Menjaga Kesehatan Makanan saat Natal

Tips Makan Sehat saat Hari Natal

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Ditinjau oleh: dr. Qanissa Afianti Razzqy
Publish tanggal: Feb 18, 2021
Update terakhir: Feb 18, 2021

Natal adalah waktu untuk memanjakan diri. Berkumpul bersama keluarga dan menyantap hidangan lezat tentu menyenangkan. Namun, jangan biarkan momen ini menjadi tidak terkontrol karena makan yang berlebihan. Anda tetap bisa menikmati semua kemeriahan Natal dan melewati momen tersebut tanpa terlalu berdampak pada kesehatan dan berat badan Anda. Cobalah tips makan sehat saat natal di bawah ini untuk Natal yang lebih sehat.

Untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang sebaiknya Anda hindari saat Natal, hubungi dokter umum atau spesialis.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

1. Rencanakan Minuman Anda

Anda mungkin mengonsumsi alkohol bersama keluarga saat Natal, tapi buatlah rencana minuman Anda untuk meminimalisir penyakit yang kambuh. Alkohol mengandung banyak kilojoule (1 kalori= 4,2 kilojoule), jadi coba tentukan sendiri batas alkohol yang boleh Anda minum sebelum tiba di pesta Natal. 

Salah satu strategi yang baik adalah mengganti alkohol dengan air, air soda, atau minuman ringan untuk diet. Usahakan asupan gula Anda tetap rendah dengan mengganti minuman manis dengan gula untuk diet atau minum air mineral.

2. Memulai Hari dengan Sarapan Sehat

Saat pesta Natal mulai pada malam hari, sebaiknya Anda sarapan dengan menu makanan sehat. Contohnya semangkuk bubur dengan taburan segenggam cranberry dan kayu manis. Bubur akan menstabilkan kadar gula darah yang membantu mengontrol nafsu makan sepanjang hari. 

Anda bisa menambahkan sesendok yogurt probiotik yang baik untuk membantu mendukung sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan meminimalisir beberapa efek negatif dari pesta, seperti terlalu banyak minum alkohol dan kurang tidur.

3. Tetap Terhidrasi dengan Baik

Menyenangkan berpesta dari matahari tenggelam hingga matahari terbit, tapi usahakan untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum 6 sampai 8 gelas air atau teh herbal atau jus buah yang diencerkan. 

Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan dehidrasi. Bahkan dehidrasi ringan dapat menyebabkan sakit kepala yang berdampak negatif bagi kesehatan jika dikombinasikan dengan efek diuretik alkohol. Inilah yang membuat asupan cairan menjadi sangat penting. Teh dan kopi biasa dihitung sebagai asupan cairan Anda. Jika memungkinkan, hindari terlalu banyak minum teh dan kopi berkafein selama pesta Natal. 

Anda mungkin kesulitan untuk minum cukup cairan saat cuaca dingin, sebaiknya minum segelas air sebelum tidur di malam hari dan bangun di pagi hari. Pastikan Anda sudah minum sebelum sarapan adalah salah satu tips makan sehat.

4. Makan Camilan Sehat

Anda mungkin kesulitan menolak berbagai macam camilan yang dihidangkan. Oleh karena itu, siapkan camilan sebelum datang ke pesta, misalnya sepanci yogurt tawar dengan irisan pisang. 

Kandungan protein di dalam yogurt dapat memperlambat pengosongan perut dan membantu menunda efek dari segelas anggur pertama. Sementara pisang yang kaya kalium membantu menyeimbangkan peningkatan asupan garam dan membantu Anda jika ingin makan buah zaitun, keripik, atau kacang asin. 

Lebih baik makan sebelum pergi ke pesta, karena Anda harus mengisi perut dengan makanan sehat dan mengenyangkan agar tidak perlu memakan banyak camilan di pesta. Selain yogurt dan pisang, makanan ringan lainnya yang berhasil mengganjal perut adalah roti panggang dengan selai kacang, semangkuk muesli dengan susu, atau secangkir sup sayuran.

5. Susun Strategi Makanan

Sulit untuk menghitung seberapa banyak porsi makanan saat Anda menikmati hidangan di pesta Natal. Jika Anda lapar, sebaiknya pilih makanan sehat seperti stik sayuran, hummus, dan saus berbasis sayuran daripada biskuit yang hanya mengganjal perut sesaat.

Jika keju adalah makanan favorit Anda, fokuslah pada kualitas daripada kuantitas. Keju mengandung kilojoule yang tinggi. Potong keju dalam irisan tipis agar tidak berlebihan, karena malam masih panjang. 

6. Dua Hidangan Sudah Cukup

Tips makanan sehat saat Natal yang berikutnya yaitu makan dua hidangan. Anda tidak perlu melewatkan makanan lezat saat makan di restoran. Cara sederhana untuk mencegah kilojoule kelebihan yaitu adalah dengan membatasi diri Anda pada 1 hingga 2 hidangan, misalnya hidangan pembuka dan hidangan utama, salad utama dan pendamping, atau hidangan utama dan hidangan penutup.

7. Perbanyak Makanan Protein Tanpa Lemak dan Sayuran

Alih-alih pasta yang kaya akan karbohidrat, pizza, dan hidangan berbahan dasar nasi, sebaiknya pilih hidangan utama yang rendah lemak yang ditambah dengan salad atau sayuran. Burger merupakan sumber protein yang baik dan Anda bisa makan setengah dari roti jika ukurannya besar.

Untuk menghindari asupan lemak tidak sehat dan terlalu banyak kilojoule, hindari makanan yang digoreng seperti keripik, irisan, ikan atau cumi yang digoreng atau dihancurkan, dan schnitzel. Kari juga mengandung lemak dan kilojoule yang tersembunyi.

8. Pilih Lauk Mentah dan Dikukus

Pilih sayuran atau salad kukus jika Anda memesan lauk, bukan keripik goreng, irisan, atau kentang tumbuk. Sayuran mengandung vitamin esensial, mineral, fitokimia, serta banyak serat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda dan hampir tidak ada kilojoule.

Asupan sayuran secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular dan kanker tertentu. Jadi, isi setengah piring Anda dengan sayuran atau salad sebagai tips makan sehat saat Natal.

9. Ketahui Pantangan Makanan Anda

Anda dengan mudah menemukan hidangan manis atau asin di pesta Natal. Apapun pantangan makanan Anda, mungkin yang terbaik adalah tidak makan sama sekali, karena berhenti setelah Anda mengalami penyakit mungkin lebih sulit daripada tidak makan sejak awal.

10. Hindari Hidangan Sosis

Sangat menggiurkan saat melihat berbagai hidangan sosis dan daging olahan lainnya di meja buffet. Namun, sosis dan daging olahan lainnya mengandung lemak jenuh, garam, dan pengawet. Terlalu banyak mengonsumsi  sosis dan daging olahan kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker usus. Anda bisa mengganti sosis dengan hamburger yang dibuat menggunakan daging cincang tanpa lemak atau sate daging tanpa lemak.

11. Makanan penutup tidak apa-apa, tapi cerdaslah

Jika Anda menyukai hidangan penutup, tawarkan untuk berbagi dengan seseorang atau cari opsi makanan berbasis buah. Gula yang ditambahkan dalam makanan merupakan sumber empty kilojoule yaitu kilojoule yang mereka memberi energi, tetapi sangat sedikit nutrisi untuk kesehatan. Terlalu sering mengonsumsi gula yang juga dapat menyebabkan kerusakan gigi.

12. Perhatikan Camilan yang Anda Makan

Perhatikan jumlah dan jenis camilan yang Anda konsumsi di antara waktu makan, karena Anda mungkin lupa camilan apa saja yang sudah dimakan. Sebaliknya, manfaatkan buah drupa yang lezat dan musiman, ceri, dan beri. Tinggalkan rum, pai daging cincang, roti jahe, dan puding sebagai kesenangan untuk hari Natal.

Referensi:
Kerry Torrens (2018). BBC Good Food: How to stay healthy over Christmas.
Jane Bowen (2016). The Conversation: Festive season survival tips for healthy eating.

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0