Tanya Dokter Bedah Tulang: dr. Tan Ken Jin dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura

Forum Tanya Jawab KesehatanKategori: TulangTanya Dokter Bedah Tulang: dr. Tan Ken Jin dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura
dr. Tan Ken Jin menulis 2 tahun lalu
Saya dr. Tan Ken Jin, dokter bedah tulang dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura dan Farrer Park Hospital Singapura.

Saya seorang dokter bedah tulang terlatih dengan minat subspesialisasi pada kelainan kaki dan pergelangan kaki (ankle) serta cedera olahraga. Saya lulus dari National University of Singapore dan menempuh pelatihan bedah tulang di Singapura. Selama periode ini, saya mendapat kesempatan untuk bekerja di berbagai rumah sakit di Singapura di mana saya merasakan langsung berkecimpung di bidang bedah tulang. Saya dianugerahi penghargaan College of Surgeons Gold Medal setelah menyelesaikan pelatihan spesialisasi tingkat lanjut. Saya mendapat beasiswa pelatihan rekonstruksi kaki dan pergelangan kaki (ankle) dari Ministry of Health Human Manpower Development Plan (HMDP). Saya menyelesaikan dua pelatihan; pertama di University Hospital Carl Gustav Carus di Jerman di bawah Professor Zwipp yang ternama dan yang kedua di Institute for Foot and Ankle Reconstruction di Amerika Serikat bersama Dr Mark Myerson, sosok pelopor operasi kaki dan ankle terkenal di dunia.

Sekembalinya saya dari pelatihan, saya bergabung dengan Sports Medicine Division di National University Hospital, Singapura. Saya menjadi anggota aktif di Sports Division dan menjadi Visiting Consultant di Sports and Orthopaedic Clinic di University Health Centre, NUS di mana saya menangani banyak cedera olahraga pada mahasiswa dan staff universitas.

Saya juga merupakan anggota pendiri Foot and Ankle Division sejak didirikan di National University Hospital. Saat ini saya salah satu dari sedikit anggota dari Singapura yang masih aktif di American Orthopedic Foot and Ankle Society (AOFAS). Selama periode ini, saya merancang program pelatihan pada divisi yang telah melatih para dokter bedah dalam bidang rekonstruksi kaki dan pergelangan kaki (ankle). Saya pernah menjabat sebagai Direktur Program di program edukasi kaki dan pergelangan kaki (ankle) dan mengawasi pelatihan di bidang bedah kaki dan ankle.

Keahlian klinis saya meliputi penanganan:
– Cedera olahraga dan artroskopi kaki dan ankle
– Trauma kaki dan ankle
– Kelainan bentuk kaki depan seperti Hallux Valgus (Bunions) dan hammer toes.
– Kelainan bentuk kaki seperti flatfeet dan cavus feet pada orang dewasa dan anak-anak
– Artritis ankle dengan osteotomies, artrodesis, dan penggantian ankle.
– Cedera olahraga dan artritis lutut, antara lain artroskopi lutut, rekonstruksi ligamen dan pergantian lutut

Saya juga memiliki minat dalam pendidikan sesama dokter atau mahasiswa atau orang awam mengenai kondisi ortopedi. Saya telah menulis banyak artikel di media lokal untuk meningkatkan kesadaran penyakit kaki dan ankle dan menjadi pembicara di banyak forum terbuka. Saya telah diundang sebagai penyampai materi di berbagai pelatihan dan juga menjadi dosen tamu di wilayah lokal dan regional.

Penelitian saya meliputi biomekanik tubuh bagian bawah, cedera kaki dan ankle, cangkok tulang dan biologi fusi. Saya telah mengadakan hibah penelitian kompetitif untuk mengejar penelitian di bidang-bidang ini. Saya juga telah menerbitkan lebih dari 20 naskah dan diminta menulis artikel di jurnal medis mengenai berbagai kondisi ortopedi dan penanganannya.

Selain pekerjaan klinis, saya juga menjadi bagian tim bantuan bedah gempa NUH yang dikirim ke Yogyakarta, Indonesia, dan dianugerahi Minister for Health award pada tahun 2006 atas usaha saya. Saya merupakan Asisten Profesor di Yong Loo Lin School of Medicine, NUS dan juga anggota inti fakultasi di NUHS Orthopaedic Residency Program, mengemban peran penting dalam pendidikan dokter tulang generasi mendatang.

Untuk informasi mengenai Mount Elizabeth Novena Hospital, klik di sini: https://pasien.smarterhealth.id/rumah-sakit/mount-elizabeth-novena-hospital-singapura/ and Farrer Park Hospital here: https://pasien.smarterhealth.id/rumah-sakit/farrer-park-hospital-singapura/

Baca profil saya di sini: https://pasien.smarterhealth.id/dokter-spesialis/tan-ken-jin/

Senang sekali bisa berada di sini. Selama 2 minggu ke depan saya akan menjawab pertanyaan seputar masalah kaki dan ankle. Silakan bertanya!

===

Ingin bertanya? Tuliskan pertanyaan Anda di kotak paling bawah halaman forum. Jangan lupa cantumkan nama dan alamat email untuk dapatkan notifikasi saat dokter menjawab pertanyaan Anda.

204 Balasan
Ricko Prayoga menulis 2 tahun lalu

Saya patah tulang kering karena kecelakaan 9 bulan lalu tapi sampai sekarang masih kerasa sakit terus dok, berapa lama biasanya patah seperti ini sembuh total?

dr. Tan Ken Jin
dibalas 2 tahun lalu

Halo, biasanya 9 bulan setelah patah tibia tanpa komplikasi, Anda seharusnya tidak mengalami banyak rasa sakit. Jika masih ada rasa sakit, sebaiknya periksa penyebab potensial yang mungkin terjadi, termasuk masalah dengan penyatuan tulang, nyeri terkait implan, cedera atau kerusakan sendi, dan potensi komplikasi lainnya.

Rosfenni malau menulis 2 tahun lalu

Selamat malam dokter, saya 43 tahun sudah hampir 5 bulan mengalami a sakit di telapak tumit kanan. Sebelumnya saya pikir itu adalah asam urat, saya Cek darah hasilnya normal. Setiap selesai beraktifitas di sore hari saya merasa tumit seperti ditusuk. Mohon bantuan dokter apa yang harus saya lakukan, karena untuk ke rumah sakitpun saya kuatir karena covid. Terimaksih dokter, salam sehat. Rosfenni, Pematangsiantar Indonesia

Kristi Palebi menulis 2 tahun lalu

Sehabis olahraga, betis saya kencang. Habis itu malamnya saya mulai susah jalan dok. Sampai besok paginya saya rasakan sakit nyut-nyutan di betis itu. Sekarang udah 4 hari betis rasanya tegang dan sakit. Saya harus jalan pelan dan nyeret kaki. Mohon saran dok, apa sebaiknya saya periksa ke dokter? Atau ini cedera biasa aja?

Raka Septiawan menulis 2 tahun lalu

Anak perempuan saya umur 14 tahun jari manis kaki kanannya numpuk ke jari tengah. kalau berdiri atau jalan nggak bisa seimbang dok. Apa ada cara untuk ditangani?

dr. Tan Ken Jin
dibalas 2 tahun lalu

Halo, ya terkadang mungkin untuk memisahkan jari-jari kaki dengan pembedahan. Namun, bentuk penyatuannya dan tulang atau jaringan lunak mana yang menyatu, tentunya memerlukan analisis oleh dokter yang menangani agar rencana pemisahan dapat dilakukan.

Ledy Wijaya menulis 2 tahun lalu

Dok, kalau pinggiran kaki sakit itu kenapa penyebabnya? Jalan sampe harus nyeret

dr. Tan Ken Jin
dibalas 2 tahun lalu

Halo, sulit untuk mengetahui diagnosis nyeri di sisi kaki Anda. Sebaiknya kenakan alas kaki yang nyaman dan jika nyeri terus berlanjut periksakan ke spesialis tulang atau kaki

Hanif Ridho menulis 2 tahun lalu

Saya punya keluhan ankle sprt ketarik tegang mulu gmn mengatasinya? Sudah pake balsem otot tdak ada prubahan

dr. Tan Ken Jin
dibalas 2 tahun lalu

Ini bisa jadi karena cedera ligamen. Anda dapat beristirahat dan mengompresnya dengan es dan jika kondisinya tidak membaik, Anda harus memeriksakannya untuk cedera ligamen atau tendon.

Latif menulis 2 tahun lalu

Siang dok, jempol saya bengkak dan nyut-nyutan, kayaknya kejadian sehabis saya main futsal. Sakit sekali sampai nggak bisa menapak yg kaki kanan. Mohon solusi

dr. Tan Ken Jin
dibalas 2 tahun lalu

Saya ikut prihatin mendengar cedera jari kaki Anda. Anda mungkin telah mematahkan jari kaki atau melukai ligamen atau tendon. Akan lebih baik untuk memeriksanya oleh spesialis kaki

Putriyani menulis 2 tahun lalu

Dok, ankle saya bunyi kalo kaki saya digerakkin. Bunyi kayak “kruk” gitu. Apa ada masalah dengan tulang saya?

dr. Tan Ken Jin
dibalas 2 tahun lalu

Halo, ini mungkin pertanda ketidakstabilan ankle karena kelemahan ligamen. Akan lebih baik jika ankle diperiksa ketidakstabilannya

Cornelius menulis 2 tahun lalu

Dok, kenapa kaki saya rasanya lemas banget, kayak gak ada tenaga dari lutut ke bawah? Umur saya 45 tahun dan gaya hidup saya jarang gerak. Saya takutnya osteoporosis nih dok

dr. Tan Ken Jin
dibalas 2 tahun lalu

Halo, sensasi lemah pada kaki tidak terlalu spesifik dan sulit untuk didiagnosis. Ada banyak kemungkinan termasuk gangguan saraf, gangguan tulang belakang, kondisi metabolisme dll.

Rizki Arsyah menulis 2 tahun lalu

Anak saya jatuh dari tangga minggu lalu. Dua hari tidak ada masalah apa-apa. Baru kemudian ankle-nya bengkak sampe dia demam gak bisa jalan. Saya bawa ke tukang urut tradisional lalu keadaannya membaik. Cuma kemarin dia ngeluh sakit dan bengkak lagi dok. Mohon masukannya

dr. Tan Ken Jin
dibalas 2 tahun lalu

Halo, tulang anak-anak masih tumbuh dan ada pelat pertumbuhan di tulang mereka. Saat anak-anak jatuh, kita biasanya akan mengkhawatirkan cedera lempeng pertumbuhan, jadi jika masih terasa sakit sebaiknya segera periksa.

Balasan Anda






Perlukah Bedah Ortopedi Untuk Atlet?

Seperti yang kita tahu, atlet seringkali mengalami cedera yang berhubungan dengan otot dan pergelangan sendi tulang. Jika seorang atlet mengalami cedera seperti patah tulang, sendi, otot, ligamen dan sebagaimana, bukan tidak mungkin karir seorang atlet tersebut dapat berakhir dan tidak dapat melanjutkan kegiatan olahraganya. Maka dari itu, jika cedera seorang atlet parah, maka untuk melakukan penyembuhan dibutuhkan bedah ortopedi pada otot, tulang, sendi dan lain sebagainya. Bedah ortopedi perlu dilakukan seorang atlet jika membutuhkan penyembuhan dalam waktu cepat agar dapat melanjutkan kegiatan olahraganya kembali.

Bagaimana Jika Terjadi Cedera Ankle?

Ankle adalah bagian persendian kaki yang sering mengalami cedera pada seorang atlet, baik atlet sepak bola, atlet basket maupun atlet bulutangkis seringkali mengalami cedera ini. Lalu bagaimana jika cedera ankle terjadi pada seorang atlet? Apakah membutuhkan pengobatan khusus untuk operasi penggantian ankle? Jika kondisinya sudah sangat parah, maka atlet tersebut membutuhkan perawatan khusus dengan cara operasi penggantian ankle. Bedah penggantian ankle seperti ini dapat dilakukan oleh dokter-dokter spesialis tertentu seperti dr Tan Ken Jin yang melakukan praktik di Singapura. Jika Anda memerlukan konsultasi mengenai cedera ankle, Smarter Health dapat membantu Anda untuk memfasilitasi berupa layanan tele-konsultasi bersama dr Tan Ken Jin. Caranya daftar form Smarter Health dan akan segera kami bantu untuk proses tele-konsultasi sampai pengobatannya secara cepat dan praktis.

Tips Agar Tidak Mengalami Cedera Bagi Seorang Atlet

Cedera adalah mimpi buruk bagi setiap atlet. Maka dari itu, atlet perlu hati-hati sebelum melakukan aktivitas olahraganya dengan cara melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum melakukan aktivitas fisik, melakukan peregangan otot, pilih perlengkapan olahraga yang tepat, jangan memaksakan diri, penuhi kebutuhan cairan tubuh, melakukan latihan dengan didampingi oleh pelatih, serta yang paling penting adalah beristirahatlah jika latihan sudah cukup dilakukan. Kegiatan-kegiatan tersebut sifatnya sangat penting untuk menghindari cedera bagi seorang atlet. Karena bagaimanapun lebih baik mencegah sebelum terjadi cedera bukan?

Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0