Tanya Dokter Hematologi (Darah): dr. Daryl Tan dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura

Forum Tanya Jawab KesehatanKategori: HematologiTanya Dokter Hematologi (Darah): dr. Daryl Tan dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura
dr. Daryl Tan menulis 2 tahun lalu
Saya dr. Daryl Tan, dokter hematologi (darah) dari Mount Elizabeth Novena Hospital Singapura.

Saya lulus dari National University of Singapore pada tahun 1997 dan memperoleh keanggotaan Royal College of Physicians (United Kingdom) pada 2002. Saya mendapat pelatihan penyakit dalam dan hematologi di Singapore General Hospital.

Pada tahun 2007, saya mendapat beasiswa Singapore Government Human Manpower Development Plan (HMDP) untuk menempuh pelatihan pascadoktoral dan penelitian klinis di bidang limfoma di Stanford University, Amerika Serikat. Begitu kembali, saya menjadi pemimpin layanan limfoma dan myeloma di Singapore General Hospital dan mempelopori pendekatan pemeriksaan terbaru untuk limfoma dan multiple myeloma.

Saya pernah menjabat sebagai asisten profesor di Duke-NUS Graduate Medical School dan menerima beberapa hibah penelitian dari National Medical Research Council, Singapore Health Foundation dan Singapore Cancer Syndicate. Saya bergabung dengan Raffles Hospital pada tahun 2011 untuk membantu mendirikan layanan hematologi komprehensif dan menjadi managing partner di Raffles Cancer Centre dan Direktur Penelitian Raffles Hospital. Saya memadukan riset dengan praktik klinis, memberikan terapeutik terbaru untuk pasien kanker yang tidak bisa ditangani dengan perawatan biasa.

Menjadi peneliti utama dari lebih dari 40 penelitian membuat saya bisa memperoleh pengalaman baru lebih cepat untuk inovasi canggih penanganan kanker darah. Penelitian saya telah membawa saya ke berbagai presentasi internasional dan lebih dari 100 publikasi di jurnal ilmiah terpandang termasuk beberapa artikel di Lancet Oncology, Blood and the Annals of Oncology.

Keahlian saya di bidang limfoma dan multiple myeloma telah diakui oleh publikasi dua artikel mengenai panduan penanganan di Lancet Oncology tahun 2014. Praktik saya di bidang imunoterapi pada limfoma NK/T-cell telah diakui oleh panduan penanganan kanker American NCCN pada tahun 2018.

Saya terpilih ke dalam International Myeloma Working Group pada 2014 dan menduduki panel penasehat International Myeloma Foundation’s Asia Myeloma Network. Sebagai opinion leader, saya telah membawakan lebih dari 100 seminar mengenai penanganan limfoma dan multiple myeloma di konferensi regional dan internasional dan menjadi penasehat untuk panel ahli regional dan internasional terkait pengembangan obat terbaru.

Saat ini saya merupakan anggota Chapter of Haematologists dan ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan sebagai penasehat untuk pelatihan Residency Advisory Committee for Haematology di Singapura. Afiliasi saya dengan rumah sakit akademik berlanjut lewat kontribusi pengajaran pascasarjana, dan memberi nasehat untuk pasien berpartisipasi dalam percobaan klinis limfoma dan multiple myeloma.

Untuk informasi lengkap mengenai Mount Elizabeth Novena Hospital, silakan klik di sini: https://pasien.smarterhealth.id/rumah-sakit/mount-elizabeth-novena-hospital-singapura/

Silakan baca profil saya di sini: https://pasien.smarterhealth.id/dokter-spesialis/daryl-tan/

Senang sekali bisa berada di sini. Selama 2 minggu ke depan saya akan menjawab pertanyaan seputar kanker darah. Silakan bertanya!

===

Ingin bertanya? Tuliskan pertanyaan Anda di kotak paling bawah halaman ini. Jangan lupa cantumkan nama dan alamat email untuk dapatkan notifikasi saat dokter menjawab pertanyaan Anda.

20 Balasan
LK menulis 2 tahun lalu

tanya dok cara pengobatan leokosit dlm darah tinggi sampe 33 rb/mmk sama penyebabnya apa

dr. Daryl Tan
dibalas 2 tahun lalu

Ada banyak penyebab yang membuat sel darah putih tinggi. Penyebab paling umum adalah infeksi dan kondisi ini akan berangsur normal setelah infeksinya teratasi. Jika tetap naik, maka harus diperiksa

Karena ada banyak tipe sel darah putih, penting untuk Anda mencari tahu tipe yang mana yang jumlahnya meningkat. Tipe yang berbeda perlu penanganan berbeda. Jika limfosit yang tinggi, mungkin disebabkan kondisi yang disebut leukemia limfositik kronis. Jika neutrofil dan pendahulunya yang tinggi, mungkin disebabkan leukemia myeloid kronis. Namun, jika sel kecil yang disebut ‘blasts’ yang tinggi, perlu diwaspadai karena mungkin disebabkan oleh leukemia akut yang memerlukan penanganan segera.

Agung Septian menulis 2 tahun lalu

Dok, sepupu saya punya anemia parah, hampir setiap bulan pasti selalu transfusi, kalau nggak dia drop. Bagaimana solusinya agar sembuhtotal?

dr. Daryl Tan
dibalas 2 tahun lalu

Ada banyak penyebab anemia. Beberapa bisa ditangani, beberapa membutuhkan transplantasi sumsum tulang dan beberapa seperti major thalasemia tidak bisa disembuhkan dan pasien butuh transfusi darah rutin. Penting untuk menemukan penyebab anemianya dulu untuk menentukan apakah bisa diatasi.

Julian menulis 2 tahun lalu
Dok, saya seorang penderita hemofilia. Saya sering alami mimisan parah dan kalau luka susah sembuhnya. Saya rutin kontrol ke dokter dan minum obat. Tapi apa kondisi ini memang tidak bisa disembuhkan dok? Apa jalan terbaik yang harus saya lakukan?
dr. Daryl Tan
dibalas 2 tahun lalu

Penting untuk mengetahui keparahan hemofilia tersebut dan ini akan menentukan seberapa banyak faktor pengganti untuk memperbaiki pendarahan. Ini bisa disembuhkan dengan teknik baru yang disebut “terapi gen” untuk pasien yang masih muda. Namun, prosedur ini belum tersedia di Singapura. Mungkin sudah dilakukan di Inggris atau Amerika Serikat saat ini.

Qori Asy-syifa menulis 2 tahun lalu
Dokter, bgmn dengan pasien limfoma? Bgmn kuncinya agar bisa sembuh?
dr. Daryl Tan
dibalas 1 tahun lalu

Ada lebih dari 60 subtipe limfoma. Beberapa dapat disembuhkan dan beberapa tidak. Beberapa mungkin memerlukan transplantasi sel induk untuk meningkatkan tingkat penyembuhan. Langkah pertama yang paling penting adalah mendapatkan diagnosis yang benar, termasuk subtipe. Spesialis patologi limfoma dimasukkan khusus. Kemudian setelah itu, tergantung pada subtipe, dapatkan saran dari spesialis limfoma. Ada banyak perbaikan baru-baru ini dalam cara kami mengobati limfoma dan dengan demikian, tingkat kesembuhan telah meningkat secara signifikan. Penting untuk dokter yang merawat mengikuti semua kemajuan terbaru ini sehingga ia dapat memberikan saran terbaik. Penting juga bahwa sekali rejimen kemoterapi diresepkan, pasien tetap berada di jalur. kadang-kadang pasien tidak melakukannya dengan baik karena mereka menunda kemo atau tidak mengikuti jadwal kemo.

Rachel menulis 1 tahun lalu
Dok, badan saya sering memar walaupun gak pernah kebentur. Pernah berobat ke klinik katanya darah gak lancar. Gimana solusinya?
dr. Daryl Tan
dibalas 1 tahun lalu

Memar bukanlah karena “aliran darah tersumbat”. Ada banyak hal yang bisa membuat seseorang mudah memar. Sebaiknya lakukan tes darah untuk mengecek apakah kadar platelet normal dan apakah darah bisa membeku dengan baik. Jika ada yang tidak normal, penanganan bisa dilakukan berdasarkan hasil tes darah tersebut.

Dimas Waluyo menulis 1 tahun lalu

Dok, anak sulung saya usianya 20 tahun. Badannya suka lemas dan pucat muka smpe bibir. Waktu kecil sampai umur 10 dia sempat 2 kali transfusi karena kurang darah. Tapi habis itu normal. Baru belakangan ini ada gejala spt ini lagi. Apa mungkin kurang darah bisa kambuh?

dr. Daryl Tan
dibalas 1 tahun lalu

Jika anak Anda wanita, anemia akibat kekurangan zat besi karena menstruasi sangatlah umum. Penting untuk menemukan penyebab anemianya. Pertama, lakukan cek darah untuk memastikan apakah benar anak Anda punya anemia.

Devinta menulis 1 tahun lalu

Selamat pagi dokter. Kakak tertua saya didiagnosa multiple myeloma. Dulu kakek kami juga menderita penyakit ini waktu masih hidup. Katanya penyakit ini tidak bisa disembuhkan dan pasien harus diterapi seumur hidup, apa benar dok? Kakak saya sudah radioterapi dan minum obat. Bagaimana penanganan terbaik yg bisa kami lakukan? Apa transplantasi sumsum tulang bisa bermanfaat untuk kondisinya dok? Apakah saya sebagai adik perempuan juga berisiko kena kanker ini dok? Terima kasih penjelasannya

dr. Daryl Tan
dibalas 1 tahun lalu

Penyakit ini biasanya tidak menurun. Sangat jarang menurun dalam keluarga. Ada banyak cara untuk menanganinya sebab saat ini sudah banyak kelas obat yang tersedia. Transplantasi dilakukan untuk pasien di bawah 65 tahun sebab akan memberi pasien remisi lebih lama. Secara keseluruhan, tidak bisa disembuhkan dan akan kambuh lagi. Obat-obat terbaru dapat membantu pasien memasuki masa remisi lebih panjang saat ini. Sayangnya, banyak pasien yang akan membutuhkan terapi berkelanjutan.

Regita Maulani menulis 1 tahun lalu

Dok, 5 tahun yang lalu, saya di dianosa MDS ( Myelodisplastics Syndrome). Nah sekarangm saya merasa MDS kambuh. Apakah benar MDS bisa kambuh kembali setelah pengobatan?

dr. Daryl Tan
dibalas 1 tahun lalu

MDS tidak bisa disembuhkan. Stadium awal mungkin tidak akan menunjukkan gejala, tapi di stadium lanjut, bisa menyebabkan kurangnya jumlah darah dan pasien menjadi sangat simtomatik. Ada obat untuk memperbaiki kondisinya, tapi tidak bisa disembuhkan hanya dengan obat. Satu-satunya cara penyembuhan adalah dengan transplantasi sel punca. Ini dilakukan pada pasien yang di bawah 65 tahun.

Sulastri ningsih. menulis 1 tahun lalu

Dok anak saya sakit leukimia tipe ALL Sejak 3,5 tahun yang lalu. sudah pernah remisi komplit tetapi 7 bulan yang lalu relaps. sekarang sedang menjalani kemoterapi lagi. apakah leukimia bisa sembuh? apakah sel yg sdh bermuatasi bisa kembali normal? apa yang harus saya lakukan agar anak saya bisa tetap sehat.

dr. Daryl Tan
dibalas 1 tahun lalu

Jika ALL nya relaps, penanganan standard adalah kemoterapi diikuti dengan transplantasi sel punca dari saudara atau donor yang cocok. Ini peluang terbaik untuk kesembuhan.

Bismo menulis 1 tahun lalu

Selamat siang dok. Apa sebenarnya penyakit darah kotor? Saya kalau habis olahraga betis sering merah dan gatal kata orang darah kotor

dr. Daryl Tan
dibalas 1 tahun lalu

“Darah kotor” bukan istilah ilmiah. Betis memerah setelah olahraga bisa karena insufisiensi vena. Jika ada kekhawatiran, periksakan ke dokter dan lakukan tes darah untuk memastikan semuanya baik-baik saja.

Balasan Anda






Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0