinya? terima kasih

Gunar menulis 11 bulan lalu

Dok, saya operasi abses minggu kemarin dan sekarang anus saya merah-merah dan gatal. Apa ini berarti penyakit saya masih ada?

Safitri Pertiwi menulis 11 bulan lalu

Sudah operasi batu empedu tapi perut masih suka sakit itu apa sebabnya dok

Agustan menulis 11 bulan lalu

Selamat siang dok. Saya sedang menjalani pengobatan radang usus, sudah 3 mingguan ini berobat. Selama pengobatan ini saya juga mengalami BAB berdarah kalo pagi. Apa ini efek samping pengobatan dok?

Mona menulis 11 bulan lalu

Belakangan perut bawah saya sebelah kiri sakit banget dok kalo kambuh sampe gak bisa bangun. Rasanya mulas kaya mau BAB tp ga bisa. Mohon saran dan solusi dok

Siti Nurmalasari menulis 11 bulan lalu

Dok apa jala hernia bisa rusak? Soalnya suami saya abis operasi hernia bulan lalu dan sekarang perut bawahnya agak bengkak dan sakit lagi

Putra menulis 11 bulan lalu

Apa yang harus saya lakukan dok supaya ambeien gak sering turun?

Husna menulis 11 bulan lalu

Selama 3 minggu ini saya sembelit, dan minum laxative yang lembut. Tapi dua hari belakangan perut saya mulas-mulas tapi BAB gak keluar. Apa ini efek laxative dok? Gimana mengatasi sembelit saya?

diah pasyah menulis 11 bulan lalu

halo dok, saya ingin bertanya, kalau kita punya ambeien apa harus di operasi atau menggunakan obat tradisinional? jika memakai obat tradisional, apa obatnya dok?

Candra menulis 11 bulan lalu

Dokter, batu empedu ukuran 0,5 cm apakah sudah perlu dioperasi?

Maesyaroh menulis 11 bulan lalu

Dok, BAB saya ada darah merah kental. Penyakit apa ini?

Siti agus koniah menulis 11 bulan lalu

Selamat sore dok.saya wanita 26 tahun.saya habis melakukan operasi FISSURA ANI sebulan yg lalu.jika sehari gak bab pas hari selanjutnya bisa bab tp malah masih ada darah segar.dan kadang masih nyeri saat abis bab.dan saya masih merasakan ada cairan lendir pada anus.kpaan kondisi normal kembali dok dan apakah bahaya sudah operasi tapi masih bab kkuar darah segar.mohon penjelasannya dok.

Ansar menulis 10 bulan lalu

Gejalax itu bagaimana yah

Tri Siboro menulis 10 bulan lalu

ca colon sudah dioperasi umur 81 THN tidak mau di kemo Kel utama tidak bisa tidur apa obatnya Pak?

Alie Hermawan menulis 10 bulan lalu

Obat nyeri kangker usus apa

Arman menulis 10 bulan lalu

Saya mengalami radang usus besar.. sudah di colonscopy..obat yg di beri sulcolon saya mempunyai masa remisi 6 bulan.. namun stelah itu saya kambuh lagi.. dan saat saya minum sulcolon saya merasa lemas pusing dan mual. Apakah ada obat selain sulcolon saya sekarag tipe sering diare dan sebelum diare sering merasakan sakit di perut kiri bawah.sepeeti usus tegang

Susanto menulis 10 bulan lalu

Dokter, sekarang usia saya 26 tahun. dari tahun 2015 anus saya sering gatal dan perih terkadang disertai benjolan keluar dari anus tetapi benjolan bisa dimasukan lagi menggunakan tangan. kira-kira masalahnya apa ya dok? kadang gatal hilang saat dikasih obat cutivate cream. setelah 2 hari gatal lagi dan berulang lagi.

Muliati menulis 9 bulan lalu

Dokter… suami saya umur 64thn, dinyatakan pembengkakan prostat dan tumor usus rektum, susah buang air besar dan esaitan tulang belaangnya, kalau melakukan operasi secara laparoskopi, butuh biaya berapa..? Makasih atas perhatiannya,dokter..

joe menulis 8 bulan lalu
dok, sejak 2018 sy mengalami fistula ani dan sudah dioperasi, kemudian 2020 kambuh lagi ditempat yg berbeda . sekarang sy merasa akan kambuh lagi karena mulai ada benjolan dan memang beberapa waktu ini BAB saya agak keras . apakah harus dioperasi lagi atau ada pengobatan tanpa operasi?

Bambang Avianto menulis 8 bulan lalu

doc, kenapa rektum saya terasa ngilu. pernah sembelit kronis saya paksa dan saya sempat bantu korek dgn jari keluarkan ujungnya. setelah kejadian itu sekarang setiap sudah bab saya merasa ada yg tertekan pada bgn dalam seperti rrktum saya. seperti bab tdk tuntas. itu pada bulan pertama sampai pada bulan keempat gangguan itu sedikit berkurang. setelah bab beberapa jam kmdjan baru mulai sedikit ngilu. feses tdk ada darah, bentuknya tdk sperti tai kambing atau pensil. warnanya coklat gelap. perut tdk kram atau nyeri. gejala2 lainnya tdk mengarah pada kanker atau tumor. hanya serasa seperti otot atau saraf. kira2 apa masalahnya dok?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 7 bulan lalu

Anda harus berhenti menggunakan jari Anda untuk membuka anus. Anda juga harus mencoba untuk tidak terlalu memaksa . Anda harus berkonsultasi dengan dokter bedah kolorektal dan mendapatkan diagnosis yang akurat. Pemeriksaan yang tepat dan mungkin kolonoskopi mungkin diperlukan. Jika semua ini normal, ada beberapa pilihan untuk diperiksa di laboratorium fisiologi anorektal.

Mariska menulis 6 bulan lalu

anak saya umur 16th. punya riwayat operasi usus buntu umur 9th. lalu pernah dirawat di RS umur 12th, 13th dg diagnosa kena bakteri dan maag. gejala nya selalu muntah2.

minggu lalu tiba2 muntah 9x disertai nyeri perut bagian atas perut kembung dan keras, tp tanpa demam dan diare. stlh dirawat rs dilakukan pemeriksaan usg dan ct scan. diagnosa ileum obstruktif total, shg hrs segera dioperasi darurat. hasil operasinya karena ada jeratan pada usus di dekat bekas operasi usus buntu.

tidak ada pemotongan. tdk ditemukan kelainan pd organ lain jg.

saat ini stlh 5hr sejak operasi perut masi kembung dan keras. unt memastikan operasi berhasil pemeriksaan apa yg harus saya lakukan?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 6 bulan lalu

Ini hanya 5 hari setelah operasi. Terkadang, usus membutuhkan waktu lebih lama untuk mulai berfungsi kembali. Jika ia mulai kentut dan merasa lapar, itu pertanda baik.

Rontgen perut sederhana untuk melihat apakah ada gas di rektum atau usus besar dapat dilakukan. Jika setelah beberapa hari lagi, ia masih kembung, dapat dilakukan CT scan.

Adhesi yang menyebabkan obstruksi usus dapat terjadi kembali.

Mariska menulis 6 bulan lalu

melanjutkan pertanyaan saya sblmnya. bagaimana cara unt mengurangi risiko terjadinya adhesi/obstruksi usus berulang?

ada treatment atau obat/supplemen tertentu yg dpt dikonsumsi?

bagaimana cara mendeteksi dini adanya adhesi agar tdk sampai parah?

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 6 bulan lalu

Adhesi terbentuk pada saat operasi. Bsa terbentuk setelah operasi apa pun. Pada kebanyakan pasien, adhesi tidak menyebabkan banyak masalah.

Pada pasien dengan obstruksi berulang, sarannya adalah menghindari makanan berserat sangat tinggi seperti sayuran berdaun panjang. Ketika pasien mulai merasa kembung, mereka harus berhenti makan dan hanya mengonsumsi cairan. Jika mereka mulai buang air besar, maka mereka dapat mulai mencoba makanan lunak selama beberapa hari sampai mereka merasa lebih baik dan kentut serta buang air besar normal kembali.

Namun, jika kembung berlanjut dan tidak ada saluran kentut, maka mereka harus pergi ke rumah sakit dan mereka mungkin memerlukan XRays dll dan mungkin menjalani naso-gastric tubeuntuk dekompresi lambung.

andrew menulis 4 bulan lalu

Dokter, saya laki laki berusia 30 tahun, ada luka lecet dengan lubang kecil dan kadang-kadang mengeluarkan sedikit darah dan nanah dan sudah konsultasi ke dokter, ternyata itu fistula ani dan harus dioperasi, jika memang harus operasi, bagaimana cara operasi yang tepat untuk fistula ani sehingga bisa sembuh total dan tidak kambuh lagi? terima kasih

dr. Teoh Tiong Ann
dibalas 4 bulan lalu

Terima kasih. Dari penjelasan Anda, mungkin saja Anda mengalami fistula ani. Ini merupakan nodul yang keluar dengan jalan menuju saluran anus. Penanganan yang umum adalah operasi. Namun, penting untuk memeriksakannya dulu ke dokter bedah kolorektal berpengalaman. Ada kemungkinan kambuh dan kadang-kadang hilangnya kendali atas anus jika operasi tidak dilakukan dengan benar. Beberapa fistula berada ‘lebih tinggi’ di saluran anus dan operasi, bahkan yang dilakukan oleh dokter bedah kolorektal berpengalaman, bisa ada kemungkinan kambuh.

Bagaimana Gejala Usus Buntu?

Sebagaimana kita tahu, gejala utama yang dirasakan pada penyakit usus buntu adalah nyeri pada bagian perut. Biasanya, rasa nyeri pada perut berawal pada bagian pusar, lalu perlahan mulai terasa ke bagian kanan bawah perut. Gejala tersebut adalah gejala yang umum terjadi, namun bukan tidak mungkin banyaknya orang yang merasakan gejala usus buntu diawali dari bagian yang berbeda, tergantung dari usia dan posisi usus buntu itu sendiri.

Gejala usus buntu tidak memerlukan waktu lama, kurang lebih hanya beberapa jam saja, rasa nyeri akan terasa semakin parah. Bagian perut akan terasa semakin sakit ketika Anda bergerak, menarik napas, batuk ataupun bersin. Gejala nyeri tersebut juga bisa muncul secara mendadak, bahkan saat Anda dalam keadaan terlelap tidur.

Penyebab Penyakit Usus Buntu

Penyakit usus buntu umumnya terjadi karena hal-hal yang kita sepelekan, terutama dalam asupan makanan sehari-hari. Namun, itu hanyalah salah satu faktor dari sekian banyak faktor yang menjadi penyebab penyakit usus buntu. Pada dasarnya, usus buntu terjadi karena rongga usus buntu mengalami infeksi. Pada kondisi infeksi tersebut, bakteri dengan cepat berkembang biak sehingga membuat usus buntu mengalami peradangan. Ketika kondisi tersebut terjadi, Anda disarankan untuk segera ke rumah sakit untuk menjalani proses tes darah, tes urine, CT scan dan lain sebagainya untuk mendiagnosa sudah sejauh mana gejala usus buntu Anda terjadi.

Pengobatan Penyakit Usus Buntu

Jika Anda telah didiagnosa mengalami usus buntu, maka langkah medis selanjutnya yang harus dilakukan adalah melalui prosedur operasi pengangkatan usus buntu atau dikenal dengan istilah apendektomi. Namun, jika diagnosa masih dalam skala ringan, Anda biasanya akan diberikan obat terlebih dahulu untuk mencegah terjadinya infeksi.

Pada akhirnya, jika operasi memang harus dilakukan maka ada dua cara operasi yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan cara pengobatan operasi lubang kunci. Untuk pengobatan operasi lubang kunci dengan pengalaman dokter kolorektal Singapura atau dokter ambeien Singapura terbaik, Smarter Health akan membantu Anda untuk melakukan pengobatan operasi lubang kunci di Mount Elizabeth atau pengobatan abdominal Singapura maupun operasi hernia di Mount Elizabeth serta pengobatan wasir Singapura. Salah satu dokter terbaik yang kami rekomendasikan adalah dr Teoh Tiong Ann sebagai dokter ahli bedah usus buntu di Mount Elizabeth. Selain itu, Smarter Health dan dr Teoh Tiong Ann juga akan membantu Anda untuk pengobatan lainnya seperti pengobatan gastroskopi dan pengobatan tumor rektal.

Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0