Tanya Dokter THT: dr. Lim Keng Hua dari Mount Elizabeth (Orchard) Hospital Singapura

Forum Tanya Jawab KesehatanKategori: THTTanya Dokter THT: dr. Lim Keng Hua dari Mount Elizabeth (Orchard) Hospital Singapura
dr. Lim Keng Hua menulis 2 tahun lalu
Saya berpengalaman menangani masalah THT pada anak dan orang dewasa selama lebih dari 18 tahun, di antaranya infeksi telinga, gangguan pendengaran, gangguan bicara, ganggauan tidur dan mengorok, kelainan kelenjar ludah, dan pembengkakan tiroid.

Saya memperoleh beasiswa dari Kementerian Kesehatan untuk belajar rinologi di Eropa bersama ahli rinologi terkemuka di dunia Profesor Wytske Fokkens dan dokter bedah tengkorak Professor Christos Georgalas.

Selama saya berpraktik di Tan Tock Seng Hospital, saya menginisiasi layanan alergi dan imunoterapi untuk masalah alergi hidung dan gangguan penciuman.

Saya kepala pengajar THT dan dosen tamu di Nanyang Technological University’s Lee Kong Chian School of Medicine. Selain itu, saya merupakan dosen senior di University of Singapore’s Yong Loo Lin School of Medicine, sekaligus anggota fakultasi inti di program residensi National Healthcare Group ENT.

Saya telah menerbitkan jurnal lokal dan internasional, berkolaborasi dengan instansi internasional seperti Beijing Tongren Hospital untuk meningkatkan kualitas penanganan rinosinusitis kronis. Saya juga pernah memperoleh penghargaan Singapore Clinician-Investigator Award kontribusi saya di bidang alergi rinithis pada Singapore Health & Biomedical Congress tahun 2011.

Saya anggota American Rhinologic Society, European Rhinologic Society, the Allergy and Clinical Immunology Society (Singapore), dan the Asia-Pacific Society of Thyroid Surgery. Saya juga seorang eksekutif di Society of Otorhinolaryngology Head and Neck Surgery of Singapore.

Klik tautan berikut untuk tahu lebih jauh mengenai Mount Elizabeth (Orchard) Hospital here: https://pasien.smarterhealth.id/rumah-sakit/mount-elizabeth-hospital-singapura/

Untuk membaca profil saya, klik tautan berikut ini: https://pasien.smarterhealth.id/dokter-spesialis/lim-keng-hua/

Senang sekali bisa ada di sini. Selama satu minggu ke depan, saya akan menjawab semua pertanyaan Anda. Silakan bertanya kepada saya mengenai masalah masalah THT seperti sinus, gangguan mengorok, alergi hidung, dan lainnya!

===

Ingin bertanya? Tuliskan pertanyaan Anda di kotak paling bawah halaman forum. Jangan lupa cantumkan nama dan alamat email untuk dapatkan notifikasi saat dokter menjawab pertanyaan Anda.

48 Balasan
Noormadjid menulis 2 tahun lalu
Dokter, saya mau tanya. Salah satu telinga saya tuli total, Dokter mengatakan sudah tidak bisa menggunakan alat bantu dengan dan menyarankan untuk melakukan implan Koklea, pertanyaan saya, Apakah implan koklea perlu dilakukan untuk kedua telinga atau hanya satu? Dan apakah komplikasi dari tindakan tersebut?
dr. Lim Keng Hua
dibalas 2 tahun lalu

Perlu diketahui dulu apa penyebab tuli di sebelah telinga Anda. Implan koklea hanya dilakukan di telinga yang tuli. Sehabis implan, Anda perlu menyesuaikan diri dengan perubahan suara yang dihasilkan implan tersebut.

Implan koklea termasuk operasi yang besar dan kompleks. Ada beberapa risiko, baik dari prosedur operasinya sendiri maupun implannya. Silakan konsultasikan dulu dengan dokter Anda untuk mengetahui risikonya lebih lanjut.

Tiurma menulis 2 tahun lalu

Saya merasakan sakit saat menelan dan terasa seperti bengkak pada bagian leher. Pengobatannya bagaimana ya? Saya sudah coba minum banyak dan konsumsi obat sakit tenggorokan namun tidak membaik.

dr. Lim Keng Hua
dibalas 2 tahun lalu

Akan sangat membantu jika saya tahu berapa usia Anda, sudah berapa lama gejala ini diderita, dan apakah Anda merokok atau tidak. Apa disertai demam juga?

Kebanyakan radang tenggorokan sembuh dalam 1-2 minggu. Jika, sakit Anda sudah lebih dari 2 minggu, periksakan ke dokter.

Rasa sakit saat menelan dan bengkak pada leher menunjukkan peradangan yang terus berlanjut. Bisa jadi Anda mengalami radang amandel atau radang tekak dengan pembengkakan kelenjar getah bening. Anda membutuhkan antibiotik. Segera periksakan ke dokter jika bengkak di leher Anda makin parah.

Jika Anda perokok, berkonsultasilah dengan dokter THT sehabis mengonsumsi obat antibiotik. Banyak minum air putih bisa membantu. Pastikan kebutuhan cairan tubuh Anda tercukupi.

Karlin Tuda menulis 2 tahun lalu

saya ingin bertanya. sdh 4 bln amndel saya sering bengkak baik kiri at kanan jika sy minum air dingin langsung sakit.

Dan tenggorokan sy seperti ada yg mengganjal terus di leher..

Ini sakit apa yaa

sy wanita berumur 46 th..

dr. Lim Keng Hua
dibalas 1 tahun lalu

Mengingat usia Anda dan lamanya amandel membengkak, saya menyarankan Anda berkonsultasi dengan dokter THT. Mungkin Anda perlu biopsi amandel jika terbukti ada tumor.

David Rasul menulis 2 tahun lalu

Assalamualaikum dan Salam Sejahtera Buat Kita Semua…..Nama saya David Rasul, umur 61 tahun. 10 bln yg lalu saya berobat kebeberapa dokter ahli THT di Jakarta namun tdk ada satupun yg pasti mendiagnosa sakit yg saya alami. Akhirnya saya berobat ke Penang Malaysia dan setelah di MRI katanya sy menderita sebangsa tumor jinak dileher  yg disebut mereka INTRA MUSCULAR LIPOMA. Karena sampai saat itu saya blm terganggu dg hal tsb maka saya disarankan setahun lagi sejak saat itu (jatuhnya bulan depan) untuk kembali MRI atau CT Scan untuk memutuskan apakah harus di operasi apa tidak. Pertanyaannya siapa dokter THT bedah yg terbaik yg harud saya hubungi dan bagaimana prosedur dan sncar biaya yg hrs saya siapkan???? Terima kasih….

dr. Lim Keng Hua
dibalas 1 tahun lalu

Lipoma biasanya jinak dan tidak perlu diangkat. Indikasi untuk mengangkat lipoma tergantung pada ukuran, lokasi, dan gejalanya. Mayoritas dokter bedah THT bisa melakukan pembedahan lipoma. Anda perlu melakukan biopsi pengangkatan lipoma jika letaknya terpisah dari otot. Jika tidak, maka bisa dilakukan reseksi. Prosedur lebih jelasnya tergantung pada lokasi dan ukuran. Begitu juga dengan kisaran biayanya, tergantung pada tingkat kerumitan kondisi pasien.

Sumardi menulis 1 tahun lalu
Saya memiliki penyakit sinusitis cukup lama, tidak bisa di ruangan AC sama sekali karena akan susah bernafas. Saya berusia 50 tahun. Apakah masih bisa disembuhkan?
dr. Lim Keng Hua
dibalas 1 tahun lalu

Jika gejalanya hidung mampet yang menyebabkan susah bernapas, kemungkinan bisa disembuhkan. Namun, mengingat Anda sudah mengalami ini bertahun-tahun, perlu diperiksa apakah ada penyebab lain yang belum ketahuan. Hidung mampet seharusnya tidak didiamkan dalam waktu lama. Mestinya ini bisa diobati. Anda perlu melakukan pemeriksaan hidung.

Widyasari Kirana menulis 1 tahun lalu

Saya mengalami bersin-bersin yang sangat parah ketika berada di tempat yang banyak debu. Apakah hal ini normal terjadi atau saya memiliki alergi debu? Karna bersin bisa sampai 10 kali, namun tidak ada gejala lainnya.

dr. Lim Keng Hua
dibalas 1 tahun lalu

Bersin merupakan refleks perlindungan untuk membersihkan iritasi dan benda asing dari hidung. Namun, jika Anda selalu bersin bila berinteraksi dengan benda yang sama, mungkin Anda punya alergi atau reaksi sensitif terhadap benda itu. Anda bisa saja bersin untuk membersihkan debu dari hidung.

Jika ada alergi, biasanya selain bersin ada gejala lain, seperti ingus atau hidung mampet. Saya menyarankan Anda memakai masker di tempat yang berdebu. Jika bersin tak kunjung hilang, konsultasikan ke dokter.

Yohanes menulis 1 tahun lalu

Dok, saya laki-laki berusia 30. sejak lama saya merasa hidung saya mampet dan kadang bikin nafas berat. Tahun 2018, karena curiga ini sinus, saya periksa ke dokter THT. Tapi kata dokter THT, ini cuma karena saraf di dalam hidung saya menyempit. Katanya, ini karena saya meninggalkan kebiasaan olahraga saya (saya sempat rutin olahraga). Dokter menyuruh saya untuk kembali rutin olahraga dan hanya memberi saya antibiotik dan cairan salin untuk membersihkan lubang hidung. Tapi sekarang rasanya tidak banyak perbedaan, Dok, pada hidung dan napas saya. Walaupun emang kalau habis olahraga, napas saya lebih ringan. Apa benar ini cuma masalah saraf hidung sensitif dok? atau ada sinus? Saya tidak pernah merasa sakit kepala di tempat dingin seperti orang sinus pada umumnya.

dr. Lim Keng Hua
dibalas 1 tahun lalu

Kalau tidak ada rasa sakit, bau tak sedap dari hidung, kemungkinan ini bukan sinusitis. Kedengarannya seperti penyempitan saluran hidung. Olahraga bisa melegakan hidung tersumbat, tapi jika tidak kunjung hilang, Anda perlu melakukan pemeriksaan hidung untuk mengetahui penyebab lainnya. Bisa jadi dibutuhkan operasi untuk mengatasi penyumbatannya.

Maria Lince menulis 1 tahun lalu

Mw konsul hidung dg diagnosa crusta cara pencegahan apa sj..tindakan apa sj..pengobatan selain medis mungkin ada alternatif lain trims seblm.infox

dr. Lim Keng Hua
dibalas 1 tahun lalu

Bersihkan dengan cairan saline. Anda juga bisa gunakan salep vaseline untuk melembapkan kulit selama seminggu. Kalau tidak kunjung hilang, periksa ke dokter untuk memastikan tidak ada infeksi.

NELI menulis 1 tahun lalu

sayavertigo

dr. Lim Keng Hua
dibalas 1 tahun lalu

Ada banyak penyebab vertigo. Jika cuma sementara dan hilang dalam sehari, coba dimonitor dulu. Kalau sering kambuh dan berlangsung lebih dari sehari, temui dokter untuk diperiksa penyebabnya. Pengobatannya tergantung pada penyebab. Kalau masalahnya ada di telinga, ada dua kelompok obat yang biasa digunakan. Pertama, untuk mengontrol gejalanya, seperti vertigo, mual atau muntah. Yang kedua untuk menjaga keseimbangan. Jika tidak kunjung merasa lebih baik, Anda perlu konsultasi dengan dokter spesialis. Mungkin saja diperlukan pemeriksaan vestibular, terapi, tes darah, dan pencitraan untuk mendeteksi penyebabnya.

Watiana menulis 1 tahun lalu

Selamat mlm sya berumur 50 thn keluhan sy serin pusing kpala sakit serta pundak pegal telinga pernah sakit.

dr. Lim Keng Hua
dibalas 1 tahun lalu

Untuk pusing dan sakit kepala, obat yang bagus adalah pereda rasa sakit (pain killers). Untuk benar-benar mengatasi sakit kepala tersebut, harus diketahui dulu penyebabnya. Saya tidak bisa menebak berdasarkan penjelasan Anda. Sakit kepala bisa saja karena ada sesuatu di otak. Sakit di pundak bisa karena masalah di tulang belakang leher. Masalah di telinga bisa karena ada gangguan di telinga atau tenggorokan. Ketiganya bisa juga berhubungan. Temui dokter spesialis untuk mengetahui akar masalahnya.

Dicky Febryan
dibalas 1 tahun lalu

Dok saya ingin bertanya
Waktu saya membersihkan kotoran telinga saya,saya memasukkan air garam,den mengorek2 nya, setelah beberapa hari telinga saya mengalami sakit dan penurunan pendengaran serta telinga saya mengalami ada yg bergerak atau bergetar di dalamnya ketika mendengar suara yg agak keras

dr. Lim Keng Hua
dibalas 1 tahun lalu

Air garam yang masuk kemungkinan tidak bisa keluar. Kelembapan di dalam telinga menyebabkan saluran telinga membengkak dan terasa sakit. Kemudian telinga tersumbat dan pendengaran menurun. Sensasi seolah ada yang bergerak di dalam telinga adalah karena adanya air yang tidak bisa keluar dari dalam telinga. Kemungkinan lain, kotoran telinga terdorong ke dalam dan menyentuh gendang telinga. Temui dokter agar cepat diobati. Jika tidak, Anda bisa terkena infeksi saluran telinga.

Balasan Anda






Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0